Pesan Taxi Online di Bandara Juanda Surabaya

Musim liburan seperti lebaran, natal dan tahun baru banyak dimanfaatkan oleh orang untuk mudik ke kampung halaman atau sekedar liburan. Biasanya kalau sudah musim liburan seperti ini, bandara akan ramai. Aku mau sekedar cerita tentang bagaimana memesan taxi online bandara juanda (uber, gocar dan grab) yang katanya nggak boleh pesan taxi online di sana.

Hal yang paling aku benci kalau pergi ke Surabaya ketika naik pesawat adalah transportasinya menuju dan keluar dari bandara. Di Jakarta, transportasi dari dan ke bandara soekarno-hatta itu sangat mudah dan banyak. Taxi konvensional tarifnya rasional, tarif bawah. Kamu bisa pakai taxi bluebird, taxi express, taxiku, dll. Mau order taxi online di bandara soekarno hatta juga bisa, ngga perlu kucing-kucingan seperti di bandara Juanda.

Taxi Plat Hitam

Kalau pesan taxi plat hitam (taxi gelap) dari juanda ke tengah kota sidoarjo seperti ke Gor Sidoarjo, biayanya sekitar 110-125ribu. Mau lebih murah, bisa nego dengan bapak-bapak driver yang nawarin di pintu keluar kedatangan, selisih 10-20ribu dari taxi plat hitam resmi di dalam. Kalau kamu beruntung, kamu bisa dapat harga yang sudah termasuk parkir dan uang tol.

Tips: Nego sejelas-jelasnya, pastikan untuk masalah harga sudah deal sama-sama enak sehingga pada saat sampai ditujuan, si bapak driver tidak dongkol dan kamu dimaki-maki oleh beliau.

Read:  Daftar Upah Buruh 2013

Jujur aja, kadang ada rasa khawatir kalau dapat driver / supir taxi plat hitam bandara juanda yang tempramen dan nggak sabaran.

taxi online bandara juanda

Taxi Online Bandara Juanda

Surabaya ini memang benar-benar nggak berkutik, karena bandaranya dikuasai AL. Surabaya nggak akan bisa semaju Jakarta, semisal ada kereta commuterline khusus bandara atau sejenis transjakarta (namanya mungkin transsurabaya) khusus dari bandara juanda. Karena mata pencaharian taxi-taxi bandara ini akan terganggu apabila ada transportasi masal yang murah.

Beberapa driver taxi online bandara juanda ini memilih mematikan aplikasinya ketika sudah selesai mengantar penumpang ke bandara Juanda, karena takut tertangkap oknum driver taxi resmi bandara juanda, ataupun taxi gelap. Kalaupun ada yang berani stay di sana, pasti lokasinya jauh di luar terminal juanda.

Pada saat aku memesan taxi online bandara juanda (gocar), drivernya menyuruhku naik bus damri dulu keluar bandara dan turun di lokasi yang sudah ditentukan. Ada yang ngetem setelah pertigaan lampu merah, di sekitar kantor basarnas, dll pokoknya letaknya jauh sekitar 200-500 meter setelah gerbang keluar.

Pilih Mana, naik taxi online atau taksi bandara?

Nah, ini inti dari postinganku kali ini. Aku mau memberikan perbandingan.

Read:  Fenomena FOMO dan yang berakhir kecewa

Jika aku mengikuti saran dari driver taxi ojol, tarif gocar ke arah sidoarjo sekitar 70ribu. Tarif bus damri 25ribu. Total yang harus dikeluarkan adalah 95ribu.

Jika kamu SENDIRIAN dan tidak membawa banyak barang, ada baiknya kamu naik damri dari bandara kemudian baru pesan taxi online dari aloha atau waru.

Jika kamu ROMBONGAN atau lebih dari 4 orang, maka pesan taxi online percuma saja, malah biayanya lebih mahal. Damri 4 orang x 25ribu  = 100ribu. Ditambah biaya gocar 70ribu, maka totalnya 170ribu belum termasuk biaya tol dan tips untuk driver. Lebih mahal daripada tarif taxi plat hitam.

Tips: Jika kamu pergi rombongan atau barang bawaanmu banyak, lebih murah naik taxi plat hitam dari Juanda daripada naik taxi online.

Permohonan Maaf Kepada Driver Taxi Online Juanda

Untuk bapak gocar yang pernah aku cancel orderannya dari Juanda, aku minta maaf ya. Orderan pertama aku cancel karena driver taxi plat hitam mengancam akan membuat perhitungan dengan bapak kalau berani pickup aku. Jadi aku cancel sepihak.

Saat aku membuka layar HP aplikasi taxi online, seakan ada berpuluh pasang mata yang mengawasi. Bisa jadi yang mengawasi adalah para sopir resmi bandara. Si driver gak mau pergi walau kami bilang ‘tidak’, malah semakin mengancam awas saja kalau sampai pesan taxi online. Ya akhirnya mau tidak mau kami pakai jasa driver tsb karena sudah terlanjur ditawar.

Read:  MOS/OSPEK di Indonesia vs di Luar Negri

Tau sama taulah. Ada etnis / suku tertentu yang tidak menerima penolakan, apalagi setelah kita menaruh rasa ‘tertarik’ hingga menawar harga dan kemudian batal. Wah bisa bahaya. Bayangkan jika itu terjadi di dunia percintaan, sudah pacaran kesana kesini eh gak jadi nikah, wah bisa suram masa depanmu.

Saat aku cancel, eh gocar otomatis mencarikan driver baru dan memulai proses book. Wah aku kan jadi serba salah, aku ga mau pakai gocar lagi.

Si driver gocar rupaya juga kesal karena orderannya aku cancel. Beberapa kali driver gocar menelpon tapi dimatikan, ya karena aku  juga ga bisa nerima telpon bapak. Aku diinceng terus sama oknum driver taxi plat hitam tsb. Mohon maaf ya pak, kita sama-sama cari aman saja, untuk kebaikan bapak juga daripada bapak nanti juga kena sangsi dan digebukin masa.

Moga-moga rejekinya bapak gocar tetap lancar walaupun banyak tantangannya saat pickup customer di Bandara Juanda. Amin.

 

Leave a Reply

*