Liburan Hemat di Busan Korea! 7 Hari Seru dengan Masuk Gratis ke Tempat-Tempat Keren

Halo, teman-teman! Siapa yang nggak suka liburan, apalagi kalau bisa hemat dan tetap seru? Nah, kali ini aku mau ajak kalian buat menghabiskan seminggu penuh di Busan, Korea Selatan. Busan punya banyak tempat keren yang bisa kamu kunjungi tanpa harus keluarin banyak uang. Yup, tempat-tempat ini GRATIS! Siapkan koper, kamera, dan semangatmu. Yuk, kita jelajahi Busan!

15 Tempat Wisata Gratis di Busan Korea

Mari kita jelajahi 15 tempat wisata gratis yang tidak boleh dilewatkan di Busan, Korea Selatan. Siapkan kamera dan semangat petualanganmu, karena aku akan membawa kamu ke petualangan seru tanpa menguras dompet!

NoNama Tempat WisataAlamatHTM (Harga Tiket Masuk)
1Yongdusan Park (Busan Tower)37-55 Yongdusan-gil, Jung-gu, BusanGratis
2Busan Modern and Contemporary History Museum Annex104 Daecheong-ro, Jung-gu, BusanGratis
3Shopping at BIFF StreetBIFF Gwangan-ro, Jung-gu, BusanGratis
4Jagalchi Market52 Jagalchihaean-ro, Jung-gu, BusanGratis
5Huinnyeoul Culture Village29, Huinnyeoul-gil 126beon-gil, Yeongdo-gu, BusanGratis
6Yeongdo Haneul (Sky) Observation Deck179 Yeongseonbuk-ro, Yeongdo-gu, BusanGratis
7Bosu Book StreetBosu-dong, Jung-gu, BusanGratis
8Busan Citizens Park73 Simingongwon-ro, Busanjin-gu, BusanGratis
9Jeonpo Cafe StreetJeonpo-dong, Busanjin-gu, BusanGratis
10Gamcheon Culture Village38, Gamnae 2-ro, Saha-gu, BusanGratis
11Dakbatgol Mural Village52-62 Dongsam-dong, Yeongdo-gu, BusanGratis
12Sky Eye Observatory120, Gwangbok-ro, Jung-gu, BusanGratis
13Stairs of Wishes, Somang Stairs37-55 Yongdusan-gil, Jung-gu, BusanGratis
14Haeundae Beach264, Haeundaehaebyeon-ro, Haeundae-gu, BusanGratis
15Gwangalli Beach219, Gwanganhaebyeon-ro, Suyeong-gu, BusanGratis

Hari 1: Menikmati Pemandangan di Yongdusan Park dan Wisata Sejarah

Yongdusan Park (Busan Tower)

Baca Juga:  Mitos atau Fakta: Pacaran di Taman Gajah Tunggal Tangerang Bikin Putus!

Kita mulai perjalanan di Yongdusan Park, tempat yang punya ikon terkenal yaitu Busan Tower. Lokasinya ada di pusat kota, jadi gampang banget buat dijangkau. Dari atas tower, kamu bisa melihat pemandangan kota Busan yang indah. Jangan lupa bawa kamera, karena spot ini Instagrammable banget!

Stairs of Wishes, Somang Stairs

Setelah menikmati pemandangan dari Busan Tower, kita lanjut ke Stairs of Wishes atau Somang Stairs yang ada di dekatnya. Di sini, kamu bisa naik tangga yang penuh dengan harapan dan doa-doa yang ditulis oleh pengunjung. Siapa tahu, harapanmu bisa terkabul! Dibandingkan dengan berjalan kaki, kamu juga bisa mencoba menaiki monorail kecil untuk ke atas.

Busan Modern and Contemporary History Museum Annex

Sebagai penutup hari pertama, kita mampir ke Busan Modern and Contemporary History Museum Annex. Di sini, kamu bisa belajar banyak tentang sejarah modern dan kontemporer Busan. Selain tambah ilmu, tempat ini juga punya banyak spot menarik buat berfoto.

Hari 2: Belanja dan Kuliner di Pasar Tradisional

Jagalchi Market

Kamu bisa ke Jagalchi Market, pasar ikan terbesar di Korea pada pagi atau siang hari. Buat kamu yang suka seafood, ini adalah surga! Di sini kamu bisa lihat dan beli berbagai macam ikan segar. Kalau lapar, langsung aja coba hidangan laut segar di restoran-restoran sekitar pasar. Jangan lupa bawa uang lebih buat mencicipi semuanya!

