Tips Memperbanyak ASIP (Air Susu Ibu Perahan)

Pengalaman ini aku dapatkan justru tepat pada saat anakku Nevan genap berusia 6 bulan, sudah lulus S1 ASI. Aku baru tau, bahwa selama ini ada cara atau trik untuk tetap bisa menyusui langsung tetapi stok ASIP (ASI Perahan) juga banyak.

Tapi kalau dengan cara seperti ini, insya allah Nevan bisa tetap ASI hingga 2 tahun. Tetap sehat, gak pernah sakit, dan juga hemaaaat..

Cara Memperbanyak Produksi Air Susu Ibu (ASI)

Produksi ASI masing-masing ibu berbeda sesuai dengan kebutuhan bayi mereka. Tidak jarang banyak ibu yang khawatir kalau produksi asinya tidak banyak sehingga tidak bisa ditabung untuk kebutuhan saat nanti sang ibu sudah mulai masuk kerja.

Beberapa cara untuk memperbanyak dan memperlancar produksi ASI, antara lain:

1. Meningkatkan frekuensi menyusui

Semakin banyak permintaan jumlah persediaan juga akan mengikuti sehingga semakin meningkat pula (hukum supply and demand). Oleh karena itu, ketika payudara ibu terasa kosong, maka otomatis payudara akan memproduksi dan juga mengeluarkan lebih banyak ASI.

2. Rutin memompa ASI

Ketika bayi sudah kenyang tetapi payudara masih kencang dan penuh, kamu bisa mengeluarkan ASI dengan cara dipompa. Hal ini bisa menjadi persediaan ASIP yang bisa digunakan ibu saat cuti kerja sudah selesai.

Baca Juga:  Kartu Kredit Cimb Niaga Dibobol

3. Menyusui dari kedua sisi payudara

Jangan membiarkan bayi menyusui hanya pasa satu sisi payudara saja. Karena selain akan membuat payudara kamu tidak simetris, kamu sudah menyia-nyiakan sumber ASI dengan tidak memanfaatkannya secara maksimal apabila bayi hanya disusui dengan sebelah payudara.

4. Makanan untuk meningkatkan produksi ASI

Ada beberapa makanan yang diyakini dapat memperbanyak produksi dan memperlancar ASI, yaitu: Makanan enak dan sehat yang disukai ibu dan membuat ibu bahagia.

5. Melakukan pijat payudara

@ID_AyahASI pernah mengatakan bahwa dengan memijat payudara dapat memperlancar produksi ASI. Pijat payudara juga ampuh untuk mencegah sekaligus meredakan nyeri, pembengkakan, mastitis, dan infeksi pada payudara.

6. Mengkonsumsi susu, supplemen dan jamu pelancar ASI

Para ibu menyusui mungkin sering melihat iklan susu booster ASI atau supplemen yang mengandung ekstrak tanaman tertentu yang mampu memperbanyak ASI. Semua itu baik dan layak dicoba. Tetapi hal ini hanya akan berhasil apabila juga melakukan 5 cara memperlancar ASI Perahan yang sudah aku sebutkan di atas.

Pengalaman Memperbanyak ASI Perahan

Tips Memperbanyak ASIP Air Susu Ibu Perahan

Pada saat melahirkan, produksi ASI (Air Susu Ibu) memang tidak langsung banyak, biasanya berlangsung beberapa hari, malah ada yang sampai 2 minggu. Nggak usah bingung, stress, pusing, dan langsung memutuskan untuk memberi bayi susu formula, oh no.. no..

Aku terus merangsang payudara supaya bisa mengeluarkan ASI, caranya dengan dipijat/massage dan dibelikan saja pompa ASI yang merk ternama, jangan yang abal-abal. Biasanya ada harga ada rupa, yang mahal enak dipakai, praktis. Memang harganya agak mahal diatas 300ribu, tetapi masih lebih murah jika dibandingkan beli susu formula selama 1 bulan.

