Hal-hal yang Ingin Aku Lakukan Tahun 2021

Walaupun hari ini hawanya gloomy karena cuacanya mendung dan hujan, tetapi tidak menyurutkan niatku untuk membuat daftar ‘apa yang akan aku lakukan pada tahun 2021’.

Membuat resolusi tahunan biasanya selalu gagal. Entah karena lupa atau baru beberapa bulan sudah kehilangan semangat. Aku yakin rencanamu tahun 2020 kemarin juga banyak yang tidak terwujud gara-gara pandemi covid-19 ini kan?

Resolusi 2021 Untuk Ibu Rumah Tangga

Tahun ini aku ingin melakukan sesuatu yang baru. Semoga walaupun pandemi covid-19 masih ada tetapi setidaknya aku bisa lebih produktif dibandingkan tahun lalu. Aamiin. Berikut daftar resolusi 2021 untuk ibu rumah tangga seperti aku yang berprofesi sebagai blogger dan juga Shopee seller.

1 Week 1 Blogpost

Ini adalah hal tergila yang aku rencanakan. Berbulan-bulan hiatus, blog tidak dirawat, sekarang malah nekat harus nulis 1 artikel per minggu. Apa aku bisa? Takutnya malah nanti kontennya nggak berkualitas. Tapi kalau dikpikir-pikir lagi, blogku kan sekarang sudah bukan blog komersil. Awalnya bikin blog sebagai tempat curhat, jadi tidak masalah dong kalau sekarang menulis di blog layakya menulis diary seperti jaman sekolah dulu? Perkara ada yang mau baca atau tidak, ya itu tidak jadi masalah.

Homeschooling Mom

Aku merasa 6 bulan kemarin PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) agak kurang efektif dilaksanakan. Anak-anakku main gadget tidak terkontrol karena aku sibuk jadi ‘babu’ dan ngurus online shop. Targetku agar anak pertamaku yang kelas 3 SD bisa hafal perkalian ternyata meleset. Pun seharusnya anak keduaku harus bisa membaca dalam waktu 4 bulan untuk persiapan masuk SD. Aku masih punya waktu 6 bulan untuk mengejar semua itu sebelum tahun ajaran baru dimulai.

Menambah Skill Public Speaking

Banyak sekali orang yang mengatakan bahwa skill yang harus dimiliki saat ini adalah public speaking. Nggak perlu sampai tingkat mahir, yang penting aku nggak grogi lagi saat live streaming shopee live aja sudah seneng banget.

1 Video 1 Month

Selain skill berbicara di depan umum yang ingin aku kuasai pada tahun 2021, keahlian lainnya adalah video editing. Jadi saat ‘me time‘ aku berencana latihan berbicara dengan membuat video saat bermain game atau membuat video review film dan mengunggahnya di Youtube setiap minggu.

Berbeda dengan shopee live, setelah sesi live streaming selesai maka videonya bisa dihapus. Nah, untuk membuat rekaman video yang ada wajahku dan diupload ke Youtube, aku masih butuh banyak keberanian.

Mungkin awalnya hanya video yang berisi suaraku. Namun jika nanti aku sudah cukup percaya diri (PD) untuk tampil di depan kamera, ya akan ku pertimbangkan menampilkan wajahku di video.

Minor Renovasi Rumah

Hal yang ingin sekali aku lakukan adalah meremajakan rumah. Bukan dengan skin care, tetapi dengan mengecat ulang atau memasang wallpaper di dinding. Maklum saja, semua dinding dipenuhi coretan anak kecil. Selain itu decluttering juga akan aku lakukan mengingat beberapa perabotan rumah sudah banyak yang rusak dan perlu diganti. Membuat mini studio di rumah atau ruang kerja juga sepertinya akan aku lakukan dalam waktu 3-4 bukan kedepan.

Sepertinya itu dulu rencanaku dalam waktu 6 bulan kedepan. Aku tidak terlalu banyak membuat daftar, takutnya malah tidak terwujud dan jadi beban pikiran. Sebenarnya aku pingin menambahkan ‘1 day 1 surah’ saat baca Al Quran atau olahraga 5x seminggu selama 20 menit. Tetapi mengingat PJJ masih berlangsung dan waktuku habis untuk mengurusi anggota keuarga, sepertinya akan susah mengatur waktunya. Jadi, jalani saja yang sekiranya perlu didahulukan.

Kalau kamu, apa keinginan yang ingin kamu lakukan di tahun 2021?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like