Spill total biaya mudik lebaran 2024 menggunakan tol trans jawa dari Jakarta ke Surabaya

Lebaran, momen yang dinantikan oleh banyak orang untuk berkumpul dengan keluarga dan merayakan bersama. Bagi sebagian orang, mudik menjadi tradisi yang tak tergantikan. Nah, bagi aku dan keluarga yang berencana mudik dari Tangerang ke Surabaya pada tahun 2024 ini menggunakan mobil pribadi melalui Tol Trans Jawa, berikut adalah total biaya mudik yang sudah kami habiskan.

Rincian biaya ini bisa kamu jadikan estimasi biaya yang nanti akan kamu keluarkan jika berencana menabung untuk mudik lebaran tahun depan.

Persiapan menabung untuk mudik ke kampung halaman

Berapa sih biaya yang diperlukan untuk membawa satu keluarga lengkap pulang kampung saat musim mudik lebaran? Tentunya memakan biaya yang tidak sedikit. Bahkan karena tingginya biaya untuk pulang kampung menemui orangtua atau keluarga, tidak sedikit yang akhirnya memutuskan untuk tidak jadi melakukannya karena terhalang biaya.

Jadi, berapa lama kita perlu menabung agar cukup untuk dipakai pulang kampung? Jawabannya relatif ya. Tergantung dari dimana lokasi kampung halamanmu, jenis transportasi yang dipakai, jumlah oleh-oleh yang akan dibeli, apakah ada rencana rekreasi atau tidak, dll. Tapi yang pasti, kita tidak cukup hanya mengandalkan THR atau gaji saja.

Berikut biaya pengeluaranku selama perjalanan mudik ke Surabaya.

Tarif Tol Trans Jawa 2024

Ada beberapa tarif ruas tol yang sudah naik tahun ini atau jelang mudik Lebaran 2024. Tarif tol Trans Jawa pada mudik Lebaran 2024 sedikit berbeda jika dibandingkan tahun lalu.

sumber: Okezone

Jalan Tol Trans Jawa terdiri dari beberapa ruas tol, di antaranya:

  1. Jakarta – Cikampek Rp 27.000
  2. Jakarta-Cikampek II Elevated Rp 119.000
  3. Palimanan – Kanci Rp 13.500
  4. Batang – Semarang Rp 111.500
  5. Semarang Seksi ABC Rp 5.500
  6. Semarang – Solo Rp 92.000
  7. Solo – Ngawi Rp 108.000
  8. Ngawi – Kertosono – Kediri Ro 98.000
  9. Mojokerto – Surabaya Rp 39.000
  10. Surabaya – Gempol Rp 9.000
  11. Gempol – Pasuruan Rp 39.000
  12. Gempol – Pandaan Rp 13.000
  13. Pandaan – Malang Rp 35.500

Berdasarkan gambar tarif tol trans jawa di atas, total biaya tol yang dikeluarkan untuk perjalanan Tangerang – Surabaya full via tol sebesar Rp 846.000

Biaya bensin mobil Jakarta – Surabaya

Sama seperti tahun sebelumnya, kami mudik ke Surabaya menggunakan mobil pribadi yang menggunakan bahan bakar mesin (BBM) Pertamax. Jika diestimasi, total yang yang sudah dikeluarkan untuk membeli bensin adalah Rp 1.000.000

Tetapi jika kamu mudik menggunakan bensin jenis Pertalite, maka estimasi biaya untuk BBM sebesar Rp 600.000 – Rp 700.000 untuk perjalanan sekali jalan dari Jakarta ke Surabaya.

Total biaya mudik

Setelah menghitung biaya transportasi di atas, jangan lupa dikali 2 karena kita akan melakukan perjalanan pergi pulang. Dari rincian tarif tol dan bensin, maka perkiraan biayanya mudik dari Tangerang ke Surabaya sebesar Rp Rp 1.692.000 (tol PP Tangerang-Surabaya) ditambah Rp 2.000.000, menjadi Rp 3.692.000. Itulah perkiraan biaya mudik yang terdiri dari tarif tol dan jenis BBM kendaraan yang dipakai.

Angka tersebut jangan dibuat mepet, dan lebih baik memiliki cadangan uang untuk hal-hal yang tidak terduga.

Tips tambahan mudik menggunakan kendaraan pribadi

  1. Sediakan banyak air minum dan makanan di dalam mobil.
  2. Memiliki lebih dari 2 kartu e-money/flazz untuk membayar tol. Isi masing-masing kartu dengan total biaya tol untuk pergi dan pulang. Lebih baik mengisi saldo lebih banyak daripada mepet agar tidak terjadi masalah saat melakukan tapping di pintu keluar tol dan tidak merugikan pengemudi lain.
  3. Beristirahatlah ketika lelah dan buang air kecil di rest area. Biasanya aku akan meminta suamiku berhenti di rest area besar seperti di rest area di semarang, rest area KM 456, rest area bekas pabrik gula brebes, dan beberapa rest area besar dan tidak terlalu ramai.

Kesimpulan

Mudik melalui jalur darat dengan menggunakan kendaraan pribadi sudah lama kami pilih sejak tahun 2018 semenjak anak keduaku berusia 3 tahun. Mengingat tarif pesawat dari Jakarta ke Surabaya lumayan mahal saat libur lebaran, oleh karena itu alternatif transportasi lain dipilih untuk menghemat biaya. Perbandingannya, jika mudik menggunakan pesawat biayanya sekitar 8-9 juta rupiah belum termasuk transportasi taxi dari dan menuju bandara.

Dengan estimasi biaya transportasi itu plus biaya makan di kampung halaman, biaya rekreasi, membeli oleh-oleh, memberi angpao/THR kepada keponakan, maka setidaknya total terendah membutuhkan Rp 7-8 juta untuk mudik. Yuk mulai dicicil nabung dari sekarang untuk persiapan mudik tahun depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like