38 Kado untuk Bayi dan Ibu yang baru melahirkan

Sebelumnya, terima kasih kepada teman-teman, saudara, keluarga, tetangga, dll yang sudah mengucapkan selamat atas kelahiran baby Nevan dan yang menyempatkan datang berkunjung ke rumahku membawa kado. Terima kasih.. terima kasih banyak. Terakhir aku buka bungkus kado sudah lamaaaaa… sekali.

Nah, dari kado-kado tersebut muncul inspirasi untuk berbagi kepada teman-teman yang berencana memberikan kado kepada teman, saudara, keluarga, tetangga yang baru saja melahirkan. Aku membuat daftar barang-barang mulai dari jenis kado yang umum untuk ibu yang baru melahirkan hingga kado anti mainstream dan tidak biasa.

Ini dia pilihan kado yang akan sangat bermanfaat:

Kado untuk bayi yang baru lahir

Beberapa peralatan dan perlengkapan yang banyak digunakan oleh bayi dan anak-anak bisa kamu berikan sebagai kado. Hal ini tentu saja akan sangat berguna bagi ibu dan bayinya.

1. Termometer

Termometer untuk bayi. 28 Kado untuk bayi yang baru lahir

Pentingnya mengecek suhu bayi secara berkala membuat penggunaan termometer sangat dibutuhkan. Kamu bisa memberikan termometer digital yang ditempelkan di kulit maupun yang berbentuk thermo gun.

2. Kosmetik Bayi

Kosmetik Bayi. 28 Kado untuk bayi yang baru lahir

Berbagai kebutuhan mandi bayi dan perawatannya bisa kamu berikan. Sudah banyak produsen kebutuhan bayi yang menyediakan paket kado hampers yang bisa diberikan kepada orang lain. Contohnya adalah satu set peralatan mandi yang terdiri dari shampoo, sabun, bedak, baby cream, baby cologne, hair lotion, minyak telon, dll

3. Peralatan Makan Anak

Peralatan Makan Anak MPASI. 28 Kado untuk bayi yang baru lahir

Bayi baru lahir memang tidak langsung makan, tetapi jangan lupa jika bayi cepat sekali besar. Tidak terasa akhirnya memasuki masa MPASI dan bayi mulai merasakan makanan padat pertamanya. Berikan kado berupa peralatan makan anak yang lucu dan menggemaskan agar sang ibu juga semakin bersemangat dalam memberikan MPASI yang bergizi dan menyuapi bayinya.

4. Perlengkapan Menyusui

Perlengkapan Menyusui. 28 Kado untuk bayi yang baru lahir

Beberapa ibu yang berpedan sebagai wanita bekerja tentunya sudah menyiapkan jauh-jauh hari untuk membeli alat memerah ASI (pompa ASI) yang sesuai dengan kebutuhannya. Daripada kamu membeli pompa ASIP yang takutnya tidak sesuai dengan selera penerima, lebih baik membelikannya perlengkapan ASIP seperti botol susu, alat steril botol susu, pembersih botol susu, cadangan dot botol bayi, plastik untuk menyimpan ASI perahan, dll.

5. Tas untuk Menyimpan ASIP

Tas untuk Menyimpan ASIP. 28 Kado untuk bayi yang baru lahir

Tas ini dilengkapi dengan lapisan khusus yang dapat dibekukan mencair secara lebih lambat dan menjaga ASIP tetap dalam kondidi yang baik meski berada diluar pendingin ruangan dalam waktu yang lama.

6. Tas Khusus Untuk Bayi

Tas Khusus Untuk Bayi. 28 Kado untuk bayi yang baru lahir

Setelah memiliki anak, wanita biasanya akan mengganti tas yang mereka pakai dengan tas khusus bayi yang dapat menyimpan segala kebutuhan bayi dalam satu tempat.  Tas seperti ini biasanya ada yang tempat khusus untuk membawa ASIP atau hanya berupa tas biasa dengan banyak kantong untuk menyimpan pakaian bayi, diaper, tissue, pompa ASIP, dll. Pilih tas bayi yang terbuat dari bahan yang kuat dan desainnya menarik sehingga bisa digunakan oleh ibu dalam jangka waktu lama.

Baca Juga:  7 Konsep Foto Liburan di Pantai

7. Box Bayi

Box Bayi. 28 Kado untuk bayi yang baru lahir

Tidak semua bayi membutuhkan tempat tidur bayi yang berbentuk kotak besar. Selain memakan tempat, biasanya box bayi hanya digunakan sebentar. Jika ingin memberikan kado berupa box bayi, pastikan tempat tidur tersebut knock down yang mudah untuk dipasang maupun dibongkar sehingga tidak memakan tempat apabila tidak digunakan lagi.

