Cara Membedakan Parfum Asli dan Palsu / KW

Hampir semua orang pasti tahu bagaimana cara membedakan parfum asli dan palsu / KW. Kamu hanya perlu melihat harganya, apabila harga parfum branded dibawah 100ribu rupiah, sudah jelas itu parfum KW.

Namun ada pula harga parfum palsu yang harganya lebih murah 300-500 ribu dari harga yang dijual di counter di mall atau bahkan harganya sama, bagaimana cara membedakannya?

Berikut adalah tips cara membedakan parfum asli dan KW / palsu.

Cara Membedakan Parfum Asli dan Palsu

Kemasan

Parfum KW umumnya tidak memiliki bentuk botol dan dus pembungkus (box) yang menyerupai parfum asli. Perbedaannya adalah, kemasannya tidak ekslusif, tidak rapi dan tidak seperti menandakan itu adalah parfum asli yang mewah. Entah itu ada kesalahan eja pada deskripsi produk, bentuk botol dan tutup botol yang kurang rapi, bahkan beberapa parfum memiliki stiker hologram dan kemasan dengan tulisan timbul.

Tentu saja mustahil mengharapkan bentuk yang sama persis jika harga jual parfum tersebut Rp 30.000 rupiah. Beberapa parfum bahkan tidak memiliki box kemasan, hanya botol saja dan dibungkus menggunakan kain. Biasanya penjual akan mengatakan itu parfum ori reject.

Nomer Seri

Cara membedakan parfum asli dan kw

credit: suara.com

Beberapa parfum murah yang branded dan benar-benar mahal dilengkapi dengan nomor seri atau barcode yang bisa kita pastikan keasliannya di website brand parfum tersebut. Nomor batch code yang ada di box/dus HARUS SAMA dengan nomor yg tertera di botol. Sticker Label di bawah Botol yang berisi Nomor Seri dapat terbaca dengan Jelas. Jika parfum KW atau palsu mungkin ada nomer serinya, tetapi hal itu tentu saja palsu. Terkadang batch number pada BOX dan bagian bawah botol hanya berupa sablon yang dapat pudar.

No BPOM

Parfum Original BPOM

credit: prelo.co.id

Beberapa parfum asli yang didapatkan dari distributor resmi terdapat no BPOM. Kecuali memang parfum merk tertentu yang tidak beredar di Indonesia dan dibeli dari luar negri.

Aroma

Jika parfum asli memiliki ketahanan aroma bisa lebih dari 4-5 jam, maka parfum KW atau palsu hanya bertahan beberapa jam saja, maksimal 2 jam. Hal ini tentu saja membuat parfum asli irit digunakan, dan membuat parfum KW lebih cepat habis dan boros karena kita perlu menggunakannya sesering mungkin.

Warna Cairan

Cara membedakan parfum asli dan palsu

credit: suara.com

Cairan parfum asli terbilang lebih jernih daripada parfum palsu. Agak susah membedakan menggunakan metode ini, terlebih lagi jika kamu membelinya secara online dan tidak dapat mencoba testernya. Kebanyakan parfum asli tidak menggunakan atau hanya sedikit menggunakan pewarna tambahan dalam produk. Sementara parfum palsu banyak menggunakan zat pewarna kimia untuk membuat tampilan parfum lebih menarik.

Read:  Model Baju Casual Untuk Orang Gemuk Agar Terlihat Langsing

Tekstur

Bagi pemilik kulit sensitif akan merasakan panas ketika parfum palsu tersebut disemprotkan, dan parfum lebih cepat kering di kulit. Parfum kw menggunakan banyak alkohol sebagai campuran. Hal ini membuat parfum palsu lebih mudah menguap dibanding parfum asli dan bisa menyebabkan alergi untuk sebagian orang.

Tips Saat Akan Membeli Parfum

Tidak perlu memaksakan diri membeli parfum branded tapi KW yang mewah dengan harga jutaan rupiah jika masih ada parfum berharga ratusan ribu tetapi wanginya enak dan tahan lama. Akan tetapi jika kamu sudah siap untuk membeli parfum asli dan memang budgetnya ada, ada baiknya kamu mengikuti tips dibawah ini sebelum membeli parfum.

Beli di Department Store

Jika kamu tidak yakin parfum apa yang ingin kamu beli, tidak tahu wanginya bagaimana, sebaiknya memang datang ke mall, department store atau gerai penjual parfum terpercaya. Kamu bisa bebas mencoba tester parfum yang mereka miliki sesuai kebutuhan dan kepribadianmu.

Kamu juga bisa tenang karena barang yang mereka jual adalah original, karena mereka tidak mau reputasinya dipertaruhkan kalau sampai ketahuan menjual barang palsu.

