Rekomendasi Menu Diet Untuk 7 Hari

Pada kesempatan ini aku mau berbagi pengalaman seputar tips menu makanan diet yang sudah dan akan aku masak untuk makan siang.

Motivasi Diet Sehat

Dalam setahun ini, aku merasa makin lama perutku makin membuncit, dari pinggang yang ukuran 72cm menjadi 88cm. Sungguh prestasi yang sangat membanggakan. Lalu aku ingat kalau selama ini aku jarang konsumsi buah, suka banget makan dan minuman yang manis. Hampir setiap malam setelah makan malam beli roti, terang bulan, roti bakar, dll. Pokoknya ngawur banget cara makanku.

Selama ini aku menutupi perut buncitku pakai baju model peplum dan celana high waist

Pantangan Selama Diet

Kalau mau maksimal, ada banyak banget pantangan makanan dan minuman selama diet. Itu sudah umum. Itu kalau kamu kepingin hasilnya maksimal lho ya.

Kalau prinsipku, selama memutuskan untuk diet ya patuhi pantangan. Gak bisa ditawar. Itu untukku sendiri. Setelah mendapatkan tubuh sesuai goal yang aku inginkan ya mau makan kue tart, makan kolak pisang ya gak masalah. Selama porsinya terkontrol gak akan balik melar lagi kok.

Tapi beda orang beda perlakukan, karena kan tubuh orang beda-beda. Bisa jadi ketika kamu memutuskan untuk diet, ternyata kamu masih boleh makan yang bersantan.

Pantangan umum selama diet antara lain:

  • No Gorengan / Makanan yang digoreng
  • No Kerupuk
  • No Keripik
  • No Santan
  • No Minuman manis (the manis, sirup, soda, boba, kopi susu, dll)
  • No Kue, Roti dan tepung-tepungan

Buah yang sementara aku dihindari:

  • Alpukat
  • Mangga
  • Kelapa
  • Pisang
  • Durian

Nah, kalau semua yang di atas itu dilarang trus makan apa dong?

Menu diet selama 7 hari

Jangan fokus ke hal yang dilarang/nggak boleh, fokuslah kepada hal lain yang diperbolehkan. Ada banyak banget makanan enak yang bisa digunakan untuk diet lho.

Contoh Menu Diet Sehat
Contoh Menu Diet Sehat. Inspirasi Menu Diet Yang Sehat Tanpa Santan dan Digoreng.
 SarapanMakan Siang
Hari ke-1Sandwich isi lettuce, kol ungu, putih telur rebus, saos tomatNasi putih
Capcay
Ayam teriyaki
Hari ke-2Roti gandum selai strawberry
Pepaya
Nasi putih
Ayam betutu
Plecing kangkung
Hari ke-3Apel
Jus Jambu tanpa gula
Nasi putih
Soto ayam
Hari ke-4Oats tanpa susuNasi putih
Ayam bakar
Lalapan
Sambal
Hari ke-5Roti gandum
Putih telur rebus
Nasi putih
Pepes ikan
Tumis sawi putih
Sambal
Hari ke-6Singkong kukus/rebusNasi putih
Suki/Shabu-sabu/steamboat
Sawi putih, jamur, pokcoy
Hari ke-7Ubi Cilembu PanggangNasi putih
Beef BBQ
Kimchi sawi

Tips sarapan:

Sarapan adalah wajib dan tidak boleh dilewatkan. Sarapan dilakukan mulai pl 06.00-09.00 setiap hari. Sarapanlah dengan menu yang sehat, murah, gampang dan tidak berat. Contoh lain inspirasi menu sarapan: buah-buahan, jus, kentang rebus, ubi rebus.

Tips makan siang:

Makan diusahakan harus lengkap dan kenyang agar sore hari tidak ada nafsu untuk ngemil. Boleh makan pakai nasi putih sekenyangmu, tidak perlu harus nasi merah yang rasanya tidak enak. Jujur, aku juga nggak suka nasi merah kok.

