Mengirim Barang Ke Luar Negri Menggunakan Pos Indonesia

Postingan ini menceritakan tentang pengalamanku mengirim barang ke luar negri menggunakan jasa Pos Indonesia, baik itu registered mail (pos tercatat / RLN) atau EMS (Express Mail Service).

Ceritanya begini.. pada tahun 2010 lalu, aku listing barang di eBay, dan kebetulan pembelinya dari Columbia dan Australia. Biasanya aku menggunakan jasa Dropship eBay dari Hongkong, tetapi kali ini aku ingin mencoba untuk mengirimkan barang sendiri dari Indonesia.

Setelah mencari informasi tentang jasa pengiriman ke luar negri, mulai dari FedEx, DHL, JNE, Pos Indonesia.. akhirnya diputuskan untuk menggunakan Pos Indonesia saja karena tarifnya jauh lebih murah. Walaupun banyak sekali komentar di forum, blog, dll mengenai keluhan tentang barang yang tidak sampai, barang hilang, dll.

Mengirim Barang Ke Luar Negri

mengirim barang ke luar negri

Akhirnya kiriman barang ke Columbia menggunakan EMS dan ke Australia menggunakan Pos Tercatat (RLN) saja. Pertimbangannya adalah, Columbia jaraknya lebih jauh sehingga kalau menggunakan EMS estimasi waktu yang dibutuhkan kurang lebih 5 hari. Sedangkan ke Australia tidak perlu menggunakan EMS karena Australia dekat dengan Indonesia.

Sayangnya.. para pembeli itu tidak memberikan konfirmasi apakah mereka telah menerima barang tersebut atau tidak, sehingga aku tidak bisa mengetahui apakah menggunakan jasa Pos Indonesia untuk mengirim barang ke luar negri bisa dipercaya atau tidak.

Beberapa bulan kemudian aku kirim paket lagi ke luar negri via pos ke Australia, kali ini menggunakan  EMS, dan hebatnya lagi kiriman memang sampai dalam 5 hari seperti yang dijanjikan.

Website Pos Indonesia sekarang sudah berubah, lebih user friendly (enak dilihat dan mudah digunakan). Untuk melacak kiriman juga mudah, tinggal masukan nomer pelacakan atau tracking number di www.posindonesia.co.id

Berikut perbandingan Pengiriman Ke Luar Negeri Murah menggunakan EMS dan Pos Tercatat (RLN).

EMS

  • Tarif lebih mahal daripada Pos Tercatat (RLN).
  • Tarif dihitung per negara tujuan.
  • Tarif dihitung per gram. Untuk paket standar, ukurannya 250 gram (seperempat kilogram), 500 gram (setengah kilogram) atau 1000 gram (satu kilogram).
  • Estimasi sampai di tujuan adalah 5-7 hari kerja.
  • Barang tidak perlu dipacking, karena nanti akan dibongkar kembali menggunakan plastic bag khusus EMS.
  • Barang bisa diketahui / dilacak keberadaannya karena ada Tracking Number. Tracking number berfungsi hingga barang sampai di tempat tujuan dan diterima.

Pos Tercatat (RLN)

  • Tarif lebih murah daripada EMS.
  • Tarif dihitung per negara tujuan, tetapi kurang lebih untuk negara-negara di Asia dan Eropa bisa diperkirakan, tarifnya sama.
  • Estimasi sampai di tujuan adalah 15 hari kerja (paling cepat), bisa 2 bulan (paling lambat) atau hilang (kalau apes), hehe.
  • Barang perlu dipacking rapi, diberi nama, alamat dan nomer telpon jelas.
  • Ada tracking number, tetapi hanya bisa dilacak sampai Jakarta saja. Sebenarnya bisa dilacak hinggak ke tujuan dengan tracking number itu (TN), tetapi bukan melalui website Pos Indonesia melainkan melalui website pihak ketiga. Untuk hal ini, nanti saya infokan lebih lanjut ya.