Beli di Toko Online Terpercaya

Tidak banyak toko online yang khusus menjual parfum original atau parfum asli dan terpercaya. Oleh karena itu kamu harus memeriksa rating dari si penjual dan juga review dari para pembelinya. Lakukan pencarian di Google untuk melihat apakah ada yang posting keluhan terkait situs atau toko online tersebut.

Keuntungan dari membeli parfum original di toko online parfum adalah hargaya yang jauh lebih murah daripada harga di counter parfum di mall. Tetapi wajib waspada juga apabila harga yang ditawarkan terlalu murah dengan harga parfum yang dijual offline.

Tips Membeli Parfum Original Murah

Coba di counter parfum, Beli di Toko Online

Tips jika kamu ingin membeli parfum dengan harga murah tanpa takut tertipu adalah dengan mencoba testernya terlebih dahulu di counter parfum yang ada di mall kemudian membelinya di toko parfum online. Cocokan wangi parfum yang telah kamu coba jika kamu bisa mengingat wanginya. Apabila wanginya sesuai dengan parfum yang kamu beli di online shop itu, maka toko online tersebut dapat dipercaya. Lakukan juga tes keaslian parfum asli seperti mengecek kemasan, cairan parfum, dan daya tahan parfum.

Beli Parfum Tester / Miniatur / Vial

contoh parfum vial black opium yves saint laurent

credit: shopee

Salah satu cara memiliki parfum mewah tapi low budget adalah dengan membeli parfum tester, vial atau miniatur yang ditawarkan oleh beberapa penjua parfum. Umumnya parfum ini memang dijual sebagai sample atau contoh atau ada pula parfum yang dibuat versi kecil atau mini. Vial merupakan produk sample. Volume bervariasi 1-2ml dan dikemas langsung dari pabrik. Keuntungan membeli parfum ini adalah bentuknya yang imut, ringkas dan mudah dibawa-bawa.

Beli Parfum Lokal Original

Parfum lokal juga tidak kalah wanginya dengan parfum branded, terlebih lagi harganya juga lebih terjangkau seperti EDT wardah, miniso, oriflame, Carl & Claire, dll.

Read:  Foto-Foto Krim Pemutih Wajah Berbahaya

Toko Online Parfum Terpercaya

Beberapa toko online parfum original yang aku rekomendasikan karena aku pernah mencoba membeli parfum dari toko online di bawah ini dan hasilnya puas.

RumahParfum.com

Website Rumah Parfum Online

RumahParfum.com adalah toko online parfum 100% original yang sudah berdiri sejak tahun 2006 dan merupakan toko online parfum terbesar di Indonesia. Rumah Parfum bekerjasama dengan semua distributor resmi parfum original di Indonesia, karena itu mereka yakin bahwa parfum yang dijual adalah 100% Original.

Zataru.com

Website SZataru Jual Parfum Online

Zataru adalah toko parfum di Indonesia yang hanya jual parfum original serta memberikan garansi uang kembali 100% apabila ragu dengan kualitas dan keaslian parfum yang telah dipesan.

Strawberrynet.com

Website StrawberryNet Jual Parfum Online

StrawberryNet telah berdiri lebih dari 10 tahun dan memiliki ratusan ribu pelanggan dilebih dari 200 negara di dunia. Mereka memiliki banyak varian parfum, skincare dan juga kosmetik. Semua produk yang ditampilkan adalah 100% merek asli, sama seperti di department store.

Baca: Pengalaman Belanja di StrawberryNet.com

Pengalaman Membeli Parfum KW

Semasa dibangku sekolah hingga kuliah, aku hanya memakai wewangian yang berasal dari body mist / spray yang dijual di mini market. Pengetahuanku tentang wewangian bertambah ketika akan menghadiri wisuda teman.

Saat itu aku harus menemani temanku menghadiri wisuda, tetapi aku sama sekali tidak punya persiapan. Akhirnya aku berinisiatif meminjam gaun dan sepatu milik tanteku. Sehari sebelum gaun diberikan padaku, dia menyemprotkan parfumnya ke baju tersebut. Keesokan harinya, aku masih mencium wangi parfum tersebut hingga sore hari saat aku mengembalikan baju tersebut.

Aku lalu teringat, tanteku menyemprotkan parfum merk Aigner. Karena kepo akhirnya aku mencari tahu berapa harga parfum tersebut di department store. Dari situ aku sadar, bahwa parfum yang mahal memang kualitasnya juga bagus.

Karena saat itu aku masih jadi anak kuliahan dan belum bekerja, aku coba membeli parfum kw dengan merk yang sama seperti punya tanteku. Ternyata baru beberapa jam saja wanginya sudah hilang, dan parahnya wanginya sama sekali nggak menyerupai hanya bentuk botolnya saja.

Salah satu orang yang paling penasaran sama parfum ori – kw ini adalah suamiku. Dia kepingin beli parfum terre d’hermes tetapi harganya jutaan, dan dia mikir-mikir kalau harus beli parfum semahal itu hanya untuk dipakai berangkat kerja.

