Pengalaman Mudik Lebaran Lewat Tol Trans Jawa 2019 Jakarta – Surabaya

Hai teman-teman,
Bulan April 2019 (tepatnya pada saat pemilu 17 April), aku dan keluarga mencoba pergi ke Surabaya menggunakan jalur darat menggunakan mobil. Kami ingin mencoba jalan atau medan yang akan kami lalui nanti pada saat mudik lebaran 2019.

Aku mau berbagi pengalaman perjalanan dari Jakarta ke Surabaya dan sebaliknya menggunakan jalan tol trans jawa yang baru saja diresmikan oleh presiden kita Pak Jokowi pada tahun kemarin. Aku mau share pengalamanku bersama suami dan anak-anak bagaimana persiapan yang diperlukan selama diperjalanan. Langsung saja ya..

Alasan Naik Mobil dari Jakarta ke Surabaya

Jadi alasan mendasar aku dan keluarga memutuskan untuk pulang kampung menggunakan mobil sendiri adalah karena hemat dan lebih murah! Iya bener! Selama 6 tahun ini setiap lebaran kami selalu menggunakan pesawat jika pulang ke Surabaya. Saat itu tiket pesawat masih murah, antara 600 – 800 ribu per orang saat lebaran. Selain itu anggota keluarga kami pun masih 3 orang. Sekarang anggota keluarga kami berjumlah 4 orang dan tiket lebaran paling murah saat ini 1,2 juta rupiah. Totalkan saja jika 4 orang pulang pergi bisa habis hampir 10 juta rupiah. Uang THR suami bisa habis hanya untuk membeli tiket pesawat. Padahal kalau lebaran pasti ada acara jalan-jalan rekreasi, bagi-bagi angpao lebaran, makan di luar, dll.

Satu-satunya cara agar bisa mudik dengan hemat dan menyenangkan adalah membawa kendaraan sendiri. Terlebih lagi jalan tol trans jawa sudah dibuka. Perjalanan ke Surabaya yang dulu menghabiskan waktu hingga 16-24 jam saat mudik lebaran lewat jalur pantura, sekarang bisa dipangkas hingga 10 – 12 jam kalau lancar.

Alasan kedua, dengan membawa mobil sendiri, kami punya kendaraan jika ingin pergi keliling kota tanpa perlu mengeluarkan uang lebih banyak untuk naik taxi atau taxi online.

rest area jalan tol ngawi kertosono

rest area jalan tol ngawi kertosono

Persiapan Mudik Lebaran Lewat Tol

Barang Yang Perlu Dibawa Saat Mudik

Apa saja sih barang yang perlu dibawa di mobil atau di tas kamu selama perjalanan mudik dari Jakarta ke Surabaya? Aku membuat tabel yang bisa kamu salin. Berikan status berupa tanda ceklis apabila barang tersebut sudah kamu bawa. Berikut rinciannya:

Mobil

Berikut hal-hal yang harus kamu lakukan pada mobilmu dan apa saja yang harus kamu persiapkan di dalam mobil.

NoKeteranganStatus
1Isi ban dengan Nitrogen
2Isi bensin full
3Isi kartu e-toll / flash
4Service mobil
5Bantal + Selimut
6Tas kresek untuk sampah
7Tas kresek untuk muntah
8Charger mobil + kabel
9Powerbank
10Dashboard camera (jika punya)
Read:  Aneka Varian Pastry ala Prancis di Paul Pacific Place, Bikin Penasaran

Bekal Makanan

Berhubung rest area untuk Semarang  – Solo dan Solo – Surabaya sangat sedikit sekali, ada baiknya kamu membekali diri dengan makanan ringan (snack), air minum yang banyak, dan makanan berat. Sekalinya ada rest area, itu rame banget, macet parah! Jadi daripada kamu kelaparan nggak kebagian makan di rest area, lebih baik membawa makanan dari rumah. Praktisnya kamu bisa beli fast food macam ayam goreng KFC, MCD, dll sebelum meninggalkan Jakarta.

Aku sangat tidak menyarankan untuk membawa bekal minum teh siap minum atau kopi seperti teh pucuk, sosro, teh kotak, dll. Karena kita ini dalam perjalanan jauh, duduk terus, kurang gerak. Minum teh akan membuatmu semakin kehilangan banyak cairan. Lebih baik sediakan air putih saja yang banyak di mobil.

NoKeteranganStatus
1Air minum
2Snack roti, biskuit, dll
3Makanan berat nasi + lauk

Obat-obatan & Kosmetik

Jika kamu bepergian bersama anak-anak, obat-obatan wajib yang harus kamu bawa adalah obat anti mabuk. Selain itu, jangan biarkan anak-anak menunduk atau bermain gadget selama diperjalanan.