Belanja di BIFF Street

Sore menjelang malam, kita bakal seru-seruan belanja dan kulineran di BIFF Street (Busan International Film Festival). Tempat ini terkenal banget sebagai pusat kuliner jalanan dan belanja oleh-oleh. Kamu bisa coba berbagai jajanan khas Korea yang lezat dan pastinya bikin nagih.

Hari 3: Eksplorasi Desa Budaya dan Pemandangan Laut

Huinnyeoul Culture Village

Hari ketiga, kita akan menjelajahi Huinnyeoul Culture Village. Desa ini terkenal dengan pemandangan lautnya yang indah dan mural-mural cantik yang menghiasi dinding-dinding rumah. Bisa dibilang ini adalah santorinya korea. Jalan-jalan di sini bikin hati adem, apalagi kalau kamu suka fotografi, banyak banget spot kece buat diabadikan.

Baca Juga:  Hotel dengan 3 kasur di Semarang, cocok untuk keluarga yang punya anak remaja tanggung

Yeongdo Haneul (Sky) Observation Deck

Setelah puas di Huinnyeoul Culture Village, kita lanjut ke Yeongdo Haneul Observation Deck. Tempat ini menawarkan pemandangan laut dari ketinggian. Lokasinya ada di pinggir pantai indah yang membentang di sepanjang laut. Lingkungan sekitar yang alami dan romantis dapat dinikmati saat sore hari.

Hari 4: Surga Pecinta Buku dan Pemandangan Kota

Bosu Book Street

Hari keempat, kita akan mengunjungi Bosu Book Street, surganya para pecinta buku. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai jenis buku bekas dan langka. Suasananya yang vintage dan tenang cocok banget buat kamu yang suka membaca atau sekedar jalan-jalan santai sambil mencari buku.

Konsepnya mirip pasar kwitang senen di Jakarta. Dimana kita bisa menemukan buku baru maupun bekas yang diinginkan, cuma bedanya buku-buku di Bosu ini kebanyakan berbahasa korea.

Sky Eye Observatory

Setelah itu, kita ke Sky Eye Observatory untuk menikmati pemandangan kota Busan dari sudut pandang yang berbeda. Tempat ini menawarkan pemandangan 360 derajat yang memukau. Bawa teropong kalau punya, biar bisa melihat lebih jauh lagi! Tempat ini akan lebih baik dikunjungi pada malam hari. Perjalanan jauh dan menanjak tangga akan terbayarkan dengan pemandangan yang memukau dari kota Busan.

Hari 5: Taman Kota dan Jalan-Jalan di Kafe Unik

Busan Citizens Park

Hari kelima, saatnya relaksasi di Busan Citizens Park. Taman besar ini punya banyak aktivitas rekreasi yang bisa kamu nikmati. Kamu bisa jalan-jalan santai, bersepeda, memberi makan ikan, atau sekedar duduk-duduk menikmati suasana taman yang asri. Tempat ini juga sering jadi lokasi piknik warga lokal, jadi kamu bisa merasakan suasana asli Busan. Banyak sekali aktifitas yang bisa dilakukan di sini, tempatnya juga sangat luas dan banyak spot foto cantik untuk yang sayang kalau dilewatkan.

Baca Juga:  Pengalaman Mudik Lebaran Lewat Tol Trans Jawa Jakarta - Surabaya

Jeonpo Cafe Street

Lanjut ke Jeonpo Cafe Street, tempat yang penuh dengan kafe-kafe unik dan keren. Setiap kafe punya tema dan dekorasi yang berbeda, jadi kamu bisa pilih mana yang paling menarik. Selain itu, makanan dan minuman di sini juga enak-enak. Cocok banget buat nongkrong sambil menikmati suasana.

Hari 6: Warna-warni Budaya di Desa Modern

Gamcheon Culture Village

Gamcheon Culture Village, atau yang sering disebut sebagai “Machu Picchu of Busan”, adalah sebuah desa budaya yang terletak di lereng bukit di kota Busan, Korea Selatan. Sekilas desa ini mirip desa warna warni yang ada di malang. Konsepnya adalah mewarnai satu rumah dengan cat yang berbeda dengan rumah lainnya sehingg tercipta warna warni yang indah seperti pelangi. Desa dengan rumah-rumah berwarna-warni ini tersusun rapi seperti tangga. Setiap sudut desa dipenuhi dengan seni jalanan, mural, patung, dan instalasi seni yang kreatif, menjadikannya destinasi yang sangat fotogenik dan unik.

