Menjadi Lebih Dikenal dengan Kartu Nama Blogger (KTP Blog)

Blogger kini bukan lagi sesuatu yang dipandang sebelah mata. Profesi penulis blog atau content creator adalah pekerjaan baru yang menjanjikan dan bisa dijadikan sebagai sumber mata pencaharian utama.

Hanya dengan modal awal handphone, laptop dan koneksi internet, kamu bisa mendapatkan penghasilan minimal UMR minus pengeluaran transport karena kamu bisa bekerja dari rumah.

Lalu apakah ada cara membuat profesi ini blogger ini terlihat lebih meyakinkan? Jawabannya ada! Buatlah KTP Blogger, hmmm… maksudku kartu nama.

Desain KTP Pemilik Blog

Hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat membuat KTP blog blogger adalah informasi yang jelas serta identitas yang mudah dikenali. Informasi yang harus ada pada blogger business cards yang kamu buat.

  • Nama
  • Nama blog
  • URL blog
  • Foto pribadi atau logo blog
  • Sosial media username / links

Berikut adalah contoh kartu nama blogger yang mungkin bisa menjadi inspirasi. Sayangnya aku tidak menemukan banyak gambar yang bisa dijadikan contoh. Mungkin karena membuat kartu nama pada jaman sekarang sudah tidak lagi populer atau sebenarnya memakai desain apapun akan sama saja. Perbedaan dengan kartu nama biasa hanya terletak pada alamat rumah diganti dengan URL blog serta ada tambahan daftar sosial media.

Baca Juga:  5 Blogger yang Dipenjara Karena Tulisannya

Kamu bisa mendesainnya sesuka hati melalui Canva, Photoshop atau aplikasi desain lainnya.

kartu nama travel blogger
Contoh kartu nama seorang travel blogger
kartu nama mom blogger
Contoh kartu nama mom & parenting blogger
kartu nama food blogger
Contoh kartu nama untuk food blogger
kartu nama fashion blogger
Contoh kartu nama untuk fashion blogger

Perbedaan ID Card Blogger dan Rate Card Blogger

Perbedaan mendasar antara kartu nama blogger dan rate card blogger terletak pada:

  1. Ukuran
    Kartu nama blogger ukurannya lebih kecil sebesar kartu ATM sedangkan rate card blogger umumnya berukuran A4 dalam format digital .PDF.
  2. Isi
    Informasi yang tertera di dalam kartu nama blogger ini tidak terlalu banyak. Sedangkan pada rate card blogger, ada banyak informasi yang perlu diberikan seperti blogger mencantumkan harga jasa yang mereka tawarkan, nomer telpon hingga alamat rumah/kantor.

Bagaimana Blogger menghasilkan uang?

Aku juga ingin berbagi informasi tentang bagaimana blogger bisa menghasilkan uang. Beberapa cara yang bisa dilakukan seorang blogger untuk monetasi blognya, antara lain:

  1. Membuka jasa content placement dan sponsored post.
  2. Memasukan iklan yang berasal dari Google Adsense atau media partner lainnya.
  3. Mengikuti affiliate program dan mendapatkan komisi apabila pengunjung membeli sesuatu melalui link yang kita berikan.
  4. Menjual produk sendiri yang berhubungan dengan konten blog yang ditulis.
  5. Mengikuti lomba blog yang memberikan hadiah berupa uang tunai.
Baca Juga:  AdReviewCamp Tutup, Depositku Hangus Entah Kemana

Sedangkan sumber penghasilan tambahan bisa didapatkan dengan cara:

  1. Membuat desain print on demand (POD) yang dijual di Zazzle
  2. Menjual foto di Shutterstock dan situs foto berbayar lainnya
  3. Menjual illustrasi desain, mockup produk, font, theme dan dijual di Creativemarket, Etsy, Envatomarket, dll.
  4. Menjadi freelancer seperti jasa pembuatan artikel, mendesain banner, membuat illustrasi, pembuatan web, dll di situs seperti Fiverr, Upwork dan Projects.co.id

KTP Blogger tidak ada bedanya dengan kartu nama biasa

Desain Kartu Nama Blogger

Sebenarnya tidak ada perbedaan antara kartu nama biasa dan kartu nama khusus blogger. Hanya saja, bagi seseorang yang menjadikan profesi blogger sebagai side job tentu tidak dapat menambahkan URL blognya pada kartu nama perusahaan ya kan? Misalnya aku adalah seorang pengacara tetapi aku memiliki blog tetang hobi memasak, tentunya aneh menyisipkan URL blog makanan dalam kartu nama yang akan aku berikan kepada klien.

Kamu bisa mencetak kartu nama blog ini dan menyebarkannya saat ada gathering kepada teman-teman sesama blogger untuk memperluas jaringan pertemanan. Kamu juga bisa menyebarkannya secara digital melalui media sosialmu.

Baca Juga:  DA Turun dan Traffic Lost Gara-Gara Blogwalking?

Penting nggak sih punya kartu nama dalam bentuk fisik?

Kebanyakan dari kita mempromosikan diri melalui dunia sosial. Sudah jarang sekali orang yang membagi-bagikan kartu nama dijaman sekarang. Hal itu dianggap cara kuno untuk mempromosikan diri. Jika seseorang berkenalan, pasti langsung nanya nomer WA, nama blog atau username akun media sosialnya.

Kartu nama blog ini mungkin tidak bersifat wajib, tetapi jika ingin membawa pekerjaan sebagai blogger ke arah yang lebih serius maka tidak ada salahnya untuk memilikinya. Menurutmu perlu nggak sih punya kartu nama dalam bentuk fisik kertas begitu? Tinggalkan pendapatmu di kolom komentar ya.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like