DA Turun dan Traffic Lost Gara-Gara Blogwalking?

Aku dulu pernah mengatakan bahwa semenjak Google malakukan update algoritmanya,  DA blogku menjadi turun, traffic organic dan visitor webku juga berkurang drastis.

Sejak update Google terbaru, blogku mengalami penurunan pengunjung hingga 80%. Lalu selama dua bulan aku mencari informasi mengapa hal tersebut bisa terjadi pada blogku. Apa saja yang telah aku lakukan hingga seperti itu.

Jadi, benarkah BW dengan menaruh link di kolom komentar tidak lagi relevan untuk menambah backlink, menaikan jumlah pengunjung blog dan membuat rating blog jelek?

Blogwalking Membuat Rating Blog Jelek?

Status twitterku ini tentunya memancing kontroversi untuk para mastah SEO maupun blogger senior. Tentu saja blogwalking (BW) tidak mungkin membuat DA turun anjlok dan menyebabkan loss traffic.

Setelah dua bulan aku telusuri dan aku bandingkan dengan blog-blogku yang lain, aku sangat yakin hal ini karena blogwalking yang aku lakukan.

Banyak blogger lain dan ahli SEO yang nggak setuju. Jelas saja ini adalah hal yang ngawur. Dimana-mana namanya blogwalking itu malah bisa menambah jumlah visitor yang datang ke blog, menambah Page Views (PV), bukan malah membuat rating DA turun dan menurunkan traffic blog. Pasti ngawur yang nulis status itu, amatiran!

Blogwalking itu nggak ada kaitannya dengan turunnya DA, lha wong linknya aja noFollow, pengaruhnya kecil. Ada juga yang nyuruh cek analytics dan search console dan memperbaikinya, dll.

Percayalah, aku sudah melakukan semua itu. Aku sudah menelusuri jejak dan perbuatan apa saja yang pernah aku lakukan pada blogku ini dan terhadap blogku lainnya. Jawabannya semakin jelas karena aku terlalu sering blogwalking dan nyebar link!

Orang dibalik blog Antie.info

Sebelumnya aku mau memperkenalkan diri..namaku Brillie, aku sudah mempunyai blog sejak masih kuliah, tepatnya hampir 14 tahun yang lalu. Namun blog Antie.info ini baru aku gunakan sejak tahun 2008.

DA Turun dan Traffic Lost Gara-Gara Blogwalking

Awalnya membuat blog ini hanya sebagai media curhat kehidupan pribadiku, berbagi informasi dan pengalaman yang aku alami. Oleh karena itu aku memakai .info karena tujuannya fokus memberikan informasi bukan .com untuk tujuan komersial.

80% traffic blogku adalah organic hasil pencarian google, itulah yang menyebabkan lebih banyak new user ketimbang returning user. Yupz, aku tidak mempunyai pembaca setia blogku karena isinya gado-gado. Paling hanya beberapa teman saja yang kepo langsung menuju blogku ketika aku selesai membuat artikel baru.

Baca Juga:  Menjadi Lebih Dikenal dengan Kartu Nama Blogger (KTP Blog)

Sejak september 2019 aku melakukan sesuatu hal yang ekstrim. Setiap habis publish artikel baru di blog, aku melakukan blogwalking setidaknya 50-100 blog setiap hari, begitu terus dengan meninggalkan URL yang mengarah ke artikel atau ke domain utama. Pernah sekalinya berhenti karena lagi males BW, tapi setelah itu ya lanjut BW seperti kejar setoran.  Blog yang aku komentari beragam, mulai dari blog punya blogger Indonesia, blog punya blogger luar negri, dll.

Blog walking yang aku lakukan:

  • Tidak murni untuk silaturahmi blog melainkan bertujuan untuk mencari kunjungan balik.
  • Terlalu banyak nyebar link blog dalam 1 hari.
  • Komentar yang sama diberikan pada artikel yang berbeda.
  • Tidak melihat blog yang aku komentari punya spam score tinggi atau tidak.

Jadi, apakah karena aku meletakan link blog terlalu banyak?

Atau

Karena aku meletakan link pada blog dengan DA yang rendah atau Spam Score (SS) yang tinggi?

Membandingkan dengan blog lain yang tanpa blog walking

Aku sudah mengecek google search console berulang kali, memastikan semua artikelku terindex oleh google, memperbaiki error, menghapus backlink yang berpotensi merugikan blogku, dll. Aku juga berulang kali tidak percaya saat melihat statistik pada Google analytics, mencari strategi harus diapain lagi nih blogku ini?