E-Packet

  • Tarif lebih murah daripada RLN. Ya, ini paket paling murah dari yang pernah ada.
  • Untuk saat ini pengiriman hanya ke negara Amerika. Untuk negara lain silahkan cari infonya sendiri ya.
  • Layanan E-Packet untuk saat ini tersedia di kantor pos besar. Untuk agen pos kemungkinan belum mengetahui atau belum bisa.

Menurut pengalaman, barang yang aku kirim adalah t-shirt yang beratnya per kaos sekitar 250 gram. Kalau untuk para eBay seller dari Indonesia, sekarang kan ada dropship  lokal di Indonesia yang menyediakan shipping menggunakan RLN.

Untuk kiriman ke Amerika dan Eropa, aku biasanya menggunakan Dropship yang berlokasi di Amerika (USA), karena bisa ditracking (untuk yg di USA) dan aku pikir Eropa itu berada di belahan bumi barat yang letaknya tidak jauh dari USA (daripada Indonesia), sehingga kiriman lebih cepat sampai. Tetapi pada kenyataanya, beberapa kirimanku ke Belanda dari USA menggunakan USPS (Posnya Amrik) malah tidak sampai :(

Pengalama mengirim barang menggunakan EMS / RLN

Beberapa poin penting seputar mengirim barang ke luar negri

Pengiriman paket atau barang ke luar negeri semuanya menggunakan kurs dollar Amerika yang tercantum di website resmi PT. POS Indonesia, jangan gunakan yang tertera di klikbca.

Untuk penjual t-shirt di eBay, bagi yang menginginkan barang terjual dengan harga murah sekaligus biaya shipping juga murah, gunakan saja jasa pos tercatat (RLN) dari Pos Indonesia. Para pembeli (eBay buyer) biasanya dari Amerika, Kanada, Italia, Prancis, Belanda, Jerman, Rusia, Inggris.

Baca pengalamanku mengirim barang ke luar negri khususnya ke Amerika cuma 8 hari. Ya agar kamu bisa tahu betapa serunya berjualan dengan target market orang luar negri.

Tarif Baru RLN Pos Indonesia

Untuk update tarif terbaru kirim paket ke luar negri, kamu bisa baca di sini:

Tarif kiriman paket ke luar negri menggunakan Pos Indonesia.

Contoh:

Negara Tujuan Tarif RLN (250 gram) Tarif EMS (250 gram)
Amerika (USA)  Rp                   159,697  Rp                    305,557
Australia                             Rp                   142,188 Rp                     293,837
Germany  Rp                   152,072  Rp                    343,116
Inggris(UK)  Rp                   152,072  Rp                    343,116
Netherland (Belanda)  Rp                   149,531  Rp                    403,408
Italy  Rp                   145,577  Rp                    371,356
Denmark  Rp                   164,922  Rp                    491,517

Oh ya, untuk barang yang dikirim ke Jerman menggunakan EMS nantinya akan dihandle oleh DHL ketika sampai di sana. Asyik kan.. karena beberapa kali saya menerima paket dari USA menggunakan DHL pengirimannya sangat cepat dan memuaskan. Walaupun DHL bukan termasuk jasa kiriman luar negeri murah.

Nah, dari pengalaman dan penjelasan saya tadi mengirim barang ke luar negri via pos indonesia. Silahkan dipikirkan kembali ingin menggunakan yang mana, EMS atau pos tercatat dari Pos Indonesia. Sesuaikan dengan kebutuhan dan budget ya… :)

1 comment
  1. Mau nanya kalau krm cincin batu akik 3 buah ke blanda lewat kantor pos EMS apakah bisa atau tidak..sya mau krm buat kaka dan keponakan di blanda.mohon penjelasanya..trims

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Cara Mencegah Facebook AME
Read More

12 Tips Mencegah Facebook AME

Aku bukan ahli facebook ads,, tapi sering mempelajari teori tentang facebook marketing. Secara teori mungkin aku bisa, tetapi…
Read More