Baca Juga:  Pengalaman Hidup Sebagai Seorang Thalasemia Minor

Kalau katanya @ID_AyahASI, si ibu harus bahagia pada saat menyusui, dan mendapat dukungan dari orang-orang sekitarnya. Percuma kalau kita sudah sepenuh hari ingin menyusui bayi tapi suami, orangtua, mertua menyuruh pakai sufor alias susu formula. Capedeh… kalau sudah begitu, pasang earphone tiap hari, hiraukan mereka, yang penting ASI! ASI itu gratis lho ibu-ibu.. lumayan daripada uangnya dipakai beli sufor, mending ditabung untuk kebutuhan lainnya, atau untuk memanjakan ibunya di salon.

Selama beberapa bulan aku mengkonsumsi sayur daun katuk, dan tabletnya juga tidak membuat produksi ASI-ku meningkat drastis, semua itu hanya sugesti.. bahkan mitos kali ya. Tapi yang pasti, sayur daun katuk itu banyak manfaatnya buat ibu, dan bisa membuat ASI lebih kental dan putih seperti susu UHT. Pengalaman pribadiku ketika mengkonsumsi daun katuk dan tidak, terlihat jelas perbedaannya.

Makan durian itu tidak membuat ASI menjadi lancar, bukan duriannya tapi efek happy, bahagia karena memakan durian lah yang membuat produksi ASI menjadi lancar. Intinya, senang! Gitu kayanya @ID_AyahASI

Makan apa saja boleh, selama porsinya wajar, yang penting bukan kuantitas tapi kualitas.

Tips Memperbanyak ASIP

Sip, kalau semua itu sudah dilakukan, sekarang Tips memperbanyak ASI secara teknisnya.

  • Siapkan pompa asi dan botol-botol yang sudah dicuci bersih, distrerilkan dalam wadah khusus di samping tempat tidur.
  • Dimulai dari jam 12 malam, pada saat bayi minta nenen, berikan satu sisi payudara saja untuk dikenyot, misalnya yang sebelah kiri saja. PD yang sebelah kanan, biarkan selama 3 jam untuk memproduksi ASI.
  • Setelah 3 jam, kurang lebih jam 3 pagi, pompa hingga kosong PD yang sebelah kanan yang tadi tidak dipakai untuk nenenin bayi langsung. Alhasil perahannya bisa mencapai 100ml lebih.
  • Lakukan lagi selama 3 jam berikutnya, yaitu jam 6 pagi. Jadi selama semalam ibu bisa mendapatkan 200ml ASIP yang bisa ditaruh di kulkas.
  • Sedangkan kalau siang, nenenin langsung saja. Kecuali kalau ibu adalah wanita yang bekerja. Kalau nggak bekerja, alias di rumah saja, sebisa mungkin bayi menyusu pada ibu secara langsung.
  • Kalau bekerja, setiap 3 jam pompa payudara. Biasanya sekali perah bisa mendapatkan 200ml, kalau setengah hari mulai jam 8 pagi hingga 5 sore bisa mendapatkan 6 botol ASIP @100ml. Lumayan kan..
Baca Juga:  Pengalaman Membeli SBR004

ASIP itu berguna pada saat kita ingin pergi meninggalkan bayi di rumah, atau pergi membawa bayi dan ingin tetap bisa memberikan ASI tanpa perlu buka-buka baju di luar, hehe..

Buat ibu yang melahirkannya secara operasi juga bisa tetap memberikan ASI walau kebanyakan sih kalau melahirkan secara operasi caesar itu ASInya nggak keluar. Tetapi dengan niat yang kuat, dibantu pompa asi, Insya Allah semua ada jalannya.

Semoga teknik memperbanyak ASI bisa berguna. Kalau ada info tambahan, silahlan komen di bawah ini ya..

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Pengalaman Berjualan di Etsy
Read More

Pengalaman Berjualan di Etsy

Pengalaman Berjualan di Etsy – Pernah mencoba mendaftar di Etsy tapi selalu kena review, gagal lolos listing pertama…
Read More