5 Jenis Hobi Yang Bisa Bikin Sukses

Beberapa minggu lalu di beranda FYP sosmedku muncul sebuah video yang menurutku sangat bagus. Aku lupa siapa nama pemilik akunnya, tapi yang dia sampaikan cukup bagus. Dia menjelaskan tentang 5 hobi yang sebaiknya kita miliki jika ingin sukses.

Setelah aku telaah, ternyata ada benarnya juga info yang disampaikan itu. Aku lalu mencari tahu hobi-hobi apa saja yang sudah kumiliki, ternyata aku hanya memiliki 4 dari 5 hobi tersebut.

5 Jenis Hobi Yang Bisa Perlu Dimiliki Agar Menjadi Orang Sukses

Aku hanya hafal empat hobi yang dijelaskan, satu hobi terakhir aku lupa judul hobinya apa, tapi maksudnya aku paham. Oke, langsung saja ya ini dia 5 hobi yang wajib kamu miliki jika ingin sukses.

5 jenis yang bisa membuat sukses
credit: unsplash

Hobi yang dapat menghasilkan uang

Siapa yang menyangka bahwa hobiku yang suka menyunting gambar sederhana bisa menghasilkan uang dengan cara menjualnya dalam bentuk merchandise di marketplace online. Suamiku yang awalnya hobi memelihara ikan koi untuk kesenangan semata kini mencoba melakukan bisnis jual beli ikan yang dilakukan dari rumah. Keuntungannya lumayan dan tidak terduga lho.

Semua tergantung padamu, mau menaikan level hobimu itu menjadi bisnis atau hanya membuatnya sebagai hobi biasa yang terus menghabiskan uang.

Hobi yang membuat kreatif

Hobi yang berhubungan dengan kreatifitas ini biasanya akan membuat kamu lupa waktu karena secara tidak langsung kamu akan terus mengasah kreativitasmu. Contohnya adalah bermain alat musik, menulis, menggambar, membuat kreasi dari barang bekas atau bahkan jika itu hanya bermain building-block.

Hobi yang dapat menambah ilmu dan pengetahuan

Mengikuti kursus secara daring, ikut seminar atau workshop dan membaca buku baru adalah salah satu contoh hobi yang dapat menambah pengetahuanmu. Kamu benci membaca buku? Tidak masalah, kamu masih dapat menonton video tutorial di internet. Intinya, cari aktivitas yang berfaedah yang dapat memberikanmu pengetahuan baru.

Hobi yang dapat membuat tetap sehat

Sesibuk-sibuknya kamu, jangan lupakan kegiatan yang bisa membuatmu sehat namun kamu juga menyukainya. Jika kamu tidak suka berolahraga di gym, maka tidak perlu memaksa untuk melakukannya. Mulailah dengan olahraga berjalan kaki selama 30-45 menit setiap hari dengan memutari lingkungan rumahmu.

Bersepeda dengan teman-teman setiap akhir pekan juga bisa menjadi alternatif pilihan yang dapat dilakukan. Tanpa kamu sadari hal itu akan membuat tubuhmu tetap fit dengan aktif bergerak. Tetapi yang terpenting adalah kamu melakukan olahraga tersebut dengan senang dan ikhlas.

Hobi santai

Oke, seperti yang aku katakan tadi bahwa aku tidak begitu ingat tentang hobi yang terakhir ini. Tapi pada dasarnya hobi ini adalah hobi yang santai. Kamu boleh memiliki hobi nonton film, mendengarkan musik, memberi makan hewan terlantar, memancing, dll Pada dasarnya, hobi ini yang akan membuatmu menjadi lebih fresh, rileks, menikmati hidup tanpa membuatmu berfikir terlalu berat.

Untuk penjelasan yang terakhir ini, maaf ya kalau ternyata salah. Aku mengaitkannya sendiri soalnya. Keempat hobi lainnya mempunyai tujuan tertentu yang memberatkan kinerja otakmu. Kamu perlu sesuatu pos pemberhentian yang membuatmu santai dan bisa istirahat sejenak, dengan syarat tidak kebablasan.

Lalu kalau nggak mempunyai kelima hobi itu maka tidak akan sukses gitu? Ya enggak juga sih. Karena penentu kesuksesan seseorang juga karena banyak faktor, salah satunya keberuntungan. Definisi sukses bagi tiap orang juga pasti berbeda. Ada yang menganggap sukses itu kalau karirnya meningkat, ada yang sukses jika berhasil menurunkan berat badan hingga 10 kg atau sukses karena karya dan kreativitasnya bisa dikenal di seluruh dunia.

Jadi, bagaimana sudah ada gambaran untuk membuat list hobi-hobi apa saja yang kamu punya?

4 comments
  1. Kalau diperhatikan dari daftar hobinya memang pada akhirnya bisa bikin sukses selama ada konsistensi dan fokus pada hobi tersebut ya mba. Kalau hanya main main aaja ya percuma kwkwk

  2. Salah satu hobby aku menulis di blog, sepertinya mencakup hampir semua. Betul ya, ngapain jalanin hobby kalau tidak punya manfaat

  3. Memang akan lebih baik jika kita melakukan sesuatu yang kita sukai sih. Apalagi kalau pada akhirnya, apa yang kita sukai (hobi) bisa menghasilkan. Wuih, rasanya kita tu nggak perlu merasakan capek. Enjoy aja terus.

    Saat konsisten maka sukses bukanlah hal yang mustahil.

  4. tiap orang punya hobi berbeda yang bisa jadi potensi buat dirinya sendiri ya, bisa menghasilkan uang ataupun hanya untuk sekedar membuatnya happy, menambah kreativitas, atau sukses dikenal karena hobinya juga bisa, seperti hobi menulis akan terkenal sebagai penulis, atau suka cerita, cuap-cuap sekarang bisaa banget dikenal dengan podcast-podcast atau YouTubenya ya.
    atau hobi main pun juga kalau ditekuni bisa buat sukses asal tahu jalannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like