7 Alasan Mencoba Printify, Supplier Print On Demand Untuk Bisnis Dropship Kaos

Banyak banget teman-teman seller yang kecewa dan mengalami banyak kerugian gara-gara kena ‘prank’ supplier dari china seperti customdropshipping atau artsnow?

Sejak wabah covid-19 ini, banyak sekali pesanan customer yang dibatalkan gara-gara supplier tidak bisa mengirimkan barang tepat waktu akibat China mengalami lockdown. Selain itu, kiriman internasional khususnya dari China dibatasi dan ditolak oleh negara lain.

Tidak terkecuali di Indonesia, kiriman ke luar negri yang murah menggunakan RLN dan e-Packet juga sementara tidak ada. Jika masih ingin mengirim paket ke luar negri bisa menggunakan EMS Pos Indonesia yang tentunya harganya lebih mahal.

Karena hal itulah akhirnya aku mencari cara agar bisa menemukan supplier baru di negaranya customerku agar pengiriman pesanan tetap bisa berjalan lancar.

Alasan berhenti menggunakan dropship dari China

Bukan rahasia lagi jika barang apapun dari negara China harganya murah dan ongkos kirimnya murah. Sehingga bagi dropshiper itu adalah hal yang sangat menguntungkan. Tetapi tidak bisa dipungkiri juga kalau banyak sekali kendala yang terjadi dan akhirnya aku memutuskan untuk tidak lagi menggunakan supplier dari China.

1.      Proses produksi dan pengiriman selalu delay menjelang libur Natal dan Imlek

Ini adalah hal yang tidak aku suka dari China. Mereka bisa stop produksi karena libur lama sekali menjelang tahun baru cina yang menyebabkan pemrosesan pesanan menjadi lama. Jika barang diterima pembeli normalnya dalam 2-3 minggu, maka gara-gara ini pembeli baru bisa terima setelah 5 minggu.

Baca Juga:  Pengalaman Berjualan di Storenvy

2.      Proses produksi yang tidak transparan

Antara waktu produksi dan lama pengiriman tidak jelas waktunya. Karang bisa cepat dan tepat waktu, kadang lama banget baru diproses setelah kita melakukan komplain. Untuk kasus covid-19 ini, banyak dari mereka tidak jujur dengan tetap buka untuk menerima pesanan baru padahal kapasitas produksi mereka dikurangi atau bahkan berhenti.

3.      Komunikasi yang sulit dengan customer servicenya

Jangan pernah tertipu oleh tampilan website yang bagus dan terkesan profesional sebelum kamu memiliki masalah dengan mereka dan melihat bagaimana mereka menanganinya. Kurangnya sumber daya manusia, keterbatasan bahasa dan cara mereka memberikan solusi atas suatu masalah membuatku berfikir, “Sudah cukup, nggak lagi deh sama mereka”.

Printify – Kumpulan supplier POD kaos dari banyak negara dalam satu tempat

Ide dari Printify untuk mengorganisir supplier-suplier POD dari berbagai negara memang bagus. Jadi aku tidak perlu bingung mencari supplier dari setiap negara. Sehingga ketika customerku berasal pada wilayah yang dapat dijangkau oleh supplierku, maka aku tinggal menyesuaikan supplier mana yang akan digunakan.

Pada artikel ini aku tidak akan membahas secara mendalam tentang printify karena ada pembahasan yang lebih jelas dan bisa kamu baca di Mofluid. Aku hanya akan fokus berbagi pengalaman saja sebagai user yang sudah benar-benar mencoba.

