17 Masker Wajah Alami Untuk Memutihkan Wajah

Hal yang diinginkan oleh kebanyakan banyak perempuan adalah mempunyai wajah yang putih, cerah, dan bersinar atau glowing. Kulit wajah yang terlihat cerah, bersih, dan segar tentu akan membuat penampilan menjadi menarik dan juga meningkatkan tingkat percaya diri.

Sangat populer bagi wanita melakukan skincare routine, antara lain:

  • Membersihkan wajah dengan susu pembersih, micellar water atau facial wash
  • Eksfoliasi dan peeling menggunakan scrub
  • Menggunakan toner atau penyegar
  • Menggunakan masker
  • Menggunakan serum
  • Menggunakan cream
  • Menggunakan sunscreen

Salah satu step dalam skincare routine yang wajib kamu lakukan setiap minggu adalah menggunakan masker wajah.

Jenis-Jenis Masker Wajah

Ada dua jenis masker yang bisa kamu gunakan. Masker wajah instan dan masker wajah alami yang harus kamu buat terlebih dahulu sebelum digunakan. Baik masker produk keluaran brand makeup / skincare ataupun masker alami sama-sama bisa bikin wajah glowing.

Masker Wajah Instan

Sekarang sudah banyak masker untuk muka yang berbentuk kertas lembaran atau disebut juga mask sheet. Selain harganya murah dan terjangkau sekitar Rp 10.000 hingga Rp 20.000, cara menggunakannya masker ini juga mudah. Kamu hanya perlu membuka bungkusnya, meletakan kertas tersebut di wajahmu dan tunggu selama 10-15 menit. Bahkan ada produk yang mengatakan bahwa menggunakan masker sheet 1x manfaatnya sama dengan menggunakan serum selama 10 hari.

Read:  Belajar dari Kylie Jenner, pengusaha muda di bidang produk kecantikan

Ada pula yang masker yang bentuknya gel, clay dan krim yang dikemas dalam bentuk tube yang praktis dibawa kemana-mana. Terobosan terbaru bahkan ada masker yang multifungsi, bisa digunakan tanpa perlu dibilas.

  • Masker Wajah Bentuk Kertas Lembaran
  • Masker Wajah Bentuk Krim
  • Masker Wajah Bentuk Gel
  • Masker Wajah Bentuk Clay

Masker Wajah Alami

Masker alami untuk memutihkan wajah dapat kita buat dari berbagai macam bahan-bahan alami seperti buah-buahan, sayuran atau bahan makanan yang ada di dapur. Tidak hanya enak dikonsumsi, bahan-bahan ini juga tidak sulit didapatkan dan relatif murah harganya.

Masker Alami Untuk Memutihkan Wajah

Bahan Untuk Masker Alami

  1. Masker Alpukat
  2. Pisang
  3. Pepaya
  4. Kunyit
  5. Tomat
  6. Kentang
  7. Lidah Buaya
  8. Timun
  9. Stroberi
  10. Lobak
  11. Bengkoang
  12. Lemon & Madu
  13. Beras
  14. Putih Telur
  15. Ampas Teh Basi
  16. Yogurt
  17. Oatmeal

Cara Membuat Masker Wajah Alami

Alat yang diperlukan: Sendok, Mangkok, Kuas

Cara membuat masker sendiri sangat mudah, tidak ada aturan baku karena kamu hanya perlu menggunakan satu bahan itu saja setiap kali membuatnya.

Ambil secukupnya bahan yang akan kamu gunakan untuk membuat masker, masukan dalam mangkuk. Jika kamu kesulitan menghaluskan bahan masker menggunakan sendok seperti lidah buaya, kentang, tomat, atau lobak, kamu bisa menghaluskannya menggunakan blender atau food processor. Tambahkan air secukupnya pada adonan masker apabila diperlukan.

Read:  Model Baju Casual Untuk Orang Gemuk Agar Terlihat Langsing

Cara Menggunakan Masker Alami

Setelah wajah dibersikan, oleskan masker alami pada wajahmu secara merata. Hindari area disekitar mata dan mulut. Tunggu sekitar 20 menit lalu bilas dengan air.

Gunakan masker wajah alami secara rutin seminggu sekali atau kapanpun kamu membutuhkannya. Perawatan wajah yang alami bisa menghilangkan kusam dan menjadikan wajahmu segar dan glowing.

Saya tidak menyarankan untuk mencampur banyak bahan lebih dari satu untuk dijadikan masker. Ada baiknya kamu melakukan percobaan dengan menggunakan bahan-bahan masker alami secara satu persatu setiap minggu hingga kamu menemukan mana masker alami yang cocok atau tidak cocok untuk kulitmu. Jika kamu tidak mengalami reaksi alergi dan sudah menemukan masker alami yang cocok, maka kamu bisa menggunakannya sebanyak dua kali seminggu untuk mendapatkan wajah yang putih, cerah, bersinar secara alami dan aman.

Waktu Untuk Menggunakan Masker

Tidak ada patokan yang baku kapan kamu harus menggunakan masker. Ada yang menggunakan masker sebelum tidur atau saat mereka sedang mempunyai waktu senggang seperti saat santai menonton tv, sambil membaca buku, dll. Tetapi ada pula perempuan yang sibuk dan terpaksa menyempatkan diri menggunakan masker pada saat mereka bekerja.

Read:  Pengalaman Suntik Putih, Manfaat dan Efek Sampingnya

Kamu juga bisa merasakan sensasi masker wajah apabila berkunjung ke klinik kecantikan atau salon. Biasanya treatment face mask dilakukan terakhir setelah kamu melakukan facial atau peeling wajah.

Menggunakan masker sangat dianjurkan terlebih lagi ketika wajahmu butuh perawatan seperti wajah yang sedang kusam, kering atau bahkan berjerawat. Dengan menggunakan bahan yang tepat, masker wajah dapat menenangkan wajah berjerawatmu.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Masker Alami

Kelebihan

  • Bahannya mudah didapat, bisa dibeli di pasar atau supermarket
  • Masker alami buatan sendiri harganya lebih murah
  • Tidak mengandung bahan kimia dan pengawet

Kekurangan

  • Perlu waktu untuk membuatnya
  • Tidak bisa disimpan, hanya untuk sekali pakai

Semua masker alami ataupun instan yang disebutkan di atas bagus apabila kamu rutin menggunakannya secara teratur setiap minggu. Melakukan maskeran maka kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal. Jangan terlalu berharap sekali atau dua kali menggunakan masker maka wajahmu akan cerah seketika dalam semalam atau dalam sebulan. Proses regenerasi kulit itu butuh waktu. Dengan nutrisi yang tepat dan dibutuhkan kulit maka kulit wajahmu bisa berubah menjadi lebih cerah. Selamat mencoba.

 

Summary
Review Date
Reviewed Item
17 Masker Wajah Alami Untuk Memutihkan Wajah
Author Rating
51star1star1star1star1star

Leave a Reply