Peran orangtua dalam keberhasilan anak diterima PTN jalur SNBP

SNBP adalah singkatan dari “Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi” Ini adalah sistem seleksi yang digunakan oleh perguruan tinggi negeri di Indonesia untuk menerima mahasiswa baru. SNBP bertujuan untuk memberikan kesempatan yang lebih adil bagi semua calon mahasiswa berprestasi akademik dan/atau non-akademik untuk dapat masuk ke perguruan tinggi negeri.

SNBP berfokus pada pemberian penghargaan yang tinggi atas kesuksesan pembelajaran yang menyeluruh di pendidikan menengah yaitu pemberian bobot minimal 50 persen untuk nilai rata-rata rapor seluruh mata pelajaran dan maksimal 50 persen untuk nilai mata pelajaran pendukung program studi, prestasi, dan/atau portofolio.

siswa SMA mengikuti SNBP dan UTBK

SNBP menggunakan berbagai metode penilaian untuk menentukan penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri di Indonesia. Beberapa aspek yang biasanya dievaluasi dalam SNBP meliputi:

Prestasi Akademik: Ini bisa termasuk nilai rapor atau transkrip akademik selama masa sekolah menengah atas (SMA/SMK/MA).

  1. Prestasi di Bidang Akademik atau Non-akademik: Perguruan tinggi bisa mempertimbangkan prestasi calon mahasiswa dalam bidang akademik atau non-akademik, seperti juara dalam olimpiade sains, olahraga, seni, atau kegiatan ekstrakurikuler lainnya.
  2. Portofolio: Beberapa program studi tertentu mungkin meminta calon mahasiswa untuk mengirimkan portofolio, yang berisi karya-karya atau prestasi-prestasi terkait dengan program studi yang diminati.

Syarat dan ketentuan memilih program studi pada jalur SNBP

Setiap siswa dari jurusan IPA, IPS, atau Bahasa dapat bebas memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN. Jika memilih dua program studi, salah satunya harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya. Jika memilih satu program studi, dapat memilih PTN yang berada di provinsi manapun.

SNBP adalah seleksi penerimaan jalur ghoib

Dalam proses seleksinya, pertama PTN mengurutkan sekolah berdasarkan index sekolah (SMA/SMK/MA) yang mereka miliki berdasarkan rata-rata nilai UTK beberapa tahun lalu.

Kemudian PTN mengurutkan ranking masing-masing program studi pilihan dari setiap sekolah. Misalnya SMA X yang mengambil jurusan farmasi rangking berapa saja.

Seleksinya adalah, PTN mengambil siswa yang berada pada posisi tertinggi pada masing-masing sekolah terlebih dahulu, dan seterusnya.

Sebaiknya siswa yang mengikuti SNBP pada suatu sekolah tidak mengambil prodi yang sama, apalagi PTN yang sama.

SNBP adalah cara gambling untuk masuk PTN

Jika kamu tidak serius mengikuti SNBP, jangan pernah mendaftar dengan iseng memilih program studi. Masih banyak siswa lain yang bermimpi ingin berada di posisimu. Jadi, pilihlah sesuai dengan PTN dan prodi yang benar-benar kamu inginkan. Konsultasikan pada ayah, ibu atau walimu tentang pilihanmu. Serta sesuaikan dengan kondisi keuangan keluargamu.

Peserta yang telah dinyatakan diterima jalur SNBP tidak dapat mengikuti SNBT. Bagi peserta yang sudah diterima jalur SNBP tidak boleh mengundurkan diri atau membatalkannya karena akan berakibat fatal untuk sekolah karena bisa diblacklist dan adik kelas jadi tidak bisa ikut SNBP.

3 cara agar sekolah tidak diblacklist kampus SNBP

Jika banyak siswa dari suatu sekolah yang mengundurkan diri saat sudah diterima SNBP, maka sekolah itu berpotensi untuk diblacklist dan tidak mendapatkan kesempatan bagi pasa siswanya untuk mendaftar SNBP tahun depan.

Berikut cara membatalkan SNBP setelah diterima dan agar sekolah tidak diblacklist

  1. Tetap masuk ke kampus yang sudah dipilih, membayar biaya yang sudah ditentukan, menjadi mahasiswa selama 6 bulan, dan setelah itu mengundurkan diri atau keluar dari kampus tersebut. Sekolahmu tidak akan dicap buruk, karena kamu mengundurkan dirinya setelah menjadi mahasiswa yang sudah mendapatkan NIM. Kelemahannya adalah, kamu akan rugi uang dan rugi waktu 1 tahun.
  2. Setelah daftar ulang, kamu membuat surat pengunduran diri yang alasannya diluar nurul dan bukan karena hal receh seperti nggak dibolehin kuliah di luar kota oleh orangtua.
  3. Kamu meninggal.

Sekolah favorit itu masih ada!

sistem zonasi bertujuan agar tidak ada lagi sekolah favorit. Tapi pada kenyataannya, pemberian ranking pada sekolah itu ada dan bergantung pada kualitas muridnya. Jadi apabila siswa memang ingin berniat mencoba SNBP saat nanti SMA, sebaiknya memilih SMA yang memiliki reputasi bagus sejak awal.

Peran orangtua dalam keberhasilan anak diterima PTN jalur SNBP

Peran orangtua sangatlah penting dalam kesuksesan anak dalam mempersiapkan untuk SNBP. Berikut adalah beberapa peran orangtua yang bisa membantu anak meraih kesuksesan:

  1. Memberikan Dukungan Emosional: Orangtua dapat memberikan dukungan emosional yang sangat dibutuhkan oleh anak selama proses persiapan menghadapi SNBP. Ada kalanya siswa kehilangan motivasi, jenuh, dll padahal siswa harus memiliki nilai yang tinggi dan stabil sejak kelas X. Orangtua bisa menjadi pendengar yang baik, memberikan semangat, dan memberikan dorongan positif agar anak tetap termotivasi dan percaya diri.
  2. Memberikan Dukungan Materi dan Sumber Belajar: Orangtua dapat membantu menyediakan sumber belajar yang diperlukan, seperti buku, materi pelajaran, atau mengirim anak ke kelas persiapan jika memungkinkan. Mereka juga bisa memberikan bantuan finansial untuk mendaftar ke kelas persiapan atau membeli materi tambahan yang diperlukan.
  3. Mendorong Kedisiplinan dan Perencanaan Waktu: Orangtua dapat membantu anak mengembangkan kedisiplinan dalam belajar dan mengelola waktu dengan efektif. Mereka bisa membantu membuat jadwal belajar yang teratur dan memastikan anak tetap fokus pada tujuan akademiknya.

Dengan memberikan dukungan yang tepat dan menjadi mitra dalam proses pendidikan anak, orangtua dapat memainkan peran yang sangat penting dalam membantu anak meraih kesuksesan dalam menghadapi SNBP.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like