Di sana juga terdapat banyak cafe yang estetik dan penjual sovenir. Kamu juga bisa menyewa hanbok dan membuat Hand-flipped Photobook sebagai ciri khas berkunjung ke Gamcheon. Jangan lupa siapkan kamera saat mengunjungi Gamcheon Culture Village karena setiap sudutnya layak untuk diabadikan!

Dakbatgol Mural Village

Masih dengan tema desa, kita mampir ke Dakbatgol Mural Village. Di sini, kamu bisa melihat mural-mural artistik yang menghiasi desa. Tempat ini juga sering dijadikan lokasi syuting drama Korea, lho. Jadi, siapa tahu kamu bisa merasakan suasana seperti di drama favoritmu. Sayangnya pesona desa ini ya hanya pada muralnya. Jadi bagi yang tidak begitu suka seni, gambar dan lukisan mungkin akan terasa membosankan.

Hari 7: Bersantai di Pantai

Hari terakhir, kita gunakan untuk kembali mengunjungi tempat yang paling kamu sukai atau eksplorasi area lainnya di Busan yang belum sempat kamu kunjungi. Untuk itu ada baiknya kamu mengunjungi pantai yang terkenal di Busan seperti pantai Haeundae atau Gwangalli beach. Cobain juga makan ramen di mini market sambil melihat pantai. Wah, rasanya seperti di drama. Kamu juga bisa bermain pasir di sana, jangan khawatir kotor karena ada alat pembersih kaki menggunakan angin seperti kompresor yang bisa membersihkan sisa pasir dan air dalam hitungan menit.

Kalau kamu berkunjung di musim semi, jangan lewatkan jalan-jalan di Namcheon-dong Cherryblossom Street yang letaknya tidak jauh dari pantai Gwangalli. Jalan ini dipenuhi dengan pohon sakura yang bunganya mekar indah. Suasana di sini romantis banget, cocok buat kamu yang suka dengan keindahan alam. Jangan lupa ambil banyak foto, karena momen ini hanya ada setahun sekali!

Penutup

Gimana, seru banget kan liburan seminggu di Busan? Dengan banyaknya tempat gratis yang bisa kamu kunjungi, liburanmu bisa tetap hemat tanpa mengurangi keseruan. Busan menawarkan berbagai macam pengalaman, mulai dari pemandangan alam, wisata sejarah, kuliner, sampai tempat-tempat unik yang Instagrammable.

Pastikan kamu merencanakan setiap hari dengan baik, bawa peta atau aplikasi navigasi, dan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan kenyamanan di setiap tempat yang kamu kunjungi. Semoga itinerary ini membantu dan bisa jadi panduan buat kamu yang ingin menjelajahi keindahan Busan. Selamat liburan, teman-teman!

5 comments
  1. Busan kota yang menarik juga ya, enaknya banyak tempat wisata yang memang gratis karena biasanya dikelola pemerintah. Saya jadi ingin ke area toko bukunya, pasti banyak buku-buku bagus, hehe.. terima kasih sharingnya! Kalau jalan-jalan memang mesti disiapkan dengan baik, demi kantong agar tidak bolong haha..

  2. wah hawa-hawa liburan makin menyeruak nih. Rasanya jadi pengen ngajakin suami jalan-jalan juga sama anak-anak. Tinggal uangnya aja yang perlu dipersiapkan lebih, hehe.

  3. Wah.. ternyata tak sedikit ya..tempat wisata gratis yg ok punya di Korea. Ish..jadi pengen wisata ke Korea juga nih.. Thx for sharing ya…

  4. Waaah, 7 hari di Koreaaa? cincaaa, wkkwk. Mana Korea emang masuk bucked list negara yang wajib kukunjungi pula. Tapi ini cuma daerah Busan ya, Kak? Duh, Busan Tower selalu menggoda untuk didatangi. Nabung nabunggggg, haha. Makasih Kak

  5. perlu aku tandaiin buat nanti ke korea. dari sekian banyak rekomendasi aku tetep pengen main ke pantai (padahal di indo juga banyak pantai wkwk), pengen ngerasain bedanya. bagus ini kaak rekomendasinya buat liburan hemat hihi

Comments are closed.

You May Also Like