Masih Ragu Memasang Dash Cam di Mobil? Coba Baca Ini Deh!

Salah satu aksesoris mobil yang wajib dimiliki oleh pemilik mobil adalah dengan memasang dash cam. Dash cam merupakan sebuah kamera yang dipasang di atas dashboard mobil. Biasanya dash cam diletakan di bawah kaca spion mobil, ditempelkan di kaca menggunakan doble tape, atau diletakan di atas dashboard.

Pada artikel ini aku mau membahas alasan penting mengapa kita wajib memiliki kamera CCTV di mobil.

Masih ingat berita seorang pengendara mobil menodongkan senjata kepada warga gara-gara mobilnya bersenggolan dengan pengendara lain di jalan? Yah, walaupun senjata yang dia pakai untuk menakut-nakuti orang lain cuma airsoft gun dan tidak berisi peluru sungguhan.

Ternyata setelah diselidiki, pengemudi mobil yang menodongkan pistol tersebut merasa ketakutan karena karena sejumlah warga mendatangi lokasi untuk meminta pertanggungjawabannya. Jika meminta secara baik-baik mungkin pengemudi mobil tersebut akan menyanggupi. Tetapi bagaimana jika orang-orang yang mendatanginya diliputi amarah dan kasar?

Tidak heran jika pengemudi tersebut mengambil langkah seperti itu untuk membela diri agar tidak dihakimi massa yang sudah terlanjur panas karena terprovokasi tanpa diselidiki lebih lanjut siapa yang salah. Aku pun pasti akan ketakutan jika berada diposisi tersebut, walaupun belum tentu aku yang salah.

Nah, untuk menghindari hal-hal seperti itu kita perlu menyediakan barang bukti yang benar-benar akurat daripada mengandalkan saksi mata yang belum tentu berkata jujur.

Manfaat Memasang Dash Cam di Mobil

3 Manfaat Penting Memasang Dash Cam di Mobil

Beberapa alasan penting kenapa kita perlu memiliki kamera layaknya CCTV di mobil.

  1. Membuat vlog dan merekam aktifitas perjalanan.
  2. Bisa dijadikan sebagai bukti apabila ada kejahatan dan kecelakaan.
  3. Melindungi mobil saat parkir dan tidak diawasi.

Di negara maju seperti Korea dan Jepang, penggunaan card DVR sudah sangat umum. Dash cam yang mereka gunakan juga sepertinya lebih canggih karena bisa menyimpan hasil video dengan suara, serta bisa menyimpan rekaman secara utuh lebih dari seminggu. Beberapa penyelidikan kepolisian juga mengandalkan bantuan dari rekaman dash cam untuk melacak kejadian tertentu.

Alasanku ingin memasang dash cam di mobil adalah karena pengendara motor dan mobil semakin banyak dan tidak tertib. Terutama pengendara motor, mereka suka seenaknya memotong jalan tanpa isyarat yang menyebabkan kecelakaan. Tetapi sering kali jika terjadi kecelakaan yang disalahkan dan disuruh ganti rugi adalah pengendara mobil. Jadi dengan memiliki dash cam, kita mempunyai bukti kuat untuk membela diri.

Cara Kerja Dash Cam

Kamera ini pada dasarnya memiliki prinsip kerja yang sama seperti CCTV. Kamera akan merekam dan hasilnya berupa video bisa dilihat langsung melalui layar kamera tersebut atau melalui aplikasi di ponsel. Hasil rekamannya juga disimpan kedalam SD card dan dapat dibuka melalui komputer atau handphone.

Sumber listrik dashcam berasal dari baterai atau menggunakan colokan pematik rokok (lighter) pada mobil.

Dash Cam vs Action Cam

Mengapa memilih kamera khusus untuk mobil? Kita bisa saja menggunakan action camera dan menempelkannya di dashboard mobil, ya kan? Alasan mengapa dash cam lebih baik daripada action cam adalah:

  1. Harga dash cam lebih murah daripada action cam.
  2. Dash cam memang diperuntukan untuk diletakan di mobil. Fiturnya sudah dirancang sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan seperti fitur merekam selama 24 jam bahkan saat mobil mati dan berada dikegelapan.
  3. Mudah dipasang di mobil dan tidak memerlukan perangkat tambahan.
  4. Tidak khawatir kehabisan daya apabila dipakai lama karena otomatis terhubung dengan listrik di mobil.
  5. Hasil rekamannya bisa dipantau langsung melaui handphone.

Built-in Dash Cam

Sampai saat ini aku masih belum menemukan dash cam yang sudah terpasang bawaan dari pabrik untuk mobil ‘pasaran’ di Indonesia. Rata-rata dash cam ini masih terjual sebagai aksesoris tambahan. Padahal mengingat begitu pentingnya alat ini, sebaiknya produsen mobil sudah mulai memikirkan untuk menambahkan dash cam kedalam fitur mobil baru.

Alasan mengapa tidak semua mobil memiliki built-in dash cam karena harganya tentu saja yang mahal dan akan menambah harga jual mobil. Sehingga built-in dash cam hanya diberikan kepada beberapa tipe mobil mewah untuk dijual kepada konsumen kelas atas yang tidak masalah dengan uang yang mereka keluarkan.

Alasan kedua mengapa dash cam dijual terpisah adalah karena privacy. Jadi jika konsumen seperti itu membutuhkan kamera DVR untuk mobil, mereka bisa membeli dash cam portable yang bisa dipakai dan dilepas kapanpun mereka mau.

Harga Dash Cam

Harga dash cam yang dijual bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah, semua itu tergantung fungsi dan kualitas produknya. Jika dulu kita beranggapan memasang kamera di mobil sangat mahal, sekarang sudah ada budget dash cam yang harganya terjangkau. Walaupun fiturnya terbatas, namun sudah bisa mencakup kebutuhan utama yaitu merekam aktivitas yang terjadi selama berkendara.

Kalau kamu, apakah sudah memasang dash cam di mobil atau masih ragu? Menurutmu apa kekurangan dan kelebihannya?

2 comments
  1. noted nih.. biar kita merasa aman yaa, bisa dijadikan barang bukti juga ya jika suatu saat diibutuhkan, secara kita gak pernah tahu apa yang terjadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like