Penipuan Sedot Pulsa Berkedok Audisi Telpon ke 52000

Hari saya mendapatkan SMS yang isinya aneh. Silahkan lihat screen shot di bawah ini.

SMS Sedot Pulsa Berkedok Audisi
SMS Sedot Pulsa Berkedok Audisi

No telpon tidak bisa dilihat, terkirim atas nama Bubbly.

Isi SMSnya:

“Bro, lu mau jadi penyanyi kan? Katanya Nikita Willy mau ngadain song challenge gitu. Kali aja diajak nyanyi bareng dia. Telpon deh coba ke 52000.”

Jiahh.. dari kata pertama aja sudah jelas nih SMS dikirim random ke penerima yang nggak dikenal, gua cewek men.. kok dipanggil Bro!

Lalu saya tanyakan teman saya yang polisi, saya tanya apakah SMS ini model penipuan terbaru, dia jawab IYA. Tapi polisi tidak bisa memprosesnya sampai ada laporan dari korban penipuan telpon audisi 52000 ini.

Kalaupun beneran Nikita Willy ngadain audisi, pasti heboh di media online, media elektronik maupun media cetak. Saya juga sudah ngecek twitternya Nikita Willy @nikitawilly_24, nggak ada pengumuman soal audisi ini.

SMS Sedot Pulsa Berkedok Audisi

PERINGATAN PERTAMA!

ABAIKAN SAJA SMS INI!

Jangan membalas SMS atau Menelpon ke no telpon yang diberikan yaitu 52000

Kalau sudah begini, sepertinya ini sudah kejahatan Cyber Crime lebih tinggi tingkatannya karena bisa menyewa provider dengan nomor yang disamarkan, lalu dengan no telpon premium 52000, yang seolah-olah nih orang terlihat “niat” sehingga tidak mungkin menipu. Padahal diduga ini adalah penipuan berkedok sedot pulsa mode terbaru dan telpon premium.

Jadi begini modusnya:

1) Kamu disuruh menelpon ke no 52000 yang notabene itu no telpon premium, tarifnya mungkin bisa Rp 2000/menit atau bahkan lebih (sekarang tahun 2013, mungkin saja bisa 10.000/menit). Bayangkan kalau dia ngomong ngalor ngidul muter-muter dijelaskan panjang lebar hanya untuk mengulur-ngulur waktu, sudah berapa menit yang kamu habiskan? Kalau 10 menit saja pulsa kamu bisa tersedot 100.000. Gilak!

2) Kalau kamu jengkel terus membalas SMS itu, kamu otomatis akan teregistrasi pada konten premium layanan SMS yang TIDAK BISA DI UN-REG! Kamu akan dikirimi SMS isinya nggak jelas dengan tarif 3000 – 5000 per SMS. Sedangkan biasanya dalam satu hari kamu bisa mendapatkan 3-4 kali SMS. Bayangkan berapa kerugianmu dalam satu bulan?

Satu-satunya cara adalah dengan membuang SIM Cardmu, atau kamu harus melalui proses panjang datang ke provider (yang saat ini masih nggak jelas itu SMS penipuan dikirim dari provider apa), buat laporan yang prosesnya ribet.

Sementara ini modus penipuan sedot pulsa ini masih disebar melalui SMS, mungkin selanjutnya akan diserbarkan melalui BBM yang gratis.

Mungkin SMS yang saya dapat ini mengatasnamakan Nikta Willy, next time mungkin ada audisi Agnes Monica, dll.

Semoga kita lebih waspada. Bagikan info berguna ini ke teman, saudara, keluargamu. Kalau ada pengalaman serupa, bagikan pengalamanmu di sini ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like