Transaksi Non Tunai di Mesin EDC GoPay Pada SheBrews Dinoyo

Tahun ini aku berkesempatan untuk road trip lagi bersama keluarga. Selama diperjalanan tentunya kami menyempatkan diri untuk singgah ke suatu kota untuk sekedar beristirahat dan melepas lelah. Selain itu, tidak lengkap rasanya untuk tidak mencoba kuliner yang lagi ngehits di kota tersebut. Salah satu tempat yang  aku kujungi adalah SheBrews yang berlokasi di Jl. Raya Dinoyo No. 20I Surabaya.

Pada saat akan membayar pesanan es kopi SheBrews, ternyata prosesnya fleksibel banget karena mereka sudah menggunakan Mesin EDC GoPay SPOTS. Jadi, mereka bisa menerima pembayaran dengan metode apapun seperti GoPay dan Kartu Debit dengan satu perangkat kasir yang sudah terintegrasi langsung dengan mesin EDC.

SheBrews Dinoyo Surabaya

SheBrews Dinoyo Surabaya
SheBrews Dinoyo Surabaya

Alamat SheBrews Dinoyo Surabaya, dekat dengan Universitas Katolik Widya Mandala dan Cocari.

Kebetulan aku kenal dengan salah satu Pemilik SheBrews Surabaya ini, dia adalah temanku sejak 10 tahun lalu. Berhubung dia sudah lelah bekerja seharian, kami tidak sempat bertemu dan diwakili oleh suaminya.

Ngobrol Bersama Pemilik SheBrews Dinoyo Surabaya
Ngobrol Bersama Pemilik SheBrews Dinoyo Surabaya

Biasanya barista kopi kebanyakan cowok, tetapi konsep dari SheBrews ini sangat unik, karena semua baristanya wajib perempuan, semuanya cantik seperti mbak ini.

Barista SheBrews Dinoyo Surabaya
Barista SheBrews Dinoyo Surabaya

Menu Minuman di SheBrews

Ada lebih dari 30 varian rasa yang wajib dicoba. Waktu itu aku mencoba 3 varian

  • Brown Sugar Milk Coffee Rp 18.000
  • Strawberry Sakura Boba Milk Rp 28.000
  • Brown Sugar Boba Milk Tea Rp 20.000

Rasanya pas, nggak berubah jadi ambyar ketika semua es sudah mencair, dan yang paling aku suka bobanya empuk dan isinya banyak. Seandainya aku tinggal di Surabaya lebih lama, mungkin aku akan nyobain semua varian rasanya agar tidak penasaran.

Baca Juga: Aneka Varian Pastry ala Prancis di Paul Pacific Place, Bikin Penasaran

Varian Rasa Minuman di SheBrews
Varian Rasa Minuman di SheBrews
SheBrews Boba Milk Tea dan Strawberry Sakura Boba
SheBrews Boba Milk Tea dan Strawberry Sakura Boba

Mesin EDC Gopay

Oh iya, tadi aku menyinggung sedikit tentang SPOTS. Apa sih SPOTS itu? Spots adalah aplikasi kasir online (Sistem Point of Sale) untuk mengelola pesanan. Produk ini ditujukan untuk UMKM hingga pemilik franchise untuk memudahkan transaksi mereka (seperti SheBrews Dinoyo ini). SPOTS merupakan bagian dari grup perusahaan Gojek. Mesin EDC ini sudah digunakan oleh lebih dari 15.000 outlet di seluruh Indonesia.

Mesin EDC GoPay Spots
Mesin EDC GoPay Spots

Mesin EDC dengan Kartu Debit

Tidak banyak merchant yang mengetahui bahwa mesin EDC SPOTS sekarang sudah bisa menerima pembayaran menggunaan semua kartu debit yang diterbitkan di Indonesia, salah satunya kartu debit BCA, Mandiri, CIMB Niaga, dll.

Cara Menggunakan Mesin EDC SPOTS sama seperti mesin EDC pada umumnya, tinggal masukan kartu debit lalu memasukan nilai transaksi yang ingin diproses. Setelah itu customer perlu memasukan PIN kartu mereka untuk proses verifikasinya. Hal ini sangat memudahkan customer yang ingin bertransaksi non tunai selain menggunakan Go-Pay. Untuk lebih jelasnya mungkin kamu bisa lihat video di bawah ini cara membayar menggunakan kartu debit pada mesin EDC Spots.

Cara Menggunakan Kartu Debit Tanpa Chip pada Perangkat EDC SPOTS

Setelah kamu memasukan data pesanan pelanggan pada halaman detail pesanan, tekan tombol pilih pembayaran lalu klik kartu debit. Jika kartu debit tidak menggunakan chip dan masih menggunakan magnetic card, gesek kartu dengan magnetic stripe menghadap ke dalam. Cocokan nomor kartu dengan nomor di layar, jika benar tekan tombol konfirmasi.

