Pengalaman Salah Rute Penerbangan Citilink

Pada pertengahan maret kemarin, aku sekeluarga pulang kampung ke Surabaya karena ada acara pengajian 1000 hari meninggalnya papaku. Aku, suamiku, anakku dan adikku pergi dan pulang naik pesawat Citilink.

Pengalaman ini bercerita kalau aku salah membeli tiket Citilink di Traveloka. Seharusnya beli untuk rute keberangkatan Cengkareng – Surabaya, tetapi karena tidak teliti akhirnya rute yang terbeli untuk  Halim – Surabaya.

Citilink Keberangkatan dari Bandara Halim

salah rute citilink

Beberapa hari sebelum jadwal keberangkatan, kami memutuskan untuk pergi bersama-sama pada hari Rabu, tanggal 11 maret 2015. Setelah cek harga tiket di Traveloka, ternyata harga tiket yang paling murah dimiliki oleh Citilink.

Tanpa ba bi bu lagi, adikku nyuruh pesan secepatnya, trus suamiku nyuruh cari penerbangan paling terakhir atau paling malam. Akhirnya aku pilih Citilink penerbangan pk 20.30. Tapi alangkah terkejutnya pada saat cetak tiket, penerbangan citilink kami ternyata dari bandara Halim Jakarta dan bukan dari Cengkareng.

Tiket Citilink Hangus

Segera setelah mengetahuinya, suamiku langsung telpon CS Traveloka. Oleh CS Traveloka disuruh langsung telpon CS Citilink karena tiket tidak bisa dicancel.

Pada saat telpon CS Citilink diterima oleh Wawan. Suamiku tanya apakah tiket kami bisa dipindah penerbangannya ke bandara Soekarno-Hatta Tangerang, karena rumah kami di Tangerang. Terlalu jauh kalau harus pergi ke Halim. Dengan ketusnya si CS Wawan berkata kalau tiket kami batalkan ya hangus. “Dibuat pembelajaran saja pak”.

Wasem nih CS, enak aja ngomong dibuat pembelajaran.

Berarti bukan hanya aku saja yang salah tempat keberangkatan, ternyata selama ini juga banyak orang-orang yang seperti aku. Niatnya naik Citilink berangkat dari Soetta eh salah beli tiket akhirnya harus berangkat dari Halim.

Sedangkan apabila aku beli tiket baru lagi, tiket yang lama hangus, sama sekali nggak bisa partial refund apalagi full refund. Benar-benar sadis nih Citilink. Kalau aku beli tiket 1 aja sih gpp kubiarkan hangus, lha ini ada 4 tiket seharga 2 juta. Mbook… untuk orang seperti aku ya bisa bangkrut.

Tiket Citilink Tidak Bisa Refund

Entah kenapa, Citilink tidak bisa membatalkan tiket yang sudah dibeli, padahal maskapai penerbangan lain mempunyai kebijakan tersebut. Ada yang bisa direfund maksimal 7 hari sebelum tanggal keberangkatan, walaupun cuma sebagian.

Parahnya lagi, Traveloka bukan agen yang bisa ‘menalangi’ proses booking sementara. Entah berapa banyak orang seperti aku yang pernah mengalami kesalahan saat booking dan baru sadar kalau melakukan kesalahan di menit-menit terakhir. Terlebih lagi semenjak transaksi beli tiket pesawat hanya bisa dilakukan secara online di travel agen daripada beli langsung di bandara.

Kalau di agen travel punya adik iparku, dia ada sistem booking tiket maksimal 3 jam. Jadi selama 3 jam kalau misalnya ada perubahan, uang tidak hangus.

Jadwal Keberangkatan Citilink Dimajukan

Seperti yang sudah aku duga sebelumnya, kalau penerbangan malam biasanya mengalami perubahan, lebih maju jadi pk 19.30.

Pergi ke Bandara Halim Jakarta

Berhubung tiket tidak bisa refund, ya mau nggak mau harus pergi ke bandara Halim Jakarta dari Tangerang. Tadinya mau naik taxi, tapi kalau sore hari biasanya Jakarta suka macet, biaya taxi habis berapa coba, bisa-bisa lebih dari 400 ribu. Akhirnya kami memutuskan untuk naik Commuterline dari stasiun Batu Ceper di depan rumah.

Ke Bandara Halim lewat KRL Commuterline

Kebetulan stasiun batu ceper dekat dengan rumahku, jalan kaki cuma 5 menit. Dengan menggotong beberapa koper, kami jalan kaki ke stasiun. Beli tiket single trip menuju stasiun Jatinegara untuk 4 orang cuma 20 ribu.

Tangerang -> Duri.
Dari stasiun duri transit sebentar nunggu kereta dari arah Bogor yang menuju stasiun Jatinegara.

Dari Stasiun Jatinegara agak susah cari taksi karena taxi yang ngetem di depan stasiun (taxi borobudur) tidak mau pakai argo dan menerapkan tarif 80.000 untuk ke bandara Halim. Buset! Mahal banget, padahal dari Jatinegara ke Halim deket lho. Kami pun memutuskan untuk menunggu taxi lewat, dan munculah taxi Blue Bird. Tarif argo naik taxi BlueBird cuma 45 ribu dari stasiun Jatinegara ke bandara Halim.

Akhirnya sampailah kami di bandara Halim dan Alhamdulillah sampai di Surabaya dengan selamat. Oh ya, pulangnya dari Surabaya ke Jakarta juga menggunakan Citilink, tapi kali ini suamiku yang beli tiketnya di Traveloka dan PADA SIANG HARI. Sekarang benar-benar dicek ulang sebelum checkout supaya nggak salah rute lagi, hehe..