Mengatasi Kebingungan Membersihkan Rumah dengan Template Deep Cleaning Schedule dalam Bahasa Indonesia

Ibu rumah tangga bukanlah babu, dan aku setuju. Tetapi ada hal-hal yang rasanya lebih puas kalau kita sendiri yang mengerjakannya seperti deep cleaning rumah sebulan sekali. Walaupun menggunakan jasa bersih-bersih rumah online lewat aplikasi, minimal kita sendiri yang menjadi mandornya dan tahu harus mulai darimana.

Bersihkan rumahmu secara menyeluruh minimal 1 bulan sekali. Aku sudah membuat jadwal bersih-bersih yang dapat diedit dan dicetak untuk membantumu mengatasi sifat malas agar rumahmu bisa lebih nyaman untuk ditempati.

Template Deep Clean Schedule dalam Bahasa Indonesia

Template ini menggunakan Canva dan gratis untuk diedit dan diprint. Tempel di pintu kamarmu sehingga setiap kali mau masuk kamar, kamu sudah tahu dan tidak bingung lagi besok mau melakukan apa.

Untuk beberapa tempat seperti kamar tidur, dapur dan kamar mandi, jika malas melakukannya sendiri, kamu bisa menggunakan jasa aplikasi bersih-bersih online yang dibayar per jam. Hasilnya jauh lebih bersih dan detil karena mereka professional. Kita juga tidak capek dan hanya perlu mengawasi saja. Jika tidak mempunyai mesin cuci, maka bisa menggunakan jasa laundry sebulan sekali untuk mencuci selimut dan sprei.

Cara menggunakan template ini cukup mudah, cukup berikan tanda checklist pada kegiatan yang sudah dilakukan.

DEEP CLEANING SCHEDULE BAHASA INDONESIA

Karena kebutuhan orang berbeda, template ini tidak mencatat hal detil yang harus dilakukan, tetapi garis besarnya saja spot mana saja yang harus dibersihkan. Template ini juga bisa diedit, maka tempat yang akan dibersihkan menyesuaikan dengan kebutuhanmu dan isi rumahmu.

>> Edit template ini di Canva <<

Jadwal Rutin Harian

Pekerjaan wajib yang biasanya aku lakukan sebagai ibu rumah tangga adalah menyapu, mengepel, dan mencuci piring setiap hari. Aku hanya mencuci baju dan menyetrika dalam dua hari sekali. Jadwal rutin harian ini membuatku kelelahan. Akibatnya pekerjaan dilakukan seadanya dan tidak terlalu sempurna, yang penting selesai.

Jadwal Rutin Mingguan

Berhubung rumahku tidak begitu besar dan aku tidak memiliki taman, sehingga seharusnya deep clean house bisa dilakukan 1 bulan sekali. Deep Cleaning ini biasanya disertai dengan decluttering atau menyortir barang-barang di rumah yang tidak terpakai untuk dibuang atau diberikan kepada orang lain.

Contoh deep clean minggunan adalah: membersihkan kamar mandi, mencuci handuk, mengganti sprei, merapihkan isi lemari, membersihkan meja rias, menata rak buku, dll.

Manfaat Melakukan Deep Cleaning Rumah Sebulan Sekali

Deep cleaning rumah sebulan sekali memiliki beberapa manfaat penting, termasuk:

Menghilangkan Kotoran yang Sulit Dihapus

Deep cleaning memungkinkan kamu membersihkan kotoran dan noda yang mungkin tidak terangkat selama pembersihan rutin.

Mencegah Penumpukan Debu

Membersihkan sudut-sudut rumah yang jarang terjamah dapat membantu mengurangi penumpukan debu dan alergen, menjadikannya lebih sehat untuk pernapasan. Kegiatan ini walaupun dilakukan sebulan sekali dapat membantu mengurangi pertumbuhan jamur, bakteri, dan virus, meningkatkan kesehatan lingkungan di dalam rumah

Pemeliharaan Barang-Barang Rumah Tangga

Merawat dan membersihkan perabotan serta barang-barang rumah tangga secara teratur dapat memperpanjang umur pakai dan dapat membantu mencegah kerusakan struktural yang mungkin timbul karena kelembaban atau kelembaban terakumulasi

Meningkatkan Kesehatan Mental

Deep cleaning adalah salah satu terapi untuk self-healing yang saat ini sering diterapkan oleh banyak orang. Rumah yang bersih dan teratur dapat menciptakan lingkungan yang lebih menyenangkan, yang dapat berkontribusi pada kesejahteraan mental dan emosional.

Kesimpulan

Melakukan deep cleaning kedalam rutinitas bulanan dapat membantu menjaga rumah tetap bersih, sehat, dan nyaman untuk ditinggali. Jadi, tunggu apa lagi. Segera download templatenya dan mulai bersih-bersih rumah sekarang.

3 comments
  1. Bener dah. Kadang ya, aku tuh kerja sama dengan adik untuk urusan bersih-bersih rumah. Tapi emang kayak ada aja gitu yang kurang kalau dikerjain adik. Makanya, aku memang lebih puas buat ngerjain sendiri. Kayaknya, bikin schedule begini memang cucok deh. Templatenya cakep. Pasti lebih semangat juga ngerjainnya.

  2. dulu saya suka lihatin cleaning service di kantor suka buat ceklis untuk kebersihan, terus saya terapkan juga di rumah, saya buat jadwal harian, mingguan, dan juga bulanan, alhasil terbiasa membersihkan rumah sendiri, dan template deep cleaning schedule ini bagus banget pastinya, kita punya jadwal even nanti yang bersihin bisa orang lain seperti memakai jasa bersih-bersih tapi sudha tahu apa saja yang harus dibersihkan, sangat bermanfaat mba artikelnya

  3. Wah ada jadwal deep cleaning gini terorganisir banget deh. Iya jadi membantu kita fokus ya dan terstruktur dalam membersihkan rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like