Persilahkan customer menekan PIN dan tekan enter. Secara otomatis perangkat SPOTS akan mencetak struk customer copy. Untuk mencetak struk merchant copy, klik tombol klik cetak struk. Secara otomatis perangkat spot akan mencetak resi untuk merchant dan satu buah resi transaksi berisikan detail pesanan untuk customer.

Cara Menggunakan Kartu Debit dengan Chip pada Perangkat EDC SPOTS

Prosesnya sama seperti tutorial di atas, hanya bedanya jika menggunakan kartu debit yang menggunakan chip, masukan kartu pada slot bawah diperangkat spots. Cocokan nomor kartu dengan nomor di layar, jika benar tekan tombol konfirmasi. Proses selanjutnya customer memasukan PIN dan melakukan cetak resi.

Keuntungan Menggunakan Mesin EDC SPOTS

Kemudahan Dalam Pengaturan Menu Produk

Dengan aplikasi spots, pemilik usaha dapat mengatur jumlah produk atau menu, foto, harga dan kategori sesuai kebutuhan. Dapat mengisi secara manual atau impor dari menu GoFood.

Menerima Pesanan Lebih Cepat

Untuk merchant yang sudah menjadi partner Go-Food, dengan adanya Mesin EDC Spots maka merchant akan mendapatkan notifikasi secara real-time setiap kali ada pesanan Go-Food. Untuk pemilik usaha yang selalu ramai, dengan adanya notifikasi ini akan memudahkan menyiapkan pesanan lebih awal bahkan sebelum driver datang. Hal ini juga disukai oleh para driver karena waktu yang diperlukan untuk menunggu pesanan selesai menjadi singkat.

Menerima Pembayaran Dengan Banyak Cara

Selain bisa menerima pembayaran menggunakan Go-Pay dan Kartu Debit, dalam beberapa bulan lagi, Mesin EDC GoPay ini bisa menerima pembayaran menggunakan kartu kredit. SPOTS merupakan mesin EDC pertama yang memiliki opsi melakukan pembayaran 3 macam ini.

Dapat Mencetak Resi Secara Instan

Berbeda dengan aplikasi kasir lainnya yang membutuhkan perangkat besar dan mahal. Perangkat dengan dengan layar sentuh yang lebar seukuran smart phone ini dilengkapi dengan printer. Sehingga dengan adanya aplikasi SPOTS ini sangat menghemat dari segala hal sehingga merchant tidak perlu membeli mesin tambahan untuk mencetak resi transaksi.

Kemudahan Dalam Melihat Laporan Penjualan

Dapatkan rekap pendapatan yang bisa kamu lihat melalui aplikasi atau email laporan harian yang dikirimkan kepadamu setiap hari.

Transaksi Non Tunai di Mesin EDC GoPay Pada SheBrews Dinoyo

Pada saat akan membayar pesanan es kopi di SheBrews, kasir hanya menyediakan opsi pembayaran menggunakan Go-Pay diperangkat SPOTS. Sedangkan apabila customer ingin bertransaksi menggunakan kartu debit, mereka menggunakan mesin EDC lainnya.

Sangat disayangkan, karena mereka belum tahu bahwa sekarang SPOTS sudah bisa menerima pembayaran mesin menggunakan kartu debit karena mereka sudah memiliki perangkat spots terbaru. Mungkin kedepannya merchant yang sudah tergabung bisa mencoba menerima pembayaran menggunakan metode pembayaran menggunakan kartu debit diperangkat EDC Spots mereka.

Proses Pembayaran Menggunakan Mesin EDC Gopay
Proses Pembayaran Menggunakan Mesin EDC Gopay

Proses Pembayaran Menggunakan EDC SPOTS Aplikasi Kasir Online

Proses Cetak Resi Menggunakan EDC SPOTS GoPay di SheBrews Dinoyo Surabaya
Proses Cetak Resi Menggunakan EDC SPOTS GoPay di SheBrews Dinoyo Surabaya
Nota Pembelian SheBrews Dinoyo
Nota Pembelian SheBrews Dinoyo

Kesimpulan

Buat kamu yang saat ini yang sedang merintis bisnis salah satunya dibidang kuliner, tidak ada salahnya menggunakan aplikasi kasir online dari Spots untuk mempermudah dalam mengelola bisnismu. Untuk yang bertanya bagaimana cara daftar SPOTS dan berapa biaya perangkat kasir dan Mesin EDC Gopay SPOTS: Biaya pendaftarannya cukup murah dan terjangkau, hanya Rp 490.000 biaya ini sudah termasuk dengan perangkat kasirnya sendiri. Lalu untuk biaya berlanganannya setiap hari hanya membayar Rp 4.900. Sedangkan pada saat menerima pembayaran ada potongan sebesar 1,2% untuk setiap transaksi menggunakan kartu debit yang berhasil atau potongan hingga 2% untuk transaksi menggunakan Go-Pay.

