Mengirim Barang Ke Luar Negri Menggunakan Pos Indonesia

Postingan ini menceritakan tentang pengalamanku mengirim barang ke luar negri menggunakan jasa Pos Indonesia, baik itu registered mail (pos tercatar / RLN) atau EMS (Express Mail Service).

Ceritanya begini.. pada tahun 2010 lalu, saya listing barang di eBay, dan kebetulan pembelinya dari Columbia dan Australia. Biasanya saya menggunakan jasa Dropship eBay dari Hongkong, China tetapi kali ini saya ingin mencoba untuk mengirimkan barang sendiri dari Indonesia.

Setelah mencari informasi tentang jasa pengiriman ke luar negri, mulai dari FedEx, DHL, JNE, Pos Indonesia.. akhirnya diputuskan untuk menggunakan Pos Indonesia saja karena tarifnya jauh lebih murah. Walaupun banyak sekali komentar di forum, blog, dll mengenai keluhan tentang barang yang tidak sampai, barang hilang, dll.

Mengirim Barang Ke Luar Negri

mengirim barang ke luar negri

Akhirnya kiriman barang ke Columbia menggunakan EMS dan ke Australia menggunakan Pos Tercatat (RLN) saja. Pertimbangannya adalah, Columbia jaraknya lebih jauh sehingga kalau menggunakan EMS estimasi waktu yang dibutuhkan kurang lebih 5 hari. Sedangkan ke Australia tidak perlu menggunakan EMS karena Australia dekat dengan Indonesia.

Sayangnya.. para pembeli itu tidak memberikan konfirmasi apakah mereka telah menerima barang tersebut atau tidak, sehingga saya tidak bisa mengetahui apakah menggunakan jasa Pos Indonesia untuk mengirim barang ke luar negri bisa dipercaya atau tidak.

Read:  Facebook Emoticons

Beberapa bulan kemudian saya kirim paket ke luar negri via pos ke Australia, kali ini menggunakan  EMS, dan hebatnya lagi kiriman memang sampai dalam 5 hari seperti yang dijanjikan.

Website Pos Indonesia sekarang sudah berubah, lebih user friendly (enak dilihat dan mudah digunakan). Untuk melacak kiriman juga mudah, tinggal masukan nomer pelacakan atau tracking number di http://www.posindonesia.co.id

Berikut perbandingan Pengiriman Ke Luar Negeri Murah menggunakan EMS dan Pos Tercatat (RLN).

EMS
——-

  • Tarif lebih mahal daripada Pos Tercatat (RLN).
  • Tarif dihitung per negara tujuan.
  • Tarif dihitung per gram. Untuk paket standar, ukurannya 250 gram (seperempat kilogram), 500 gram (setengah kilogram) atau 1000 gram (satu kilogram).
  • Estimasi sampai di tujuan adalah 5-7 hari kerja.
  • Barang tidak perlu dipacking, karena nanti akan dibongkar kembali menggunakan plastic bag khusus EMS.
  • Barang bisa diketahui / dilacak keberadaannya karena ada Tracking Number. Tracking number berfungsi hingga barang sampai di tempat tujuan dan diterima.

Pos Tercatat (RLN)
—————————

  • Tarif lebih murah daripada EMS.
  • Tarif dihitung per negara tujuan, tetapi kurang lebih untuk negara-negara di Asia dan Eropa bisa diperkirakan, tarifnya sama.
  • Estimasi sampai di tujuan adalah 15 hari kerja (paling cepat), bisa 2 bulan (paling lambat) atau hilang (kalau apes), hehe.
  • Barang perlu dipacking rapi, diberi nama, alamat dan nomer telpon jelas.
  • Ada tracking number, tetapi hanya bisa dilacak sampai Jakarta saja. Sebenarnya bisa dilacak hinggak ke tujuan dengan tracking number itu (TN), tetapi bukan melalui website Pos Indonesia melainkan melalui website pihak ketiga. Untuk hal ini, nanti saya infokan lebih lanjut ya..
Read:  Pencairan Cek Amazon di BRI

Menurut pengalaman, barang yang saya kirim adalah t-shirt yang beratnya per kaos sekitar 250 gram. Kalau untuk para eBay seller dari Indonesia, sekarang kan ada dropship  lokal di Indonesia yang menyediakan shipping menggunakan RLN. Kalau menurut mereka, barang selalu sampai di tujuan, tetapi saya masih ragu. Mungkin saya kurang percaya diri kali ya…

Untuk kiriman ke Amerika dan Eropa, saya biasanya menggunakan Dropship yang berlokasi di Amerika (USA), karena bisa ditracking (untuk yg di USA) dan saya pikir Eropa itu berada di belahan bumi barat yang letaknya tidak jauh dari USA (daripada Indonesia), sehingga kiriman lebih cepat sampai. Tetapi pada kenyataanya, beberapa kiriman saya ke Belanda dari USA menggunakan USPS (Posnya Amrik) malah tidak sampai :(

kirim paket ke luar negri via pos

Mengirim barang ke luar negri

Beberapa poin penting seputar mengirim barang ke luar negri

Pengiriman paket atau barang ke luar negeri semuanya menggunakan kurs dollar Amerika yang tercantum di website resmi PT. POS Indonesia, jangan gunakan yang tertera di klikbca.

Read:  RLN Pos Indonesia 8 hari ke Amerika

Untuk penjual t-shirt di eBay, bagi yang menginginkan barang terjual dengan harga murah sekaligus biaya shipping juga murah, gunakan saja jasa pos tercatat (RLN) dari Pos Indonesia. Para pembeli (eBay buyer) biasanya dari Amerika, Kanada, Italia, Prancis, Belanda, Jerman, Rusia, Inggris. Berikut ini biaya kirim paket ke luar negeri:

RLN / Pos Tercatat:

Tarif Baru RLN Pos Indonesia

Eropa
100-250gr–>110.000

USA / Amerika
100-250gr–>110.000

EMS: USA USD $16. Canada USD $19. Australia USD $18. Germany USD $25. Netherland USD $29. Italia USD $26. France USD $25. Russia USD $20. Malta USD $23. Maldives USD $11.

Untuk 1 kaos beratnya 250 gram.

Oh ya, untuk barang yang dikirim ke Jerman menggunakan EMS nantinya akan dihandle oleh DHL ketika sampai di sana. Asyik kan.. karena beberapa kali saya menerima paket dari USA menggunakan DHL pengirimannya sangat cepat dan memuaskan. Walaupun DHL bukan termasuk jasa kiriman luar negeri murah.

Nah, dari pengalaman dan penjelasan saya tadi mengirim barang ke luar negri via pos indonesia. Silahkan dipikirkan kembali ingin menggunakan yang mana, EMS atau pos tercatat dari Pos Indonesia. Sesuaikan dengan kebutuhan dan budget ya… :)

Leave a Reply