Cegah alzheimer dengan mengisi buku TTS

Mengutip dari website Antaranews.com, mengisi teka teki silang atau TTS dapat menjadi salah satu cara untuk melatih kerja otak dan menghambat kepikunan atau demensia, kata dr. Untung Gunarto Sp.S. MM.

Aku setuju dengan pernyataan ini karena sudah terbukti oleh almarhum eyangku puluhan tahun lalu. TTS yang dimaksud dalam bentuk buku yang biasanya sampul halaman depannya gampar perempuan cantik.

TTS dapat menghambat kepikunan

Pada tahun 1990-2006, eyangku sangat gemar mengisi TTS. Koleksi buku TTSnya sangat banyak dan herannya beliau selalu bisa mengerjakannya padahal menurutku lumayan susah.

Ternyata kegiatan yang dilakukan eyangku setiap hari dapat menstimulasi otak beliau dengan cara mengingat, mengepaskan huruf dengan kotak yang tersedia, mengambil keputusan benar atau tidak, menyesuaikan huruf yang sudah ada dan memilih kata sehingga hingga usianya hampir 80 tahun, eyangku sama sekali tidak mengalami kepikunan seperti lansia seumurannya.

Sayangnya kegiatan yang positif ini sekarang jarang dilakukan oleh lansia jaman sekarang. Lansia jaman sekarang sudah terkena modernisasi dan cenderung lebih pasif. Mereka lebih suka menonton TV dan video dan jarang sekali melatih otaknya.

Buku TTS jaman dulu vs buku TTS modern

Buku TTS Jadul

Perbedaan buku TTS jaman dulu dan sekarang lumayan banyak. Contohnya, buku TTS jaman dulu identik dengan sampul depan buku bergambar wanita cantik. Kertas yang digunakan adalah kertas buram dan isinya tidak terlalu banyak. TTS ini juga biasanya memberikan undian berhadiah bagi yang bisa menyelesaikannya dengan cara mengirimkan jawaban ke alamat redaksi. Harganya murah, mulai ribuan rupiah saja. Buku TTS jadul ini biasa dijual di penjual buku keliling, pasar buku bekas atau e-commerce.

Buku TTS Modern

TTS moderen sekarang banyak yang digital berupa aplikasi atau buku yang dicetak lebih bagus kualitas kertas dan sampul yang menarik. Tingkat kesulitannya disesuaikan dengan penggunanya. Ada TTS khusus lansia, TTS khusus anak-anak, TTS yang berhubungan dengan pelajaran sekolah, dll. Biasanya harganya juga jauh lebih mahal, mulai puluhan ribu rupiah. Buku TTS modern ini bisa kamu beli di toko buku ataupun e-commerce.

Kesimpulan

Banyak sekali manfaat mengisi buku TTS ini. Selain berguna untuk melepas stres, dapat mengontrol emosi pada lansia dan juga menjaga pikiran tetap aktif. Doug Brown, Direktur Riset Alzheimer’s Society berpendapat bahwa menjaga pikiran tetap aktif dapat membantu mengurangi penurunan kemampuan berpikir. Yuk, saat nanti pulang ke kampung halaman, luangkan waktu untuk menemani orangtua kita bermain dan belajar dengan mengisi TTS bersama-sama di rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like