Menduplikat / Kloning Web WordPress Dengan Cepat

Aku mempunyai banyak online shop dan blog yang isinya sama semua, yang berbeda hanya nama domainnya saja. Cara menduplikat blog cukup mudah apabila blog baru akan diletakan di hosting yang sama dengan blog yang akan dikloning.

Beberapa caran dalam tutorial ini hampir sama seperti artikelku sebelumnya tentang cara backup hosting dan migrasi website wordpress. Berikut adalah langkah-langkah mengkloning blog atau website wordpress.

Cara Menduplikat Blog / Web WordPress

1. Melakukan add on domain baru

Klik add on domain dan masukan nama domainnya. Biasanya pada saat add on domain akan tercipta folder baru secara otomatis.

Baca Juga:  Cara Menutup Kartu Kredit dengan Mudah dan Cepat
Menambahkan Addon Domain

2. Merubah nameserver domain baru

Setelah membeli domain baru, kamu perlu mengganti default name server dan arahkan ke name server hostingmu. Berikut contoh mengganti name server domain pada namecheap.

Mengganti Name Server Domain

3. Install Plugin WP Migrate DB

Install plugin WP Migrate DB pada blog yang akan dikloning. Masukan URL dan lokasi folder tempat blog baru akan diletakan kemudian tekan tombol export. Kamu akan mendapatkan file SQL untuk selanjutnya file ini digunakan untuk database blog baru. File ini otomatis merubah link lama (yang tersimpan dalam database lama) menjadi link baru.

Download file sql yang dihasilkan dari plugin ini. File ini nanti akan digunakan saat import database.

4. Copy semua folder dan file dari blog yang akan dikloning

Login ke dalam Cpanel dan klik menu File Manager. Select all semua file dari blog yang akan dikloning lalu copy. Pada saat diminta lokasi tempat file baru akan diletakan, masukan path dari folder baru yang tadi tercipta pada saat add on domain.

Baca Juga:  Problem Solve: Unable to create directory - Is its parent directory writable by the server?

5. Membuat user database dan database baru yang kosong

Langkah selanjutnya yaitu membuat database baru dan assign user ke database itu.  Centang semua checkbox pada saat Manage User Privileges. Setelah itu add user ke database.

Membuat User untuk Database WordPress di CPanel
Membuat user untuk database
Membuat Database WordPress di CPanel
Membuat database baru
Manage User Privileges Database WordPress
Manage user privileges

6. Import file ke dalam database baru

Untuk melakukan import database, masuk ke dalam PHPMyAdmin. Pilih database yang tadi dibuat kemudian pilih export. Import database menggunakan file sql yang tadi sudah didapatkan dari hasil export plugin Migrate DB. Jangan lupa pilih Format: SQL yach.. :)

Import Database Baru Melalui PHP MYAdmin

7. Mengubah wp_config

Ganti nama database dan user pada file wp_config blog baru dengan nama database, username dan password yang tadi sudah dibuat.

Mengganti WP Config WordPress

8. Customize tampilan web yang sudah dikloning

Sampai sini semua proses sudah selesai dan kamu sudah mendapatkan blog baru yang sama persis seperti blog/website yang diloning itu. Kamu bisa melakukan perubahan dengan mengubah tampilan logo, identitas website,  mengganti tema wordpress, dll.

Cukup login ke blog baru menggunakan username dan password yang sama dari blog yang dikloning.

Baca Juga:  Blog Wordress Diretas Oleh Hacker Tunisia

Kesimpulan:
Dengan menggunakan plugin WP Migrate DB, kamu tidak perlu lagi mengganti URL lama secara manual yang masih tersimpan di database. Tujuan dari mengkloning website adalah jika kamu ingin membuat banyak online shop dengan produk yang sama tetapi URL dan identitas blog yang berbeda.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Cara Mencegah Facebook AME
Read More

12 Tips Mencegah Facebook AME

Aku bukan ahli facebook ads,, tapi sering mempelajari teori tentang facebook marketing. Secara teori mungkin aku bisa, tetapi…
Read More