Baca Juga:  Pengalaman Sewa Power Bank Recharge

Beberapa vendor yang tergabung dalam Printify

  • ArtsAdd – Diproduksi di China
  • Big Oven Tees – Diproduksi di Amerika
  • Big Oven Tees – Diproduksi di Kanada
  • CG Pro Prints – Diproduksi di Amerika
  • The Dream Junction – Diproduksi di Amerika
  • DTG2Go – Diproduksi di Amerika
  • Duplium – Diproduksi di Kanada
  • Fifth Sun – Diproduksi di Amerika
  • Monster Digital – Diproduksi di Amerika
  • MyLocker – Diproduksi di Amerika
  • MWW On Demand – Diproduksi di Amerika
  • OPT OnDemand – Diproduksi di Rep. Ceko
  • Print Geek – Diproduksi di Kanada
  • Print Pigeons – Diproduksi di Amerika
  • Prodigi – Diproduksi di Inggris
  • SPOKE Custom Products – Diproduksi di Amerika
  • SwiftPOD – Diproduksi di Amerika
  • Textildruck Europa – Diproduksi di Jerman
  • The Print Bar – Diproduksi di Australia
  • Troupe Jewelry – Diproduksi di Amerika
  • Tribe Socks – Diproduksi di Amerika
  • T shirt and Sons -Diproduksi di Inggris
  • WOYC – Diproduksi di Amerika
  • WPaPS – Diproduksi di Inggris

Ketika aku melakukan produksi di Indonesia, aku harus mengeluarkan uang kurang lebih hampir USD $20 untuk produksi dan pengiriman menggunakan RLN Pos Indonesia.

Harga yang mereka tawarkan, dalam hal ini aku menggunakan Textildruck Europa, aku hanya mengeluarkan biaya sebesar USD $14.32 sudah termasuk pengirman untuk 1 produk kaos pria berwarna hitam. Jadi dengan cara ini, kita sebagai drophiper bisa mendapatkan keuntungan lebih banyak dan juga pelanggan akan puas karena barang yang mereka pesan datangnya lebih cepat.

Dari invoice di bawah ini, taksiran keuntungan yang aku dapatkan sebesar USD $18.03 untuk setiap kaos yang terjual. Lumayan kan?

Baca Juga:  RIP My Beloved Asus Vivobook
Printify Order Textildruck Europa
Total biaya produksi beserta ongkos kirim ke sesama negara Jerman hanya USD $14.32

7 Kesan setelah mencoba Printify

  1. Punya banyak pilihan vendor dari berbagai negara.
  2. User interface web portalnya bagus dan mudah digunakan.
  3. Bisa terintegrasi dengan toko online dan support banyak platform.
  4. Variasi produk cukup banyak dan lengkap.
  5. Harga produk POD yang ditawarkan cukup masuk akal.
  6. Tarif ongkir lebih murah dan pengiriman juga lebih cepat apabila vendor dan alamat customer berada dalam satu negara yang sama.
  7. Status pemesanan dapat dilihat dengan jelas.

Apakah Printify layak untuk dicoba?

Sejauh ini aku cukup puas menggunakan printify yang mode gratis. Tetapi jika kamu mempunyai lebih dari 5 toko online dan bisa menjual lebih dari 100 pcs setiap bulan, maka aku sarankan untuk berlangganan membership mereka seharga USD $29/bulan karena bisa mendapatkan diskon hingga 20% untuk semua produk.

Aku hanya menggunakan Printify untuk vendor yang lokasinya ada di Jerman dan Australia saja. Karena aku sudah memiliki vendor lain dari Amerika dan Inggris dan aku sudah bekerja sama dengan mereka bertahun-tahun.

Untuk kualitas produk aku rasa sama saja karena aku sudah mengetahui kualitas dari brand kaos yang aku gunakan. Hasil cetak DTG untuk kaos kurang lebih sama. Kamu bisa menilai sendiri kualitas yang mereka tawarkan dengan cara order produk ke alamatmu sendiri.

Jika kamu ingin mencoba merasakan sensasi berjualan produk print on deman dan memiliki customer dari seluruh dunia, tidak ada salahnya mencoba karena kini pilihan vendor POD semakin banyak, beragam dan prosesnya juga mudah.

0 Shares:
3 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Pengalaman Berjualan di Etsy
Read More

Pengalaman Berjualan di Etsy

Pengalaman Berjualan di Etsy – Pernah mencoba mendaftar di Etsy tapi selalu kena review, gagal lolos listing pertama…
Read More