Pengalaman Mengganti Baterai KeyBCA Kotak Gepeng

Jumat pagi 24 Mei 2013 adalah hari yang sial buatku. Aku berniat membeli kabel konektor itu + kabel data BB yang baru secara online karena harganya lebih murah. Ketika akan membayar melalui BCA internet banking, ternyata key BCA saya ada peringatan harus ganti baterai. Mampus dah! Jadi seharian itu saya benar-benar kayak orang bego ga bisa ngapa-ngapain.

Update: Sebelum melanjutkan cerita ini, aku cuma mau kasi info kalau sejak tahun 2019 aku sudah tidak menggunakan token BCA lagi karena transaksi sudah dilakukan secara mobile menggunakan aplikasi M-Banking BCA. Token sudah tidak diperlukan lagi dan diganti dengan PIN.

Baterai KeyBCA Kotak Gepeng Habis

Setelah mencoba curcol di twitter, tiba-tiba admin twitter @haloBCA nyamber twitku. Dia bilang kalau baterai key BCA lowbat harus dibawa ke cabang BCA terdekat dengan dokumen sebagai berikut: KTP Asli, Buku rekening, kartu ATM, serta Key BCA.

Wah.. menurutku itu sangat berat. Bayangkan saja, siapa yang mau nganter aku ke Bank BCA, pada hari kerja pula! Kalau ke BCA kan harus nunggu hari senin, jam kerja. Belum lagi prosesnya nunggu 5 hari + biaya administrasi. Wah, males banget!

Baca Juga:  Pengalaman Ikut Kampus Shopee

Aku ngotot mau ngeganti baterai sendiri, tapi si admin CS twitter HaloBCA ini juga nggak kalah ngotot maksa agar aku untuk datang ke kantor BCA terdekat. Aku juga ngotot karena alasannya keyBCA-ku masih bentuk kotak gepeng (Activcard), bukan versi baru yang oval (Vasco). Aku baca di forum Cara Penggantian Baterai KeyBCA. http://www.ads-id.com/forums/archive/index.php/t-146150.html

CS haloBCA ngotot

Key BCA Kotak Gepeng
Key BCA Kotak Gepeng

Akhirnya Sabtu, aku pergi ke mall untuk membeli baterai yang sama persis dengan baterai KeyBCA. Ini dia penampakan baterainya. CR 2032 harganya 20ribu. Ada yang bilang ini baterai CMOS.

Baterai Key BCA Maxell CR2032
Baterai Key BCA Maxell CR2032

Dengan bersenjatakan obeng kembang (+) no 00, saya buka keyBCA itu dan dengan mudah mengganti baterai lama dengan baterai yang baru. Voila.. keyBCA saya bisa digunakan lagi.

Cara Mengganti Baterai KeyBCA

Nasabah BCA yang terhormat,

Terima kasih atas kepercayaan Anda menggunakan layanan KlikBCA Individu untuk melakukan berbagai transaksi perbankan Anda.

Berdasarkan data yang ada pada kami, saat ini Anda telah menggunakan Key BCA dengan tipe Activcard.

Bila baterai KeyBCA sudah lemah akan muncul icon/tanda gambar yang menunjukkan bahwa Key BCA dalam kondisi “low battery”, maka Anda harus segera mengganti baterai utamanya dengan baterai baru segera setelah icon tersebut muncul. (Pada waktu penggantian baterai, Key BCA harus dalam kondisi tidak aktif).

Berikut ini langkah-langkah penggantian baterai :
1. Buka penutup baterai KeyBCA yang terletak di bagian belakang KeyBCA sebelah kanan bawah.
2. Ganti baterai utama dengan baterai baru (proses ini harus berlangsung dengan cepat).
3. Tutup kembali penutup baterai KeyBCA.
4. KeyBCA sudah bisa digunakan kembali.
Keterangan : tipe baterai CR2032/3V-220 mAH

Jika proses penggantian baterai ini tidak berhasil, maka Anda harus mengganti KeyBCA Anda dengan yang baru, silakan Anda datang ke Kantor Cabang BCA terdekat dengan membawa fisik KeyBCA, Kartu ATM dan Kartu Identitas Anda.

Untuk memperoleh informasi lebih lanjut, silakan hubungi Halo BCA di (021) 52 999 888 atau 69 888 via handphone.

Hormat kami,

PT. Bank Central Asia, Tbk.

Perbedaan keyBCA kotak gepeng dengan oval

KeyBCA kotak gepeng

  • Key BCA kotak gepeng ini adalah versi lama. Jadi apabila kamu membuka rekening BCA sekaligus mendaftar internet banking sebelum tahun 2004, mungkin masih mendapatkan keyBCA bentuk kotak gepeng.
  • Lebih mudah mengganti baterai sendiri apabila baterai lowbat. Masa berlaku baterai biasanya 2-3 tahun. Bisa lebih lama apabila kualitas baterai tersebut bagus.
  • Sistem keamanan tidak begitu bagus, mungkin karena itu pihak BCA menggantinya dengan versi oval.
Baca Juga:  Tips Memperbanyak ASIP (Air Susu Ibu Perahan)

KeyBCA Oval

  • Sistem keamanan yang lebih bagus.
  • User tidak bisa sembarangan mengganti baterai, sistem key malah akan rusak. Jika baterai habis, wajib menggantinya dengan yang baru. Prosesnya sekitar 3-5 hari.

Jadi saranku, apabila kamu masih menggunakan key BCA kotak gepeng dan baterainya sudah mau habis, mending diganti sendiri, nggak usah tergiur bujuk rayu CS haloBCA menggantinya dengan key BCA yang bentuk oval versi baru. Soalnya menurutku lebih enak yang kotak gepeng.

Aku terselamatkan dari proses yang menyebalkan ngantri di bank, apalagi BCA yang tau sendiri kan nggak pernah sepi tuh bank walau di kantor cabang pembantu sekalipun. Bawa anak kecil ngantri, waduh.. bisa stress nantinya.

Bersyukurlah bagi pemilik keyBCA kotak gepeng sepertiku, hahaha..

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Pengalaman Berjualan di Etsy
Read More

Pengalaman Berjualan di Etsy

Pengalaman Berjualan di Etsy – Pernah mencoba mendaftar di Etsy tapi selalu kena review, gagal lolos listing pertama…
Read More