Ad Retargeting, Ayo ‘Hantui’ Pengunjung Webmu dengan Iklanmu

Pernah dengar tentang Ad Retargeting?

Sepertinya itu ilmu baru ya dalam dunia internet marketing?

Ah enggak juga..

Saya juga nggak begitu paham tentang ad retargeting sampai saya mendapatkan surel dari Adroll dan AddShoppers yang menawarkan jasa mereka.

Pada dasarnya ad retargeting itu membuat pengunjung website kita (misalnya online shop) yang meninggalkan web tanpa membeli menjadi seperti ‘dihantui’ oleh iklan olshop kita kemanapun dia pergi.

Misalnya dia browsing, nanti halaman web yang dia buka akan muncul iklan kita. Trus pas dia log in Facebook, di News Feed dan iklan di sidebar sebelah kanan akan muncul iklan kita.

Penjelasan Ad Retargeting

Contohnya yang gampang aja deh,, coba kamu browsing produk di Zalora.co.id trus kamu nggak beli, nanti setiap kali kamu pergi browsing atau facebookan lewat PC/Laptop akan muncul gambar produk yang tadi kamu browsing di Zalora.

Website dengan Ad Retargeting

Indonesia Saya adalah salah satu korban Ad Retargeting. Jadi kemanapun saya pergi produk-produk punya online shop yang sebelumnya saya brosing muncul seperti ngiming-ngimingi supaya beli, Banyak website Indonesia, terutama online shop besar yang menggunakan konsep ini. Salah satunya ya itu tadi, Zalora. Ada juga Groupon, BerryBenka, Lazada, dan masih banyak lagi.

Read:  Twitterku Bangkit Dari Kubur - Akun Twitter Disuspend

Luar Negri Kalau website luar negri lebih banyak lagi, antara lain Booking.com, Wholesale-Dress, Hootsuite, Teespring, Redbubble, GetResponse, dll.

Mereka sama sekali nggak mau kehilangan visitor dan sebisa mungkin agar visitor yang nggak beli akhirnya kembali lagi dan membeli, of course setelah ‘dihantui’ selama beberapa hari.

Budget untuk Ad Retargeting

Menurut saya budget untuk Ad Retargeting ini relatif sih ya, biasanya minimal $25 per bulan, dan bisa lebih tergantung kamu mampu mengeluarkan uang berapa untuk iklan.

Masih lebih murah lho daripada beriklan di Facebook Ads. Kalau kita setting FB Ads sendiri, kita harus scrap user ID kalau mau iklan kita targetnya tepat, dsb. Belum lagi minimal budget per hari biasanya $10-$15. Kalau total pengeluaran 1 bulan beriklan di FB Ads ya… bisa bokek, hehe.

Perusahaan Ad Retargeting

Ada banyak perusahaan Ad Retargeting dan Display Advertising. Salah satunya yang tadi saya bilang, adroll.com

Mana yang bagus?

Kalau menurut saya sih yang paling murah. Karena sama aja sih, kan mereka sama-sama menampilkan iklan kita di website dan facebook, jadi kalau bisa cari yang low budget dan ada free trial.

Read:  Akun Amazon Affiliate Tiba-Tiba Ditutup

Saya sendiri belum menggunakan jasa Ad Retargeting,, soalnya online shop saya masih menjual barang-barang orang lain (affiliate) dan bukan produk kreasi sendiri. Mungkin nanti saya akan mencoba ad retargeting kalau bikin konsep baru, brand yang original dan bener-bener saya bangga untuk pamer.

Buat yang mau berwirausaha sama saya,, silahkan kontak saya. Khusus buat ibu-ibu muda yang nggak kerja kantoran dan ingin serius punya bisnis dari nol. Mungkin kita bisa diskusi bareng dan kerja sama.

Selamat berakhir pekan 🙂

7 Comments on Ad Retargeting, Ayo ‘Hantui’ Pengunjung Webmu dengan Iklanmu

  1. ibnu ch
    01/03/2014 at 4:49 am (5 years ago)

    Wah saya baru denger neh, tapi emang beberapa kali menjumpai hal kayak gini, ternyata Hantu Maya 😀
    Salam,,

    Reply
  2. PRofijo
    01/03/2014 at 11:05 am (5 years ago)

    Baru tahu saya klo ada ad retergeting

    Reply
  3. Hanif Mahaldi
    01/03/2014 at 11:58 am (5 years ago)

    oalah maksudnya itu ya, pantesan kok rasanya ada yang aneh pas browsing keman2. hehe.

    Reply
  4. ndop
    01/03/2014 at 3:08 pm (5 years ago)

    menurutku canggih banget ya “tool” nya, bisa menghantui dengan menampilkan barang yg kita tadi gak jadi beli.. untungnya aku kalau beli barang di kaskus, jadi nggak sampe dihantui haha.. Buat mengingat, aku taruh di pinterest hehehe..

    Reply
  5. Miftah Afina
    02/03/2014 at 2:36 pm (5 years ago)

    Tapi menurutku saya masih ajib’an google ads. 🙂

    Reply
  6. Faradiba Achmadi
    06/03/2014 at 10:15 am (5 years ago)

    Biasanya saya “dihantui” terus sama Zalora, retargeting-nya gila-gilaan, ya pakai AdRoll, ya pakai AdWords langsung juga (remarketing).

    @Miftah Afina: sepertinya lebih advance AdRoll mas, karena AdRoll juga muncul di AdSense, Facebook Ads dan banyak media periklanan lainnya.

    Reply
  7. beken
    08/04/2016 at 8:25 am (3 years ago)

    baru ketemu web adroll, klo buat jd publishernya gimn gan cocok ga buat blog indonesia

    Reply

Leave a Reply

*