Sepengalamanku, setiap kali anak-anakku pegang handphone, menundukan kepalanya untuk melihat ke layar, maka dia akan mual dan akhirnya muntah. Apalagi perjalanan mudik nanti akan sering macet, driver akan sering ngerem mobil, so pasti bikin mual penumpang yang di belakang. Cara ampuhnya, ya tetap pusatkan pandangan ke depan.

Jika kamu duduk di depan, pastikan selalu menggunakan sunscreen ke wajahmu setiap 2-3 jam sekali. Ini tidak diendorse oleh Emina ya 😀

NoKeteranganStatus
1Antimo anak dan Antimo Dewasa
2Minyak kayu putih / minyak telon
3Balsam
4Tolak angin
5Obat sakit kepala
6Obat demam
7Obat diare
8Diaper (jika ada anak batita)
9Pembalut (jika perlu)
10Tissue basah
11Tissue kering
12Sunscreen

GPS Google & Waze

Sediakan GPS google map atau Waze. Enaknya menggunakan waze adalah kita bisa melihat jalan mana saja yang macet parah / merah dan jalur alternatifnya. Kita juga bisa berinteraksi dengan sesama pengendara, mengapa jalan tersebut macet dan minta solusinya.

Umumnya pemudik akan berangkat setelah sholat tarawih agar tidak panas dan tidak perlu membatalkan puasanya. Tetapi ada pula yang berangkat pagi setelah sholat subuh. Aku sendiri prefer pergi subuh karena bisa melihat pemandangan. Soalnya kalau malam itu membosankan di jalan tol, gelap dan tidak terlalu banyak hal yang bisa dilihat.

Peta Mudik 2019 Lewat Tol

Peta Mudik 2019 Lewat Tol

Titik macet Mudik Lebaran Lewat Tol 2019

Perkiraanku, macet akan terjadi di cikampek, di tol cipali karena ada beberapa perbaikan jalan dan jalan berlubang. Pemudik akan ramai dari Jakarta ke Cirebon atau Jakarta ke Semarang atau Jakarta ke Solo. Setelah melewati Solo – Ngawi, perjalanan ke Surabaya biasanya lebih lancar. Begitu pula sebaliknya untuk arus balik. Lebih rame dari Jawa tengah ke Jakarta.

Read:  Pesan Taxi Online di Bandara Juanda Surabaya

Mudik lewat tol Cikampek

Nggak bisa dipungkiri, mau hari biasa atau libur lebaran, jalur ini selalu macet karena ada pembangunan. Buat yang mobilnya manual, siap-siap pegel ya gas –rem, gas-rem mulu. Titik stressnya ada di jalan ini, tetapi jika sudah melewatinya maka akan legaaa…

Mudik lewat tol Cipali

Saat bulan April lalu aku balik dari Surabaya ke Jakarta, terjadi kemacetan parah di tol Cipali karena adanya perbaikan jalan sehingga jalur yang digunakan hanya satu. Itu nggak hanya satu, tapi banyak titik. Semoga lebaran 2019 ini jalan yang diperbaiki sudah bisa digunakan. tips mudik lewat tol cipali: berhati-hatilah, di tol cipali kanci juga banyak lubang di jalan kecil-kecil. Karena jalurnya hanya lurus saja, cenderung membosankan, beda dengan jalan tol semarang – solo yang berliku dan naik turun gunung, ada baiknya kamu tetap berkonsentrasi dan jika mengantuk jangan memaksakan diri untuk menyetir.

Mudik lewat tol Surabaya Solo

Selama perjalanan Solo – Surabaya dan sebaliknya, sangat jarang sinyal 4G XL yang aku terima. Akibatnya untuk memutar video youtube pun menjadi terhambat. Pun dengan radio, kadang ada kadang enggak. Yang menakjubkan adalah, perjalanan dari Surabaya ke Madiun kala itu hanya memakan waktu 4 jam.

jalan tol semarang solo

jalan tol semarang solo yang anti mainstream. mendaki gunung lewati lembah.

SPBU dan Rest Area

Karena jalan tol ini masih baru, jadi tidak banyak SPBU yang tersedia. Selalu isi full bensin kamu saat menjumpai rest area yang ada SPBUnya. Mana tau di jalan tiba-tiba macet parah dan bensinmu sekarat. Kamu hanya akan memperburuk keadaan, maka lebih baik isi bensinmu full.

Titik pengisian bensin yang aku sarankan: Jakarta, Semarang, Solo

antri bensin di spbu rest area

Antri bensin di spbu rest area

Rest area di jalan tol ini juga masih baru dan minimalis. Ya minimal sudah ada mini market, toilet dan musholla. Pastikan setelah 3-4 jam di jalan, SUPIR wajib istirahat di rest area.

rest area batang belum jadi

rest area batang belum jadi

Kartu e-Toll

Kartu yang aku gunakan ada dua, e-toll punya bank mandiri dan flash punya BCA. Kenapa dua kartu itu? Karena lebih mudah top up-nya di mini market.

