Seru Banget! Liburan Sekolah Seminggu Penuh di Jakarta!

Halo, teman-teman! Liburan sekolah sudah tiba, nih! Bingung mau ke mana? Buat yang belum pernah sama sekali ke Jakarta, yuk coba menghabiskan seminggu penuh untuk berkunjung ke ibukota negara kita sebelum nanti pindah ke IKN. Kota ini punya segudang tempat seru buat dikunjungi. Dari yang penuh sejarah sampai yang penuh wahana seru. Yuk, simak itinerary liburan seru selama seminggu di Jakarta yang bakal bikin liburan kamu nggak terlupakan!

Itinerary 7 hari liburan sekolah di Jakarta

Itinerary 7 hari liburan sekolah di Jakarta
Liburan sekolah di Jakarta

Berikut adalah itinerary 7 hari ke tempat wisata populer di Jakarta yang bisa kamu coba.

NoNama Tempat WisataAlamatHTM (Harga Tiket Masuk)
1Monumen Nasional (Monas)Jl. Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta PusatRp 15.000 (dewasa), Rp 4.000 (anak-anak)
2Taman Mini Indonesia Indah (TMII)Jl. Raya Taman Mini, Jakarta TimurRp 25.000 (dewasa), Rp 15.000 (anak-anak)
3Dunia Fantasi (DUFAN)Jl. Lodan Timur No.7, Pademangan, Jakarta UtaraRp 200.000 (weekdays), Rp 295.000 (weekend)
4Sea World AncolJl. Lodan Timur No.7, Pademangan, Jakarta UtaraRp 85.000 (Senin-Jumat), Rp 105.000 (Sabtu-Minggu dan hari libur)
5Kebun Binatang RagunanJl. Harsono RM No.1, Ragunan, Pasar MingguRp 4.000 (dewasa), Rp 3.000 (anak-anak)
6Kota Tua JakartaJl. Taman Fatahillah No.1, Jakarta BaratGratis
7Planetarium JakartaJl. Cikini Raya No.73, Cikini, Jakarta PusatRp 12.000 (dewasa), Rp 7.000 (anak-anak)
8Jakarta Fair (PRJ)JIExpo Kemayoran, Jakarta PusatRp 30.000 (weekday), Rp 40.000 (weekend)
9Jakarta Birdland AncolJl. Lodan Timur No.7, Pademangan, Jakarta UtaraRp 60.000 (weekday), Rp 80.000 (weekend)
10Atlantis Water AdventureJl. Lodan Timur No.7, Pademangan, Jakarta UtaraRp 95.000 (weekday), Rp 125.000 (weekend)

Itinerary 7 Hari di Jakarta

HariNama Tempat Wisata
1Monumen Nasional (Monas) dan Atlantis Water Adventure
2Taman Mini Indonesia Indah (TMII)
3Dunia Fantasi (DUFAN)
4Sea World Ancol & Jakarta Birdland Ancol
5Kebun Binatang Ragunan
6Planetarium Jakarta & Kota Tua Jakarta
7Jakarta Fair (PRJ)

Hari 1: Eksplorasi Sejarah di Monas dan Berenang di Atlantis

Hari pertama, kita mulai dengan mengunjungi ikon kota Jakarta, yaitu Monumen Nasional atau yang lebih dikenal dengan Monas. Lokasinya strategis banget, di pusat kota. Tiket masuknya juga terjangkau, hanya Rp 15.000 untuk dewasa dan Rp 4.000 untuk anak-anak. Di sini, kita bisa naik ke puncak monas dan melihat pemandangan Jakarta dari ketinggian. Pastikan datang pagi agar tidak terlalu panas dan masih kebagian tiket untuk naik ke puncak monas. Jangan lupa foto-foto, ya! Selain itu, di dalam Monas juga ada diorama yang menceritakan sejarah Indonesia. Cocok buat nambah pengetahuan sambil liburan. Oh ya, jangan lupa bawa air minum karena area Monas cukup luas dan kamu pasti bakal banyak jalan kaki.

Baca Juga:  Liburan di Bali Villa Aramanis Seminyak

Setelah makan siang, kamu bisa melanjutkan untuk pergi berenang dan bermain air mengunjungi Atlantis Water Adventure di Ancol. Tiket masuknya Rp 95.000 untuk weekdays dan Rp 125.000 untuk weekend. Di sini, kamu bisa bermain air sepuasnya dengan berbagai wahana seperti kolam ombak, seluncuran air, dan lazy river.

Hari 2: Keliling Indonesia di TMII

Hari kedua, saatnya keliling Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Di sini kita bisa melihat miniatur dari berbagai rumah adat dan budaya dari seluruh penjuru Indonesia. Tiket masuk TMII juga cukup terjangkau, Rp 25.000 untuk dewasa dan Rp 15.000 untuk anak-anak.

Jangan lupa mampir ke Istana Anak-Anak Indonesia yang punya banyak wahana permainan. Ada juga museum dan teater IMAX Keong Mas yang nggak kalah menarik. Kamu bisa belajar banyak tentang kekayaan budaya Indonesia sambil bersenang-senang.

