Autoblog Bangsat ala Sebagian Web Master Indonesia

Kali ini saya mau ngomel-ngomel singkat aja di blog tentang autoblog atau Auto Generate Blog (AGC). Sebelumnya saya sudah berkicau di twitter dan melakukan update status mengenai keluhan saya ini.

apa sih ini search engine jd ga akurat gara2 blog bangsat pk autoblog, dibuat tempat nyampah+iklan jd susah klo mau cari info yg bnr2 akurat. coba ketik di google “gaji supir pribadi di surabaya”, di halaman berapa kmu nemu informasi yg bener2 akurat ttg keyword yg kamu cari?

Gimana nggak kesal coba, beberapa tahun belakangan ini susah sekali mencari informasi yang benar-benar akurat dari search engine seperti Google, Yahoo, dll. Mesti buka halaman berikutnya.. berikutnya… berikutnya.. sampai gila baru ketemu informasi yang didapat.

Semua ini berawal dari era WordPress yang semakin jaya dan ditemukannya plugin autoblog atau plugin apalah semacamnya yang membuat kita dengan mudah membuat blog yang isi (postnya) diisi secara otomatis akhirnya menghasilkan alexa rank yang rendah (kalau alexa, ranknya semakin rendah itu semakin bagus karena otomatis visitor atau pengunjung laman itu semakin banyak). Tapi pada kenyataannya, visitor yang mengunjungi laman itu lebih sering TERTIPU daripada mendapatkan data atau informasi yang sesungguhnya.

Ok, sekarang kita ambil contoh nich, coba klik “gaji supir pribadi di surabaya”

dan hasilnya adalah sebagai berikut…

blog agc auto generate content

Saya sangat terkejut!!! Mengapa tidak ada satupun artikel yang membahas atau memberikan saya informasi tentang berapa gaji supir di surabaya. Okelah.. anggap saja mungkin karena saya menggunakan tanda kutip di mesin pencarian  atau memang tidak ada orang yang benar-benar membahas keyword yang saya cari secara mendetail. Bagaimana kalau percobaan kedua ini:

gaji supir pribadi di surabaya

dan hasilnya adalah…

blog auto generate content

Sedih saya.. hingga beberapa halaman ditelusuri hasilnya yang keluar adalah website-website yang menggunakan autoblog :(

Tega banget sich webmaster dari blog autoblog tersebut! Menyesatkan orang. Untungnya saya pintar, jadi saya bisa melihat mana website yang palsu (autoblog bangsat), mana website yang asli. Webmaster autoblog ini pinter, sok pinter, keminter atau sebenarnya goblok sich! Dengan tujuan optimize blog lah, monetize blog lah agar bisa menghasilkan pundi-pundi dollar yang melimpah, dll. Wah, makan tuh uang haram!

Coba bayangkan ada anak sekolahan yang mencari referensi untuk tugas sekolahnya, pada akhirnya mereka akan frustasi dan kesulitan mencari bahan atau informasi yang mereka butuhkan. Beberapa tahun lalu saya dengan mudahnya mencari informasi untuk bahan skripsi/TA saya, sekarang? Hanya untuk referensi tulisan ringan saja di blog sudah disesatkan seperti ini.

Sebenarnya tujuan autoblog itu bagus, kalau webmasternya juga pinter menggunakannya. Tapi pada kenyataanya autoblog bangsat banyak ditemukan di website atau blog-blog yang dibuat oleh anak negri Indonesia. *sigh* sungguh memalukan.

Saya sendiri menggunakan autoblog, tetapi bukan seperti itu. Autoblog di sini adalah settingannya AMA. Walaupun minim pengunjung, tetapi orang yang menemukan blog saya bukan orang yang tersesat, tidak menyebarkan iklan baris, mengaRsip hasil pencarian terdahulu lalu dibuat page seperti yang dilakukan oleh autoblog2 bangsat, dll

Ah sudahlah.. mau bagaimana lagi. Pemilik blog sesat sudah merajalela di Indonesia. Ini benar-benar menyalahi kode etik seorang web developer (emang ada ya? #sotoyahgue). Melaporkannya ke Google? Ah.. ini sama saja melarang peredaran situs porno di internet, gak akan pernah ada habisnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like