Pada saat kamu memasuki tol cipali, tol semarang – solo, tol solo – surabaya, pastikan saldomu sangat banyak dan cukup untuk membayar biaya tol saat keluar nanti. Mesin akan membaca kartumu dan merekam dari pintu tol mana kamu masuk. Dengan kartu yang sama, mesin akan memotong saldo di kartumu sesuai dengan tarif tol. Kamu tidak bisa menggunakan kartu berbeda untuk membayar, karena sistem tidak dapat membaca darimana kamu berasal. Misalnya kartu yang kamu tap di mesin gerbang tol saldonya kurang, trus kamu ada kartu cadangan dan mau membayarnya lewat itu, oh itu tidak bisa ferguso.

Read:  Mitos atau Fakta: Pacaran di Taman Gajah Tunggal Tangerang Bikin Putus!

Kalau bisa isi saja kartu toll 1 juta rupiah. Karena total perjalanan Jakarta – Surabaya hampir menghabiskan 700ribu rupiah, itu tidak termasuk kalau kamu keluar pintu tol untuk mampir ke suatu kota dan masuk ke dalam tol lagi.

Oh ya, JANGAN PERNAH MEMINJAMKAN KARTU E-TOLL kamu kepada pengemudi di depan atau di belakangmu. Kartu e-toll HANYA BISA dipakai satu kali. Itulah kenapa kamu tidak bisa meminjamkan kartumu kepada pengemudi lain.

Emang nggak bisa top up saldo di pintu tol?

Ya mungkin saja bisa, tapi kan lama. Banyak mobil yang nanti jadi antri di belakang dan itu sangat menyebalkan, terjadi hanya karena kecerobohan orang lain.

Bisa dibayangkan kalau ada ratusan pengemudi yang tidak tau hal seperti ini, bisa makin parah macet hanya di gerbang tol atau exit tol. Untuk itu, pastikan semuanya terencana dengan baik ya. Bekerjasamalah agar mudik lebaran lewat tol tahun 2019 ini menjadi menyenangkan. Oke!

Biaya toll Jakarta -Surabaya

Sekarang ini yang ditunggu, berapa estimasi tarif mudik lebaran lewat toll trans jawa yang harus dibayar dan berapa rupiah bensin yang harus dibeli untuk mudik lebarna 2019 dari Jakarta –Surabaya lewat tol trans jawa.

mudik lebaran lewat tol trans jawa tarif 2019

Berhubung aku start dari Tangerang dan berakhir di Surabaya, jadi total biaya tol yang dikenakan Rp 682.500

NoNama Jalan TolTarif
1Tangerang – Jakarta7000
2Jakarta Outer Ring Road15000
3Jakarta – Cikampek15000
4Cikopo – Palimanan102000
5Palimanan – Kanci12000
6Kanci – Pejagan29000
7Pejagan – Pemalang57000
8Pemalang – Batang39000
9Batang – Semarang75000
10Semarang ABC5000
11Semarang – Solo65000
12Solo – Ngawi91000
13Ngawi – Kertosono88000
14Kertosoo – Mojokerto46000
15Mojokerto – Surabaya36000
Total682000

Biaya Bensin Jakarta -Surabaya

Biaya bensin mobil Jakarta – Surabaya menggunakan Pertamax 92 sebesar Rp 400.000 karena saat itu lancar di cikampek. Biaya bensin Surabaya – Jakarta menggunakan Pertamax 92 sebesar Rp 500.000 karena saat itu macet parah di Cipali dan di Cikampek.

Dengan biaya kurang dari 2,5 juta rupiah PP Jakarta – Surabaya untuk 4 orang, kami sudah menghemat banyak uang untuk biaya mudik lebaran lewat tol. Bayangkan jika kami tetap naik pesawat, biaya yang harus kami keluarkan hingga 10 juta rupiah.

Kesimpulan

Jika kamu menginginan mudik lebaran lewat tol 2019 menggunakan jalan tol trans jawa dengan kendaraan pribadi, pastikan semua persiapannya matang.

  1. Isi kartu e-toll minimal 800ribu.
  2. Selalu isi bensin full setiap kali melewati SPBU atau minimal jika tinggal setengah.
  3. Bawa bekal makanan dan minuman yang banyak karena rest area terbatas.
  4. Jika terindikasi macet parah, keluar exit toll untuk beristirahat atau mengisi bensin. Kamu juga bisa melalui jalan biasa hingga bertemu dengan gerbang toll selanjutnya.
  5. Banyak berdoa selama diperjalanan.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Pengalaman Mudik Lebaran Lewat Tol Trans Jawa 2019 Jakarta - Surabaya
Author Rating
51star1star1star1star1star

Leave a Reply