Traffic log Antie.info setelah Google Update

Aku lalu membandingkan blogku yang utama ini dengan blog-blogku yang lain. Blogku yang lain hanya publish artikel saja dan TANPA MELAKUKAN BACKLINK.

Kenapa blog lainnya tidak diberinan backlink melalui blogwalking?

Web 1:

Jenis websitenya online shop dari wordpress wooommerce. Post yang dipublish tipenya adalah produk.

Web 2:

Bukan blog wordpress utama dan hanya sebagai blog sampingan.

Menariknya, blogku yang lain ini selamat dari update google kemarin. DA mereka tidak turun dan justru trafficnya meningkat.

Organic traffic yang sebelumnya mendatangkan 100 orang per hari, kini menjadi 300 orang per hari.

Traffic blog satunya (web 2) setelah Google Update. Sebelumnya daily traffic pada angka 100an orang. Sejak awal april meningkat jadi 300an orang per hari.

Perbedaan antara blogku ini Antie.info dengan blogku yang lainnya adalah terletak pada perlakukan setelah update postingan baru. Jika setelah publish artikel aku langsung melakukan BW demi bisa mendapatkan kunjungan balik dari orang lain, maka blogku satunya setelah posting artikel baru aku tidak melakukan apapun. Aku cuma mengandalkan organic traffic jika suatu hari artikel tersebut berhasil terindex google.

Artikelmu di blog Antie.info aja jelek!

Well.. kalau mau lebih jelek, web online shopku justru kontennya lebih jelek. WKWKW… isinya sama semua karena jenis produknya sama semua yaitu KAOS. Yang membedakan hanya judul dan foto produk. Seharusnya web itulah yang terkena pukulan google update lebih parah.

Ada apa ini?

Itulah yang membuatku mengambil kesimpulan bahwa pada saat google melakukan update algoritmanya, blogku Antie.info menjadi salah satu blog yang tidak memenuhi kriteria dan tidak layak untuk ditampilkan kepada user. Peringkat keyword di google juga diturunkan. Akibatnya, jika biasanya organic traffic dari google lumayan banyak untuk beberapa artikel yang aku tulis, kini berkurang. Hal itu mungkin saja karena pada hasil pencarian google, artikelku tidak masuk top 10 google lagi.

Penyebab blog trafficnya anjlok karena ON PAGE SEO lu jelek kali?

Aku yakin pasti kebanyakan dari kamu berfikir demikian.

Baca Juga:  AdReviewCamp Tutup, Depositku Hangus Entah Kemana

Hmmm… aku pernah bekerja di BBI tahun 2009 saat blogger lain masih dengan nulis biasa di blog mereka, aku sudah menerapkan ON PAGE SEO pada setiap postingan yang aku buat.  Aku sudah hafal urutan ON PAGE SEOnya diluar kepala tanpa perlu melihat contekan.

Untuk kamu yang ingin mengetahui tentang SEO, bisa download MOZ Cheat Sheet di sini.

Tapi memang tidak semua artikelku memiliki ON PAGE SEO yang bagus, terutama pada artikel yang jumlah kata-katanya sedikt, kategori sponsored review atau artikel sifatnya ala kadarnya aku tulis tanpa riset keyword.

Ubersuggest milik Neil Patel bisa menjadi info yang menjelaskan dari keyword apa traffic web berasal

Mengembalikan Organic Traffic Blog

Oke, karena aku bersikeras hal ini dikarenakan karena cara blogwalkingku yang salah, oleh karena itu aku harus memperbaikinya agar blogku kembali pulih seperti sedia kala.

Kamu tahu berapa jumlah backlink yang aku miliki pada blog Antie.info? Menurut Ahrefs, jumlah backlink yang dimiliki blogku sebanyak 2,142. Menurutku tidak semua backlink yang aku dapatkan berkualitas.

Beberapa perubahan yang aku lakukan pada blogku.

  1. Mengubah permalink blog yang dulunya /tangga/bulan/tahun/post-name.html menjadi /post-name.
  2. Memperbaiki artikel lama agar lebih up-to-date. Melakukan update isi blogpost yang lama agar sesuai dengan perkembangan jaman.
  3. Menambah artikel baru setiap hari.
  4. Membuang postingan lama yang kadaluarsa, tidak menghasilkan traffic, dan sudah tidak bisa dipertahankan lagi.
  5. Memperbaiki ON Page SEO.
  6. Redirect URL lama ke URL baru.
  7. Mengganti theme blog.
  8. Request re-index link blog post pada google search console.
  9. Request ke google untuk menghapus link yang usang/kadaluarsa agar tidak ditampilkan lagi dalam mesin pencarian google.
  10. Puasa tidak melakukan blogwalking dan mencari backlink baru dalam beberapa bulan.