8. Bantal Peyang

Bantal Peyang. 28 Kado untuk bayi yang baru lahir

Bayi yang baru lahir memang tidak membutuhkan bantal, tetapi apabila ingin memastikan bayi tidur dan posisi yang baik dan kepala tidak miring ke kiri/kanan, kamu dapat memberikan bantal peyang ini. Bantal bayi ini bentuknya bolong di tengah alias isi busa hanya ada di pinggiran bantal saja dan tidak di bagian tengah.

9. Kasur Bayi

Kasur Bayi. 28 Kado untuk bayi yang baru lahir

Tempat tidur bayi ini biasanya hanya berupa matras beserta bantal dan guling. Pilihlah matras yang dapat dilipat sehingga mudah disimpan dan dibawa bepergian juga.

10. Selimut

Selimut Bayi. 28 Kado untuk bayi yang baru lahir

Banyak sekali pilihan selimut untuk bayi, mulai dari selimut yang hanya digunakan saat bayi tidur hingga selimut multifungsi yang memiliki topi dan bisa dibawa pada saat bayi bepergian keluar.

11. Baby Pillow

Baby Pillow. 28 Kado untuk bayi yang baru lahir

Bentuk bantal ini lumayan besar, berbentuk lingkaran dan agak cekung di tengahnya. Multifungsi banget karena selain bisa untuk menaruh bayi di situ, bantal ini bisa juga dipakai untuk menyangga tangan ibu ketika sedang menyusui.

12. Apron Menyusui

Apron Menyusui. 28 Kado untuk bayi yang baru lahir

Apron menyusui atau nursing cover ini sangat berguna apabila ibu berada di tempat umum dan bayi tiba-tiba ingin menyusu. Perlengkapan menyusui ini praktis digunakan saat bepergian dan sedang tidak menemukan ruangan menyusio karena apron ini membuat ibu tidak lagi malu menyusui bayinya di tempat umum karena takut terlihat oleh orang lain.

13. Pakaian Bayi

Pakaian Bayi. 28 Kado untuk bayi yang baru lahir

Bayi tumbuh dengan cepat dan apabila kamu ingin membelikan pakaian bayi, belilah pakaian bayi dengan ukuran yang lebih besar. Tujuannya agar pakaian tersebut bisa digunakan oleh bayi lebih lama.

14. Handuk

Handuk Bayi. 28 Kado untuk bayi yang baru lahir

Bayi perlu memiliki banyak cadangan handuk, oleh karena itu jangan takut apabila kamu memberikan kado yang sama dengan orang lain karena handuk sampai kapanpun akan tetap digunakan.

15. Diapers atau Clodi

Diapers Popok Bayi Sekali Pakai. 28 Kado untuk bayi yang baru lahir

Pemberian diapers maupun cloth diaper bisa disesuaikan dengan karakteristik si ibu. Jika ibu tersebut menyukai hal-hal yang praktis, bisa diberikan diaper untuk bayi ukuran S. Tetapi jika si Ibu adalah orang yang peduli terhadap lingkungan dan tidak masalah dengan cuci-mencuci pakaian, maka pilihan clodi adalah hal yang tepat.

16. Gendongan Bayi

Gendongan Bayi. 28 Kado untuk bayi yang baru lahir

Ada banyak sekali model gendongan bayi mulai dari baby wrap yang bentuknya seperti kantung kanguru, gendongan model biasa dengan tali sling, gendongan bayi di depan seperti tas ransel, dll. Berikanlah gendongan bayi yang nyaman digunakan dan bentuknya cocok untuk ayah si bayi karena benda ini akan sangat berguna terlebih lagi ketika sang ayah harus menggendok anaknya ketika sedang berada di luar. Pastikan si ayah tetap terlihat keren saat menggunakan gendongan ini bersama buah hatinya.

17. Celemek Bayi

Celemek Bayi. 28 Kado untuk bayi yang baru lahir

Baby bib atau biasa dikenal dengan celemek bayi digunakan untuk mencegah pakaian bayi kotor akibat terkena air liur atau tumpahan makanan. Model dan bentuk baby bib ini semakin beragam dan malah ada yang menyerupai scraf sehingga kadang dikira sebagai salah satu aksesoris fashion pada baju anak.

18. Stroller atau Kereta Bayi

Stroller atau Kereta Bayi. 28 Kado untuk bayi yang baru lahir

Stroller bayi ada yang bentuknya besar, lengkap untuk menyimpan banyak barang-barang kebutuhan bayi, ada pula yang bentuknya mini dan praktis hanya untuk dipakai jalan-jalan di mall. Pilihlah stroller untuk kado yang sesuai dengan kebutuhan si penerima.