Hari 3: Bermain Seru di Dunia Fantasi (DUFAN)

Liburan tanpa ke DUFAN? Nggak lengkap, dong! Hari ketiga, kita akan seru-seruan di Dunia Fantasi yang berada di kawasan Ancol. Tiket masuknya memang agak mahal, sekitar Rp 200.000 untuk weekdays dan Rp 295.000 untuk weekend, tapi dijamin sepadan dengan pengalaman yang didapat.

Baca Juga:  Pesan Taxi Online GoCar / Grab di Bandara Juanda Surabaya

DUFAN punya banyak wahana seru yang bisa memacu adrenalin. Mulai dari Halilintar, Kora-Kora, hingga Tornado. Buat kamu yang nggak suka wahana ekstrem, tenang aja, ada juga wahana yang lebih santai seperti Istana Boneka dan Bianglala. Siapkan stamina dan baju ganti ya, karena pasti bakal main basah-basahan!

Hari 4: Berkenalan dengan Biota Laut di Sea World Ancol dan Bertemu Burung di Jakarta Birdland

Hari keempat, kita lanjutkan petualangan di kawasan Ancol dengan mengunjungi Sea World dan Jakarta Birdland. Di Sea World, kita bisa melihat beragam biota laut yang cantik. Tiket masuknya Rp 85.000 untuk weekdays dan Rp 105.000 untuk weekend. Seru banget, kita bisa belajar banyak tentang kehidupan bawah laut sambil melihat ikan-ikan berenang di akuarium raksasa.

Setelah puas di Sea World, kita lanjut ke Jakarta Birdland yang masih satu area dengan Ancol. Tiket masuknya Rp 60.000 untuk weekdays dan Rp 80.000 untuk weekend. Di sini, kita bisa melihat berbagai jenis burung dari seluruh dunia. Ada pertunjukan burung juga yang pasti bakal menarik!

Baca Juga:  Barang-barang yang tidak perlu dibawa saat travelling ke Korea

Jika masih ada waktu, kamu juga bisa menikmati piknik bersantai di tepi pantai Ancol saat sore atau sekedar naik gondola.

Hari 5: Bertualang di Kebun Binatang Ragunan

Hari kelima, saatnya bertualang di Kebun Binatang Ragunan. Lokasinya di Jakarta Selatan dan tiket masuknya sangat terjangkau, hanya Rp 4.000 untuk dewasa dan Rp 3.000 untuk anak-anak. Di Ragunan, kita bisa melihat berbagai macam hewan dari berbagai belahan dunia. Ada gajah, harimau, jerapah, dan masih banyak lagi.

Selain itu, di Ragunan juga ada Pusat Primata Schmutzer yang merupakan salah satu pusat primata terbesar di dunia. Jangan lupa bawa bekal dan piknik di area yang sudah disediakan. Asyik banget, deh!

Hari 6: Menjelajah Alam Semesta di Planetarium Jakarta dan Wisata Sejarah dan di Kota Tua Jakarta

Hari keenam, kita akan mengunjungi Planetarium Jakarta yang berada di Taman Ismail Marzuki. Tiket masuknya Rp 12.000 untuk dewasa dan Rp 7.000 untuk anak-anak. Di sini, kita bisa melihat pertunjukan tentang tata surya dan alam semesta. Cocok banget buat kamu yang suka dengan ilmu astronomi.

Sore hari bisa dihabiskan untuk mengunjungi tempat bersejarah di Kota Tua Jakarta. Di sini, kamu bisa jalan-jalan sambil menikmati bangunan-bangunan tua peninggalan Belanda. Jangan lupa mampir ke Toko Merah, Fatahillah Square, dan Pelabuhan Sunda Kelapa.

Setelah puas berkeliling, saatnya mencicipi kuliner khas Betawi yang ada di sekitar Kota Tua. Ada kerak telor, soto Betawi, dan es selendang mayang yang segar. Jangan lupa juga untuk menyewa sepeda ontel dan berkeliling di sekitar kawasan Kota Tua. Seru banget!

Hari 7: dan Seru-Seruan di Jakarta Fair (PRJ)

Hari terakhir, kita akan seru-seruan mengunjungi di Jakarta Fair (PRJ) yang berada di JIExpo Kemayoran. Tidak lengkap rasanya berkunjung ke Jakarta pada bulan Juni dan Juli tanpa berkunjung ke Jakarta Fair. Tiket masuknya Rp 30.000 untuk weekdays dan Rp 40.000 untuk weekend. Di PRJ, ada banyak stand pameran dari berbagai produk, kuliner, hingga hiburan. Kamu bisa belanja, makan enak, dan menikmati berbagai pertunjukan musik. Pasti seru banget! Bawa koper kecil ukuran kabin agar tidak pegal membawa barang belanjaan, karena pasti kamu kalap ingin belanja di sini.

Penutup

Nah, itulah itinerary seru selama seminggu di Jakarta. Dengan mengunjungi tempat-tempat ini, kamu bisa belajar banyak hal baru, menikmati berbagai wahana seru, dan pastinya, liburan kamu bakal penuh kenangan manis.

Jadi, tunggu apa lagi? Ajak keluarga dan teman-temanmu untuk menikmati liburan seru di Jakarta! Jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan setiap momen. Selamat liburan!

You May Also Like