Lebih jelasnya, kamu bisa mengunjungi website SPOTS https://spots.co.id/ untuk informasi lebih lanjut!

Follow juga sosial media SPOTS:
Instagram: http://instagram.com/spots.id/
Facebook: https://www.facebook.com/spots.id/

24 comments
  1. Aku baru tau ada mesin EDC buat gopay.
    Wah.. selama ini aku kemana??? Hehe..
    Btw, pake gopay emang mudah banget ya kak, gak perlu takut kalo dompet ketinggalan. Cukup pake hape aja semua aman

  2. Aku beneran support banget deh mba kalo ukm mulai pake mesin edc kaya gini, jd praktis ga perlu repot sama uang kembalian dan catatan transaksi juga kan otomatis terekam. Sangat membantu bisnis ukm ini sih.

  3. Kereeeeeen. Benar-benar canggih anak-anak muda Indonesia sekarang menciptakan teknologi baru. Bank semakin tersaingi ini. Benar kata-kata CEO Citigroup yg bilang bahwa bank sekarang harus dikelola sebagai perusahaan IT berlisensi perbankan. Jika tidak, orang-orang akan semakin meninggalkan bank. Hehehe. Keren yaaaa EDC SPOTS-nya.

  4. Memang lebih enak kalau pakai SPOT, jika punya bisnis kuliner. Lebih praktis jadinya. Ga pelu rept urus kwitansi dan pembukuan. Sudah ada di sana. Harganya juga termasuk murah, menurut saya.

  5. Memudahkan sekali ya dengan EDC Spots ini. Tapi sepertinya butuh sosialisasi lagi agar banyak UMKM menikmati kemudahan aplikasi kasir spots ini. Karena saat seorang pelanggan tidak membawa cash, mereka bisa melakukanya dengan spots ini

  6. Unik juga konsep shebrew ini ya mba. Semua cewek baristanya. Soal harga juga ok. Pas di kantong. Apalagi kalo kita pake gopay.. lebih praktis karena mereka udah pake mesin EDC buat gopay

  7. Pantes namanya pakai She, ternyata memang ada maknanya ya, baristanya cewek semua.
    SPOTS ini bisa kasih notif kalau ada pesanan lewat gofood ya, bisa mempercepat prose’s nih, driver nggak perlu nunggu lama karena pesanan sudah disiapkan.

  8. Wah semakin praktis ya sekarang,, bayar transaksi dg mesin EDC Gopay aja di cafe²… Umm pingin nyoba juga ahh ntar hehe… Tfs yaa Mbak Brillinty

  9. wah keren banget niih EDS spot, karena sangat membantu dalam pengurusan pembayaran.. sangat di rekomendasikan untuk di bayar dengan yang lain

  10. ahh jadi ini alat yang sempat ditawarkan pada usaha warung makan ibu di rumah, tapi karena ibu saya gaptek jadi ga paham soal penawaran ini hehehe

  11. Asyik ya tempat ngopinya, bayarnya juga bisa pake gopay berkat mesin kasir Spots. Di saya masih jarang yang pake mesin kasir kayak gini. Kafe2 kopi kekinian juga gak banyak.

  12. Sekarang makin mudah aja emang, pergi kemana-mana ngga perlu tuh repot-repot bawa dompet, cukup pakai dompet digital aja.

  13. Perangkat ini lebih efektif jika diterapkan oleh semua pelaku UMKM di Indonesia. Selain prosesnya lebih singkat juga kemudahan dalam penggunaan

  14. Rasanya kemarin saya juga sempat pakai mesin EDC Gopay ini pas makan di suatu kafe di mal kota Padang. Mudah banget pakainya. Pas banget waktu itu ada saldo Gopay. Perkembangan teknologi pembayaran semakin bagus ya

  15. Ini keren banget deh inovasinya
    Transaksi jadi lebih mudah dan praktis dengan mesin EDC ini
    Btw itu usaha temennya mantap
    Baristanya cewek semua euy
    Kapan2 jadi pengen nyobain

  16. Bisa bae nih si owner nyari barista cewek semua,😂. Praktis ya kalo satu mesin pembayaran, mau pake Gopay bisa, kartu debit bisa, apalagi tunai…

  17. ternyata ada mesin gesek selain EDC yang aku liat sehari hari. Baru tau juga nih model yg EDC Spots, seandainya punya bisnis kecil2an pengen pakai ginian biar cashless juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Tas Coach Madison Graphic OP ART Maggie HANDBAG Purse Cherry 3
Read More

Foto-Foto Tas Coach Asli

Hari ini saya ulang tahun lho… serius! Moga-moga aja dengan menulis postingan ini ada yang sudi memberi saya…
Read More