Akhirnya perlahan-lahan ada kemajuan. Awalnya aku hanya memiliki 100 visitor setiap hari, kini setelah 2 Minggu visitorku bertambah menjadi 200 orang per hari. Hal itu aku lakukan TANPA melakukan BW alias blog walking meninggalkan link.

Setelah seminggu ada kenaikan jumlah pengunjung blog. 80% traffic berasal dari pengunjung baru.

AKU MASIH BELUM BERANI melakukan blogwalking dengan meninggalkan link blogku alias menyebar link lagi. Aku tunggu sampai blogku pulih dan target visitor per hari yang ingin aku dapatkan sudah teruwujud.

Cara Menaikan DA Pada Blog

Jangan terlalu terpaku pada DA, itulah yang dikatakan oleh Dr. Peter J. Meyers dalam artikelnya How Do I Improve My Domain Authority (DA)?

Namun bagi blog yang sering menerima job review nulis artikel, endorse, content placement, dll pasti kebanyakan yang diminta adalah blog dengan DA yang tinggi, ya kan?

Baca Juga:  5 Blogger yang Dipenjara Karena Tulisannya

Nah, dari artikel ini aku jadi semakin yakin kenapa DA blogku menurun, salah satunya dari backlink hasil blogwalking yang spammy dan berasal dari DA yang rendah.

Nah, jadi kalau mau nyari backlink harus pilih-pilih dari DA yang tinggi gitu? Yup! Lebih baik backlink sedikit berkualitas daripada backlink banyak seperti punyaku tapi nilainya kecil-kecil. Tapi kalau bisa sih baclink banyak dan berkualitas.

Pastikan juga dari sekian banyak link yang ditanam pada halaman/web yang DA-nya tinggi itu juga menghasilkan traffic ke blog kita. Jangan cuma naruh link di web yang DAnya tinggi tapi gak ada traffic yang berasal dari sana.

Buatlah guest post dengan artikel menarik di blognya temanmu yang mempunyai DA tinggi. Buat pula beberapa artikel di web yang memiliki DA tinggi seperti Medium, hubpages, Ezine Articles, situs berita populer, dll lalu menyisipkan link blogmu di sana.

Tapi kalau kamu mau mencoba menaikan DA blogku dengan bantuan orang lain, coba hubungi mas PeWe, dia punya layanan jasa push DA. Beberapa clientnya sudah membuktikan kalau beliau bisa menaikan DA blognya.

Trus bagaimana cara support teman-teman blogger lain kalau tidak blog walking? Nanti dikiranya sombong gak pernah komen di blog temannya.

Bagaimana mau mengenalkan blog kita kepada orang lain kalau tidak meninggalkan link di kolom komentar?

Aku sekarang fokus mendapatkan artikel dari kunjungan organic dari mesin pencari. Melihat pengalaman website online shopku dan blogku no 2 ramai dikunjungi pembeli, traffic bisa datang sendiri hanya dari mesin pencari Google tanpa perlu sebar link, melakukan iklan di Google Ads atau Facebook Ads, dll.

Aku masih BW blog punya teman-teman kok dengan sukarela, tapi kini lebih ikhlas dan tanpa mengharapkan tambahan PV dengan kunjungan balik. Biasanya aku cuma baca2 artikel mereka dan kalau sekarang memberikan komentar tidak pernah mencantumkan URL blogku.

Kesimpulan

Akhirnya aku tau penyebab DA blogku turun. Memang efeknya tidak langsung terasa saat melakukan BW, melainkan akumulasi dari aktifitas blogwalking selama ini yang menyebarkan link secara serakah dan terindikasi spammy.

Penyebab organic traffic lost belum terpecahkan, namun setidaknya aku sudah mendapatkan pengganti kunjungan organic visitor baru untuk hasil pencarian dari artikelku yang baru.

Sekarang aku harus memperbaiki blogku dengan cara menambah artikel baru yang lebih disukai mesin pencari, artikel banyak dicari user,  banyak menulis guest post di web yang memiliki DA tinggi, dan yang terpenting setiap artikel harus memiliki ON page SEO yang lebih bagus.

Sekian pengalamanku yang percaya bahwa blog walking (BW) bisa menyebabkan organic traffic lost dan anjoknya DA. Kamu boleh percaya boleh tidak, namanya juga pengalaman pribadi.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like