Pertimbangan Saat Memperpanjang Domain

Jika kamu memiliki blog PBN atau website toko online yang jumlahnya lebih dari dua, maka setiap tahun kamu harus memperpanjang domain tersebut, betul kan? Jika kamu gagal memperpanjang mungkin karena lupa atau memang tidak ada biaya, maka domain akan terlepas ke pihak lain dan sulit untuk mendapatkannya kembali terlebih lagi jika domain tersebut memiliki nama yang unik.

Bisa saja kamu membelinya lagi setelah domain tersebut dinyatakan expired, namun harganya biasanya bisa 10x lipat lebih mahal daripada saat kamu memperpanjang atau membeli domain baru.

Nah, menurut pengalamanku sebagai peternak domain, ada beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan kapan domain yang kamu miliki wajib diperpanjang atau tidak alias dibiarkan hangus saja. Berikut beberapa hal yang menjadi pertimbangan saat memutuskan untuk memperpanjang domain.

3 Alasan Memperpanjang Domain

  1. Nama domain yang unik
    Salah satu pertimbanganku memiliki banyak online shop atau blog adsense adalah ya agar mendapatkan passive income per bulan. Biasanya saat pertama kali membeli domain, hal yang dicari adalah memiliki nama yang unik dan mudah diingat. Jika nama domainnya jelek atau tidak bagus, jangan ragu untuk langsung membuangnya.
  2. Jumlah visitor web per bulan
    Apabila domain yang dimiliki jumlah pengunjungnya lebih dari 50 orang per hari, biasanya hal itu bisa menjadikan pertimbangan untuk tetap memperpanjang domain.
  3. Domain masih menguntungkan
    Sejelek-jelek nama domain, visitornya pun kurang dari 50 orang per hari tetapi jika masih mendapatkan endorse, paid promote atau ada produk yang terjual melalui domain tersebut serta keuntungannya bisa untuk perpanjangan domain 1 tahun, ya lebih baik dipertahankan saja.

Kuis Pendukung Pengambilan Keputusan

Pertimbangan Saat Memperpanjang Domain

Berikut beberapa pertanyaan yang harus kamu jawab saat bingung memutuskan untuk memperpanjang domain atau tidak. Hasilnya adalah berupa kesimpulan keputusan yang nantinya bisa kamu ambil.

  1. Apakah domainmu masih menghasilkan uang seharga biaya perpanjangan domain dalam 12 bulan terakhir?
    a. Ya
    b. Tidak
  2. Apakah domainmu memiliki nama yang YANG BENAR-BENAR unik atau sering dicari oleh visitor? Misal nama brand / namamu sendiri yang sudah terlanjur terkenal.
    a. Ya
    b. Tidak
  3. Apakah domainmu masih memiliki jumlah visitor yang banyak dan stabil? (minimal 50 orang per hari)
    a. Ya
    b. Tidak
  4. Apakah domainmu menggunakan plugin dan theme berbayar?
    a. Ya
    b. Tidak
  5. Apakah memiliki domain dengan domain authority yang bagus menjadi pertimbanganmu
    a. Ya
    b. Tidak

Nilai Jawaban YA = 2

Nilai Jawaban TIDAK = 1

Jika total score >= 9 maka DOMAIN SEBAIKNYA DIPERPANJANG

Jika total score <= 8 maka DOMAIN TIDAK DIPERPANJANG

Sebagai contoh, pada tahun 2020 aku membeli 3 domain untuk dibuat toko online. 2 domain / toko online itu bisa menghasilkan keuntungan walaupun hanya terjual 3-5 barang dalam setahun. Walaupun begitu, keuntungan menjual 1 barang sudah bisa memperpanjang domain selama 1 tahun.

Ada 1 domain / toko onlineku yang sama sekali tidak menghasilkan $$$ hingga menjelang expired. Walaupun aku cukup menyukai nama domainnya, tetapi kalau tidak menghasilkan cuan ya buat apa? Hanya akan menjadi beban apabila terus diperpanjang.