Penasaran, akhirnya dia beli yang parfum isi ulang/refill hingga parfum yang katanya ori singapore yang harganya ratusan ribu. Ternyata wanginya konstan dan tidak berlapis seperti review orang-orang mengenai parfum original / authentic yang ada Top Notes, Middle Notes dan Base Notes.

Aku sampai sebal, kenapa sih beli parfum terus. Ngerasa buang-buang uang gak sih, mana belinya yang kawe-kawe lagi dan sampai sekarang parfum tiruan itu nggak dipakai. Lebih baik kan uangnya ditabung hingga cukup untuk membeli parfum branded yang asli.

Akhirnya suamiku sekarang membeli dan memakai parfum murah EDT Miniso yang Green Tea karena sudah lelah mencoba parfum kw, suntikan atau isi ulang/refill.

Read:  17 Masker Wajah Alami Untuk Memutihkan Wajah

Pro Kontra Parfum Ori Singapur

Artikel ini aku ambil dari kaskus dengan judul Let’s talk about parfum Original VS Non Original (KW, Reject, dll).

Parfum diproduksi dengan standar proses Q and A (quality and assurance). Sehingga parfum yg cacat/tidak lolos quality control, tidak akan didistribusi. Seharusnya jumlah barang reject sangatlah terbatas. Namun stok parfum reject ini justru banyak dan melimpah sehingga bisa dijual lagi.

Jika benar-benar ini parfum original dan reject, tentunya brand asli parfum tersebut tidak akan meloloskan produk yang reject kepasaran karena takut merusak citra dan pasti parfum yang tidak lolos uji akan langsung dimusnahkan.

Alasan lain yang digunakan penjual adalah parfum ini adalah reject dari toko atau counter karena botolnya lecet lah, dsb. Dimanakah dusnya sehingga hanya dijual botolnya saja?

Kalau original, mengapa harga parfum reject original masih lebih murah daripada miniatur parfum aslinya? Padahal secara ukuran, parfum miniatur itu lebih kecil dan lebih sedikit isinya.

Bagaimana pendapatmu tentang hal ini?

Kesimpulan

Beberapa orang memang sadar jika mereka membeli dan memakai parfum KW. Entah itu karena mereka belum mampu membeli parfum branded yang asli atau hanya ingin membandingkan wangi parfum asli dan tiruannya. Tidak salah, karena itu adalah pilihan masing-masing orang.

Ada tiga jenis wewangian yang wajib kamu punya. Wewangian untuk kegiatan ringan sehari-hari, saat bepergian menghadiri acara santai dan casual dan wewangian yang berat dan tahan lama seperti pergi ke klub malam, undangan pernikahan, pesta, acara wisuda, dll.

Aku menggunakan banyak wewangian dengan aroma yang berbeda agar aku bisa terus mengenali wanginya. Terkadang jika aku terlalu sering menggunakan parfum yang sama terus menerus akan membuat hidung kebal dan seperti tidak mencium aroma parfum yang sedang ku pakai. Padahal mungkin orang lain mencium baru parfum menyengat akibat terlalu banyak menyemprotkannya.

Untuk kegiatan sehari-hari, aku lebih suka menggunakan body mist, body spray, cologne ala mini market yang harganya tidak lebih dari Rp 50.000 rupiah. Ketika bepergian ke mall, aku menggunakan parfum yang ketahanannya cukup 3-4 jam saja, dengan range harga Rp 100-200ribu rupiah. Jika bisa, sediakanlah budget untuk membeli minimal 1 wewangian yang berat dan mewah. Belilah satu parfum branded dengan daya tahan diatas 10 jam untuk menghadiri acara formal dan berkelas.

Sesungguhnya tidak ada yang namanya ori reject atau parfum ori singapore, semuanya hanya parfum KW atau palsu dengan penyebutan yang berbeda. Yang dikhawatirkan adalah ketika orang awam yang tidak mengerti dan menganggap produk yang berlabel ‘ORI’ adalah benar-benar authentic seperti produk aslinya.

Semoga dengan artikel cara membedakan parfum asli dan palsu ini kita bisa menentukan jenis parfum yang akan dibeli sesuai dengan kebutuhan.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Cara Membedakan Parfum Asli dan Palsu / KW
Author Rating
51star1star1star1star1star

1 Comment on Cara Membedakan Parfum Asli dan Palsu / KW

  1. Afriant Ishaq
    16/03/2020 at 11:22 pm (2 minggu ago)

    Saya termasuk cowok yang ga suka parfume sih. Baik Saya atau Orang di sekeliling Saya.

    Gak tau kenapa, lebih suka aroma asli uang keluar dr tubuh sih. Tapi ya gak bau² amat juga lah hehe.

    Balas

Leave a Reply