Pencairan Cek Amazon di BRI

Akhirnya setelah satu bulan menunggu, saya bisa posting tentang mencairkan cek amazon melalui bank lokal Indonesia, yaitu BRI. Berapa jumlah dollar yang saya cairkan? Berapa biayanya? Apa saja persyaratannya? Baca post ini ya.

Update: Ini adalah artikel tahun 2011, jadi mungkin saja prosedur mencairkan cek amazon di bank sekarang sudah berbeda. Mungkin sekarang banyak bank yang sudah mudah pelayanannya dalam pencairan cek amazon dari USA luar negri.

Pada akhir April 2011, saya mendapatkan email pemberitahuan bahwa komisi Amazon saya sudah dikirim. Berhubung saya sudah memilih pembayaran melalui cek, maka cek Amazon itu pun dikirim ke rumah secepatnya.

Dua minggu kemudian, cek amazon tiba, dan inilah bentuknya…

cek amazon

mencairkan cek amazon di bank

Jumlahnya USD $1,034.96 atau seribu tiga puluh dollar sembilan puluh enam sen!

Itu komisi setelah beberapa bulan tertahan. Ah, seandainya komisi segitu diperoleh hanya dalam satu bulan seperti teman-teman lain, pasti menyenangkan, hehe!

Setelah searching informasi tentang cara pencairan cek amazon di internet, tanya teman-teman yang sudah pengalaman mencairkan cek amazon, akhirnya didapat kesimpulan untuk mencairkan di BRI saja. Alasannya karena:

Read:  Berhati-hatilah Memilih Smart Phone Touch Screen

BRI
—-

  • Biaya administrasi murah, cuma $10 atau sekitar delapan puluh ribu sekian
  • Bukan Nasabah BRI? Cukup buka tabungan BRItAma dengan setoran awal Rp 250.000 dan bisa langsung mencairkan cek tersebut.
  • Waktu pencairan cukup cepat, kurang lebih 3 minggu.

Sebelumnya saya sudah mencari informasi ke bank Mandiri dan BCA langsung, tetapi hasilnya tidak memuaskan.

Bank Mandiri
—————-—-

  • Biaya administrasi awal sekitar $15
  • Nasabah baru bisa langsung mencairkan cek, tapi saya yakin sudah banyak orang yang memiliki tabungan Mandiri.
  • Biaya tambahan setelah cek cair lumayan mahal, sekitar $20-$30.

Bank BCA
—————
Harus memiliki rekening giro. Wah, yang ini tambah rumit!

Mencairkan Cek Amazon

mencairkan cek amazon

Biaya pencairan cek ini per cek, bukan berdasarkan jumlah uang yang dicairkan atau prosentase. Jadi, ada baiknya kalau kamu memutuskan untuk menerima komisi amazon dalam bentuk cek jika komisimu telah mencapai $500. Tapi kalau saya sich nunggu $1000 baru dicairkan, soalnya rugi! Seandainya dollar seperti jaman dulu yang mencapai Rp 10.000 mungkin saya bisa mendapatkan 10 juta rupiah lebih, tapi dari hasil pencairan periode ini saya cuma mendapatkan 8 juta sekian.

Read:  RLN Pos Indonesia 8 hari ke Amerika

Oh ya, kalau ceknya sudah cair akan langsung masuk ke rekening kamu. Ini buktinya..

Tetapi tidak semua kantor cabang BRI dapat menerima cek tersebut, cari kantor cabang yang besar di kota kamu. Kalau di Surabaya, bisa mencairkannya di BRI yang ada di BRI Tower sebelum Mall Tunjungan Plaza.

Prosedurnya.. datang saja ke kantor BRI tentunya sambil membawa cek amazon, ambil nomer antrian untuk ngobrol dengan customer service BRI dan bilang mau mencairkan cek dari luar negri. Kalau nggak salah inkaso luar negri atau apalah saya juga gak terlalu paham. Minta penjelasan sejelas-jelasnya mengenai biaya administrasi, lama pencairan cek amazon tersebut, dll.

Mungkin pada periode berikutnya saya akan mencoba mencairkan di CITIBANK, denger-denger sich lebih mudah lagi di sana.

Oh ya, ada cara lain menerima pembayaran komisi amazon affiliate menggunakan Payoneer.

Leave a Reply