Ada pula domainku yang lain yang secara keuntungan ya dibilang tidak menguntungkan. Tidak ada pemasukan dari sponsored post atau iklan karena memang blognya tidak dimonetasi. Namun anehnya walaupun tidak profitable dan visitornya juga sedikit, setiap tahun domain tersebut tetap ku perpanjang. Alasannya karena nama domain tersebut memakai namaku dan namanya unik. Aku tidak mau orang lain memiliki nama domain tersebut, oleh karena itu sebisa mungkin domainnya akan tetap aktif walaupun isi blognya tidak ada. Hehe..

Lebih Baik Transfer Domain Daripada Renew

Tips terakhir sebagai penutup. Apabila kamu memiliki ekstensi domain yang unik seperti milikku .info yang biaya perpanjangan domainnya lumayan tinggi, maka sebaiknya kamu mencari info alternatif biaya untuk memindahkan nama domainmu ke tempat lain.

Biasanya biaya transfer domain kepada registrar lain jauh lebih murah daripada memperpanjangnya. Jika hanya memperpanjang 1 domain dengan ekstensi unik mungkin tidak masalah. Tetapi apabila memiliki lebih dari 10 domain, maka pertimbangan memilih registrar dengan harga domain terendah adalah solusi cerdas. Lumayan lho selisih harganya, bisa untuk membeli domain baru.

Jadi, apakah kamu punya pengalaman memperpanjang domain?

9 comments
  1. Wah..jawaban kuisku pas 9..jadi masih wajar untuk diperpanjang domainnya, dong..hehe.. Yaiyalah..lha wong blogku ya cuma 1 itu..hihi.. Tapi terima kasih tipsnya ya..

  2. kalau saya pasti yes sih, bahkan di blog kedua pun yang cuma diupdate kalau ingat doang tadi iseng ikut kuisnya dan hasilnya adalah 9, klo blog kedua itu mah sekali dapat job aja udah bisa buat perpanjang sampe 1 windu a.k.a 8 tahun, hehehh :D

  3. Alhamdulillah masih 9 bolehlah diperpanjang. Wah, aku baru tau tentang transfer domain sama lebih baik transfer daripada renew. Makasi infonya mba. Hebat mba bisa ngurusin >1 domain, 1 aja buat aku udah alhamdulillah hehe

  4. AKu masih layak diperpanjang mba hahaha karena emang cuman 1 doang, iya juga ya mba berkaca dari pengalaman mba web 1nya ga nguntungin meski nama unik ya mending ga perpanjang yah..

  5. dududu… ada soal yang aku nggak yakin dengan jawabannya. Membuat nilaiku kurang dari 8. Wow, apakah itu berarti domainku nggak perlu diperpanjang. Tapi, aku sayang sih.

    Tapi, bener juga lho. Kalau misalkan domainnya sudah dianggap nggak menguntungkan, maka ada baiknya transfer saja alih-alih memperpanjang. Hehehehe…

  6. Wah, Alhamdulillah, jawaban kuisnya saya Ya semua. Ya, memang kebutuhan dan domain yang saya punya bisa menghasilkan meskipun receh 😂😂😂

  7. aku perpanjang terus mbak soalnya ini doang blog yang pakai domainnya. hihi. salut deh sama mereka yang bisa ternak blog karena kan harus mikirin juga itu blognya diisi apaan

  8. Alhamdulillah, dapet skor 9 dan memang dua domain utama beneran dijaga dengan serius perpanjang setiap tahun.
    Bismillah, semoga selalu disemangatkan untuk terus produktif blogging. Aamiin

  9. Banyak juga ya ternyata pertimbangan buat memperpanjang domain buat yang punya banyak website. Aku karena cuma mempunyai satu website gak pernah mikirin hal ini. Toh, satu blog aja ya mau gak mau diperpanjang dong.

    Tapi setuju sih, kalau kita ternak blog, keuntungannya mesti banget dipikirin. Jangan ampe ego mempertahankan semua domain malah bikin biaya membengkak.

Comments are closed.

You May Also Like