Saran untuk programmer Tokopedia

Sebagai seorang seller dan mantan programmer, aku ingin mereview fitur untuk seller yang mungkin bisa dikembangkan oleh Tokopedia secepatnya!

Aku mendaftar sebagai seller Tokopedia kurang lebih 9 tahun lalu. Saat itu marketplace Indonesia masih sedikit dan e-commerce tidak sebooming sekarang. Yap, 9 tahun lalu aku sudah berjualan online. Sayangnya akun Tokopediaku yang sudah tua itu menghilang bersamaan dengan inactivenya emailku.

Sebagai seller yang juga memanfaatkan fitur berbayar Tokopedia Gold Merchant, aku merasa masih ada kekurangannya. Agak sedikit kecewa sih, karena seharusnya Tokopedia bisa lebih baik. Kenapa aku bilang begitu?

Hampir 10 tahun aku membangun website toko onlineku dari nol sampai sekarang menggunakan Woocommerce. Single fighter? Iya.. padahal sudah lupa coding itu seperti apa. Berbagai macam plugin aku gunakan untuk mempermudah kerjaku. Aku juga mendaftar banyak ke marketplace luar negri hanya untuk mengetahui seller portal mereka bekerja seperti apa.

Jika saja Tokopedia mau menerapkan beberapa fitur yang menurutku memudahkan seller banget, aku jadin Tokopedia akan terus menjadi e-commerce teratas dan terbesar.

Read:  Investasi Amazon Mini Site

Fitur Penting Tokopedia

Oke, apa aja fiturnya yang perlu ditambah oleh Tokopedia? Ini daftarnya:

1. Fasilitas edit produk secara masal melalui CSV

Fasilitas ini penting banget, terutama bagi seller yang mempunyai produk hingga ribuan. Jadi seller cukup melakukan export product ke komputer mereka dengan output .csv. Lalu secara offline seller bisa mengedit judul, harga, deskripsi, image product, dll dan kemudian bisa diupload ke seller portal dengan ekstensi .csv pula. Hal ini sangat menghemat waktu dan tenaga.

Selama ini kan Tokopedia hanya ada fasilitas input produk baru melalui file .csv tetapi tidak untuk edit produk lama secara masal / bulk edit.

2. Fasilitas mengubah masal produk yang tadinya ready stock menjadi Pre Order (PO) di fasilitas manage product.

Selama ini, edit produk masal yang bisa dilakukan hanya hapus produk, pindah etelase, set produk menjadi kosong dan tersedia saja. Kalau bisa, tambahkan lagi dong fitur bulk edit ke preorder.

Kenapa aku butuh ini? Karena semenjak tokopedia mempersingkat waktu memproses pesanan menjadi 1×24 jam, hal ini tentu saja menyusahkan dropshiper dan pedagang produk custom yang membutuhkan waktu 2-3 hari untuk memproses order. Padahal sebelumnya jatah waktu 2×24 jam cukup bagiku memproses order, nah kalau cuma 24 jam ya sudah dong. Apalagi kalau pesanan sedang banyak. Bisa-bisa tidak terhandle dan bisa dicancel otomatis oleh Tokopedia gara-gara terlambat memasukan nomer resi.

Read:  Membayar Biaya Iklan Google Adwords Menggunakan Paypal

3. Memberikan opsi waktu pemrosesan toko di bagian setting

Misalnya Tokopedia nggak mau bikin produk bulk edit PO, bisa tuh diberikan opsi setting waktu pemrosesan produk. Kalau di Shopee ada tuh pengaturan berapa lama waktu yang dibutuhkan toko untuk memproses semua order. Jadi nggak perlu setting satu-satu produk menjadi PO.

Sementara itu dulu yang perlu ditambah. Semoga fitur tadi segera ada di Tokopedia. Aaamiin…

Leave a Reply

*