Baca Juga:  Menu Diet Sehat dan Makanan Diet untuk Menurunkan Berat Badan

19. Car Seat

Car Seat. 28 Kado untuk bayi yang baru lahir

Kado berupa car seat umumnya jarang diberikan karena harganya yang lumayan mahal dan sering tidak berguna. Tetapi jika ibu itu yang baru melahirkan termasuk orang memiliki mobilitas tinggi dan nantinya sering bepergian bersama anak-anaknya, tidak ada salahnya memberikan car seat sebagai kado.

20. Baby Bather

Baby Bather. 28 Kado untuk bayi yang baru lahir

Dudukan untuk memandikan bayi ini cocok untuk bayi yang baru lahir hingga usia 9 bulan. Tetapi sayangnya barang ini tidak lagi berguna ketika bayi sudah bisa duduk dan mandi di dalam bak mandi bayi.

21. Bouncer

Baby Bouncer. 28 Kado untuk bayi yang baru lahir

Memiliki bouncer sangat membantu orangtua karena bayi merasa seperti digoyang atau diayun saat duduk di bouncer. Selama bayi di bouncer, Ibu dan Ayahnya bisa melakukan pekerjaan rumah lainnya dengan tenang.

22. Kursi Makan Bayi

Kursi Makan Bayi. 28 Kado untuk bayi yang baru lahir

Anak-anak harus diajarkan sedini mungkin untuk duduk tertib dan makan di meja makan bersama-sama anggota keluarga lainnya. Salah satu kado yang cocok diberikan adalah kursi makan bayi. Pilih kursi makan bayi yang bagiannya bisa dilepas sehingga apabila barang tersebut sudah tidak digunakan dapat dibongkar dan disimpan.

23. Baby Walker

Baby Walker. 28 Kado untuk bayi yang baru lahir

Baby walker jaman sekarang bentuknya sudah bermacam-macam. Ada model seperti mainan yang mempunyai pegangan dan bisa bergerak maju apabila didorong. Mainan ini bisa melatih anak untuk belajar berjalan dan menyeimbangkan tubuhnya. Tentunya

24. Playmat atau Karpet Bermain

Playmat atau Karpet Bermain. 28 Kado untuk bayi yang baru lahir

Bermain di playmat memang sangat menyenangkan khususnya untuk anak yang sudah mulai bisa tengkurap dan merangkak. Pilih playmat yang bahannya tebal tetapi lembut, sehingga ketika si kecil terjatuh, kepalanya tidak langsung terbentur dengan keras.

25. Mainan Anak

Mainan Anak Teether. 28 Kado untuk bayi yang baru lahir

Bayi bisa diberikan mainan yang merangsang perkembangan motorik dan sensoriknya. Pilih mainan bayi yang aman dan tidak membuat tersedak apabila mainan tersebut tidak sengaja masuk ke dalam mulut.

26. Empeng Bayi atau Pacifier

Empeng Bayi atau Pacifier. 28 Kado untuk bayi yang baru lahir

Penggunaan pacifier atau empeng bayi memang menuai pro dan kontra. Pastikan orangtua bayi akan bijak dalam menggunakannya sebelum kamu membelikan barang ini sebagai kado untuk anak mereka.

27. Micro Trike

Micro Trike Magic Stroller. 28 Kado untuk bayi yang baru lahir

Kursi dorong anak ini menjadi populer dalam beberapa tahun belakangan ini karena bentuknya yang lucu dan praktis digunakan. Stroller ini dapat digunakan untuk anak diatas 2 tahun yang sudah bisa duduk tegak. Banyak orangtua yang memilih Micro Trike dibandingkan stroller pada umumnya saat untuk membawa anaknya jalan-jalan di mall. Hal ini dikarenakan bentuk magic stroller ini yang ringkas dan tidak memakan tempat saat disimpan di dalam mobil.

28. Push Bike

Push Bike Sepeda Tanpa Pedal. 28 Kado untuk bayi yang baru lahir

Push bike atau disebut juga no pedal bike alias sepeda yang tidak bisa digowes adalah sepeda yang bisa digunakan oleh balita mulai usia 18 bulan sampai dengan 5 tahun. Sepeda ini memang didesain khusus tanpa pedal untuk melatih keseimbangan anak. Dengan berlatih menggunakan Balance Bike, anak tidak lagi membutuhkan sepeda roda tiga untuk belajar mengendarai sepeda.

Kado untuk Ibu yang baru melahirkan

Nah, itu tadi daftar barang yang bisa dijadikan kado untuk bayi yang baru lahir. Bagaimana dengan sang ibu? Tentunya ibu juga memerlukan kado yang berbeda. Berikut 10 barang yang bisa dijadikan kado khusus untuk ibu yang baru melahirkan.

1. Pembalut

Selama hampir 40 hari wanita yang baru melahirkan akan mengalami menstruasi, walaupun ada pula yang hanya berlangsung selama 2 minggu. Untuk itu stok pembalut untuk ibu yang baru melahirkan harus banyak. Tidak banyak orang yang kepikiran memberikan pembalut sebagai kado, oleh karena itu barang ini cocok sebagai kado yang anti mainstream untuk ibu yang baru melahirkan.