Snack:

Biasanya menjelang pukul 4-5 sore kita akan merasakan lapar. Ganti cemilan yang biasanya memakan kue, es boba, gorengan, ciki dll dengan buah-buahan. Bikin rujak pakai gula merah secukupnya juga boleh lho.

Tips makan malam:

Makan malam normal, cuma jangan berlebihan. Penuhi kebutuhan protein dan serat. Siapa bilang makan malam nggak boleh makan nasi, boleh kok.

Inspirasi Menu Diet Yang Sehat Tanpa Santan dan Digoreng.

  • Salmon
  • Sup Tahu Korea (sundubu jjigae)
  • Sop Ayam
  • Sayur Asem
  • Sop Daging tanpa susu atau santan
  • Sop Merah
  • Sate Ayam (Tanpa bumbu kacang. Boleh bumbu kecap)
  • Sate Taichan
  • Ikan Bakar (Ikannya tapi jangan digoreng dulu)
  • Beef Bulgogi
  • Beef Blackpapper
  • Ayam Asam Manis
  • Ayam Panggang
  • Ayam Kecap
  • Nasi Jagal
  • Ceker Mercon
  • Asem-asem Bandeng
  • Sapo Tahu
  • Kwetiau Siram
  • Segala sayur tumis-tumisan (kangkung, sawi, toge)
  • Tahu dan tempe (kukus/oven)
  • Sei Sapi (tanpa diolah lagi pakai minyak)
  • Nasi goreng dan mie ayam boleh sesekali saja.

Nanti akan aku update lagi kalau sudah menemukan menu baru yang bisa dijadikan menu diet.

Selamat dicoba teman-teman, minimal lakukan 7 hari dulu. Perubahannya memang tidak instan, tapi bisa turun 1-2 kg dalam 1 bulan dan lingkar pinggang menyusut adalah suatu prestasi. Kalau sudah berhasil, bisa dilanjutkan hingga menjadi gaya hidup sehat.

6 comments
  1. perut buncit emang bikin nggak PD dan agak risih yaa. setelah baca ini wah enak yaa meskipun diet tapi nggak nyiksa. makan pun tetep enak kek berasa nggak diet aja. makasih ya kakak udah dikasih rekomendasi menu diet lengkap sampai seminggu. ini sih wajib dicoba

  2. Pas banget aku mampir sini
    Emang lagi pengen diet, cuma bingung makannya seperti apa
    KLO AQ emang sudah mengurangi nasi sih
    Pagi biasanya sarapan buah, malam hanya protein
    Tapi lama lama bosen
    KLO ada contoh menu seperti ini, bisa dicoba deh
    Biar g bosan
    Makasih ya inspirasi nya

  3. wah pas banget nih mbak aku juga sebulan ini lagi berusaha mengubah pola makan dengan mengurangi gula, gorengan dan tepung. menunya bisa jadi contekan nih buat makan harian nanti

  4. SEMANGAT Mbak Anti, aku per-Januari ini juga ikut program lebih sehat alias diet. Selain menghindari gorengan dan terigu yang selalu membersamai di kehidupan kita ternyata olahraga memang penting banget. semangat sehat lahir batin ya mbak!

  5. Melihat daftar menu makanan yang harus dimakan untuk menerapkan diet sungguh membuat khawatir isi dompet, untuk sarapan pun biasanya masih nasi uduk, jadi ya wajar saja kalau sekarang saya susah untuk diet hahahaha palingan untuk mengimbanginya adalah dengan olahraga

  6. Aku catet menu larangannya dulu..
    nanti balik lagi buat catet rekomendasi menu diet.
    Aku juga pengen kurus…hihii…langsing, maksudnya. Dan sehat..
    Selama ini yang aku lakukan cuma mengurangi porsi makan, tapi ketika sesekali bertemu makanan yang enak, langsung lupa diri lagi. Hiiks~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like