5 Hal Yang Perlu Ditanyakan Saat Memilih Tempat Les Bahasa Inggris

Apa Mama Papa bingung memilih mana tempat kursus bahasa Inggris untuk Si Kecil yang terbaik? Masih banyak waktu untuk bisa memilih tempat kursus yang bisa dipersiapkan Mama Papa mulai dari sekarang. 

Kemampuan berbahasa Inggris bisa menunjang masa depan anak, apalagi di zaman globalisasi seperti sekarang ini. Apakah anak bisa dengan mudah melanjutkan sekolah atau bekerja di luar negeri nantinya, tergantung Mama Papa kapan memperkenalkan bahasa Inggris sejak awal. 

Pertanyaan Penting Saat Memilih Kursus Bahasa Inggris

Faktor usia menjadikan anak jadi lebih cepat belajar, termasuk bahasa Inggris. Ada berbagai manfaat yang akan didapatkan anak jika mereka belajar bahasa Inggris sejak dini. Pertama untuk mengasah otak sehingga bisa memecahkan masalah dan berpikir kritis. 

Kedua adalah untuk mengasah kemampuan mengingat dan multitasking. Ketiga, bahasa Inggris juga bisa meningkatkan kreativitas anak serat membantunya dalam akademis. Cara Mama Papa untuk mengajarkan bahasa Inggris kepada Si Kecil juga bervariasi. 

Mulai dari menyanyi, bermain games, merespon menggunakan bahasa Inggris dan menjadikanya rutinitas. Memberikan kursus bahasa Inggris juga jadi pilihan terbaik agar anak mendapatkan lebih banyak teman dan belajar dengan materi yang lebih teratur. 

Tingkat kemahiran bahasa Inggris akan lebih cepat dikuasai dan masa depan yang baik akan menanti. Tapi sebelum itu Mama Papa harus memilih mana tempat kursus bahasa Inggris terbaik untuk anak.

Saat mencari tempat kursus, beberapa pertanyaan ini bisa digunakan untuk menggali informasi lebih jauh. Memperoleh informasi yang dalam membantu Mama Papa untuk memutuskan tempat kursus yang sebaiknya dipilih. 

1. Apa Saja Metode Belajar yang Diterapkan?

Informasi mengenai metode belajar yang digunakan oleh kursus bahasa Inggris wajib diketahui Mama Papa. Metode belajar untuk anak pada masing-masing usia berbeda. Metode ini juga terkait apakah nantinya anak bisa menyerap materi yang diberikan. 

Tugas mengidentifikasi metode apa yang digunakan tentu berada di tangan tempat kursus. Contohnya untuk anak usia 6 tahunan, metode belajar dengan bermain dan bernyanyi akan membuat anak merasa nyaman. 

Interaksi yang terjadi di dalam kelas tergantung apakah metode yang digunakan. Jika tempat kursus menyediakan metode dengan praktis langsung seperti berbicara langsung atau menggunakan alat praktis tentu akan membuat mereka lebih semangat. 

Jadi bukan hanya soal materi saja yang harus diperhatikan melainkan metode sebagai media penyampai materi tersebut. Semakin banyak metode interaktif yang diterapkan akan lebih baik karena bisa memacu semangat belajar anak. 

2. Siapa Saja Tenaga yang akan Mengajar?

Demi terciptanya metode belajar yang efektif, maka dibutuhkan juga tenaga pengajar profesional. Pertanyaan ini bisa Anda berikan untuk tahu apakah guru yang mengajar memiliki pengalaman. 

Jika perlu cobalah untuk melihat kelas yang sedang berlangsung dan amati bagaimana cara guru mengajar. Apabila yang terjadi di dalam kelas semua murid terdengar riang gembira dan guru mampu berinteraksi dengan baik tentu kemampuan mengajarnya tak perlu dipertanyakan lagi. 

Kompetensi guru yang bisa mengajarkan bahasa Inggris dengan baik tentu sudah memiliki pengalaman. 

3. Bagaimana Pembagian Setiap Kelasnya? 

Supaya kelas jadi lebih efektif maka soal pembagian kelas juga perlu dipertanyakan. Anda bisa mencari tahu bagaimana setiap kelasnya diatur. Kelas kecil jadi pilihan yang paling baik dibandingkan terlalu banyak murid. 