Baca Juga:  Foto-Foto Krim Pemutih Wajah Berbahaya

2. Breast pad

Sama seperti pembalut, stok breast pad ibu harus banyak terlebih lagi ketika masa cutinya sudah selesai dan dia mulai kembali bekerja di kantor. Pilihkan breast pad yang lembut dan tidak menimbulkan iritasi pada kulit.

3. Korset

Tentunya seorang wanita yang sudah melahirkan ingin bentuk tubuhnya kembali langsing seperti semula. Oleh karena itu sebagai teman yang baik, berikanlah korset untuk melangsingkan badan yang bahannya lembut dan nyaman dipakai sehari-hari.

4. Baju Menyusui

Tidak banyak pakaian yang dimiliki seorang wanita terutama yang busui friendly. Memberikan pakaian yang didesain khusus untuk ibu menyusui sangat diharapkan oleh ibu yang baru melahirkan. Pakaian tersebut bisa berupa kaos yang memiliki lubang tersembunyi untuk mengeluarkan payudara saat akan menyusui atau berupa gamis yang memiliki resleting di depan apabila temanmu seorang muslim yang memakai hijab.

5. Aromaterapi atau Essential Oil

Kamu bisa menghadiahkan essential oil starter kit yang berisi 10-12 minyak serbaguna untuk kebutuhan sehari-hari. Aromaterapi juga dapat membawa ketenangan dan membuat pikiran relax sehingga membuat jiwa ibu yang baru melahirkan semakin bahagia dan terhindar dari baby blues.

6. ASI Booster

Supplemen, jamu, dan susu khusus ibu menyusui diklaim dapat membuat produksi ASI menjadi banyak. Berikanlah ASI Booster ini sebagai hampers agar si ibu semakin bersemangat dalam meng-ASI-hi.

7. Makanan Enak Kesukaan Ibu

Sebenarnya makanan yang membuat produksi ASI menjadi melimpah adalah makanan apapun yang membuat ibu senang dan bahagia. Bawakanlah temanmu makanan kesukaannya saat berkunjung ke rumahnya sebagai alternatif kado selain berupa benda.

8. Voucher Menginap di Hotel

Ibu yang baru melahirkan tidak luput dari yang namanya stress. Stress yang tidak dikelola dengan baik dapat memicu terjadinya baby blues. Berikanlah kado berupa voucher menginap di hotel yang tenang, family friendly dan membuat rilex pikiran ibu. Sesekali menikmati liburan bersama keluarga akan membawa dampak yang sangat signifikan untuk psikologis ibu yang baru melahirkan.

9. Skincare dan Kosmetik yang Aman untuk Ibu Menyusui

Siapa wanita yang tidak ingin cantik? Namun sayangnya ibu hamil dan menyusui terpaksa harus menunda untuk mempercantik dirinya karena tidak yakin apakah skincare dan kosmetik yang akan digunakan aman untuk tidak. Carilah skincare yang aman untuk ibu menyusui sebagai kado agar ibu yang baru melahirkan tersebut bisa tetap merawat dirinya sendiri selagi fokus merawat buah hatinya.

10. Paket Perawatan Rambut Rontok

Salah satu hal yang paling sering terjadi saat menjadi seorang ibu adalah rambut akan menjadi rontok. Itu adalah hal yang wajar, tetapi tidak sedikit wanita yang merasa khawatir. Memberikan produk-produk untuk mengatasi kerontokan rambut seperti shampoo, hair tonic, hair serum hingga masker rambut yang aman untuk ibu menyusui bisa menjadi alternatif pilihan hampers untuk ibu yang baru melahirkan.

Kesimpulan

Mengingat harga barang-barang ini cukup mahal, kamu juga bisa mengajak teman-teman  mengumpulkan uang secara patungan untuk membeli kado.

Sementara itu dulu daftar barang yang bisa diberikan sebagai kado untuk bayi yang baru lahir dan ibu yang baru melahirkan.  Nanti jika ada tambahan akan aku update secepatnya.

Sebenarnya aku ingin menambahkan produk seperti detergen dan pelembut pewangi pakaian, hehehe.. maklumlah cuciannya orang yang baru mempunyai bayi adalah lima kali lipat lebih banyak daripada orang normal.

Tetapi kado yang sangat dibutuhkan ibu adalah seorang pembantu rumah tangga atau baby sitter. Seorang asisten rumah tangga akan menjadi kado pada level kasta tertinggi diantara banyak kado yang telah diberikan :)

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Foto Keluarga di Pantai
Read More

7 Konsep Foto Liburan di Pantai

Walaupun bukan musim liburan, tetapi nggak ada salahnya posting tentang rencana liburan di musim panas ini. Indonesia memang…
Read More