Efisiensi pengajaran kelas kecil lebih baik, setidaknya dalam satu kelas hanya terdapat 5 sampai 10 murid saja. Jika lebih dari itu guru akan sulit membagi konsentrasi untuk setiap anak saat mengajar. 

Apabila Anda keberatan Si Kecil mengikuti kelas umum, bisa juga mencari tempat kursus bahasa Inggris private. Dengan begitu guru akan sangat fokus and Si Kecil bisa belajar lebih leluasa. 

4. Apa Saja Fasilitas yang Disediakan untuk Belajar? 

Fasilitas tak luput untuk diperhatikan Mama Papa. Saat ini ada begitu banyak fasilitas yang bisa dilengkapi oleh lembaga kursus. Mulai dari kelas yang selalu bersih, alat peraga untuk belajar yang lengkap. 

Selain itu agar murid bisa tetap belajar di rumah, materi juga bisa dikemas dalam bentuk digital. Sehingga memudahkan anak untuk belajar kapan saja dan di mana saja. Fasilitas dalam bentuk teknologi juga sangat membantu kegiatan belajar. 

Contohnya saja tempat kursus bahasa Inggris yang menyediakan LCD proyektor untuk penjelasan materi. Bisa juga ruang audio visual khusus agar anak bisa belajar mendengarkan percakapan bahasa Inggris atau menonton untuk mengembangkan vocabulary

Fasilitas yang dimaksud juga termasuk fleksibilitas jadwal yang bisa diatur sesuai kebutuhan Si Kecil. Misalnya menyediakan kelas online saat anak tak bisa datang langsung ke lokasi kursus. 

5. Berapa Biaya Kursus yang Ditawarkan? 

Terakhir adalah memeprtimbangkan soal biaya kursus bahasa Inggris. Saat ini banyak tempat kursus yang berlomba-lomba untuk memberikan harga murah. Tapi apakah dengan biaya murah anak bisa mendapat pelajaran yang bagus? 

Jadi sebaiknya Mama Papa jangan terbuai dengan tawaran harga murah saja. Lebih baik perhatikan apakah materi yang disediakan lengkap serta bagaimana pengelolaan kelas serta guru dari tempat kursus tersebut. 

Pilih yang benar-benar menyesuaikan kebutuhan Si Kecil karena proses pembelajaran ini  akan mempengaruhi masa depannya. 

Memilih manakah tempat kursus yang tepat bagi Si Kecil tidak bisa dilakukan dalam semalam. Mama Papa harus meluangkan waktu khusus untuk mencarinya. Sambil mencari tempat kursus, Mama Papa juga bisa memilih kursus bahasa yang disediakan di Kiddo.id. 

Aplikasi Tempat Les Kursus Untuk Anak Kiddo
Aplikasi Kiddo.id

Platform Kiddo.id menyediakan berbagai konten edukasi termasuk kursus bahasa Inggris. Hanya dengan memilih salah satu jadwal kursus yang tersedia, anak bisa belajar secara online dari rumah. Mama Papa jadi bisa ikut membantu ketika Si Kecil sedang belajar. 

Berbagai macam kursus lainnya yang ada di Kiddo.id seperti kursus keyboard/piano, les matematika atau belajar membaca Al Quran

Sumber: 
https://www.sehatq.com/artikel/sejak-usia-berapa-anak-boleh-belajar-bahasa-inggris-ini-penjelasannya#:~:text=Namun%2C%20mereka%20menyarankan%20bahwa%20pengajaran,tahun%20dan%20maksimal%2011%20tahun
https://etyabdoel.com/5-tips-memilih-kursus-bahasa-untuk-anak/
https://pustakaguru.com/inilah-tips-memilih-tempat-kursus-bahasa-inggris-untuk-anak/
https://www.ef.co.id/englishfirst/kids/blog/10-tips-memilih-tempat-kursus-anak/
https://www.educenter.id/manfaat-kursus-bahasa-inggris-untuk-anak/#:~:text=Belajar%20bahasa%20Inggris%20di%20sebuah%20kursus%20bisa%20jadi%20semakin%20menyenangkan,akan%20semakin%20mahir%20berbahasa%20Inggris

1 comment
  1. Faktor penting belajar yang nyaman di masa pandemi ini adalah kenyamanan anak dalam menerima materi secara daring serta menyenangkan, kalau harga menurut saya relatif bila materi dan anak merasa nyaman tentu harga akan menjadi nomer sekian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like