Belajar dari Kylie Jenner, pengusaha muda di bidang produk kecantikan

Siapa yang tidak mengenal Kylie Jenner? Adik tiri Kim Kadarshian ini masih muda tetapi berhasil masuk dalam daftar 30 selebriti paling berpengaruh dengan usia di bawah 30 tahun versi Forbes. Berkat brand Kylie Cosmetics miliknya, Kylie menjadi milyuner muda yang menjadi role model para gadis-gadis muda di seluruh dunia.

Siapa sih yang nggak tau liquid lipstick yang terkenal itu dari Kylie Cosmetics, ya kan? Tapi tahukah kamu bagaimana awal mula Kylie merintis bisnis kosmetiknya sehingga bisa sesukses sekarang? Kylie bahkan tidak memiliki pabrik sendiri, tetapi dia bekerja sama dengan Maklon Produk Kecantikan seperti di sini.

Mungkin tidak lepas dari peran Ibu kandung sekaligus Manajernya, Kris Jenner. Mommy Jen ini sangat pandai berbisnis. Apapun yang menyangkut keluarganya pasti laku menjadi uang. Selain itu ketenaran kakak-kakaknya yang telah lebih dulu ada ikut mendongkrak nama Jenner bersaudara ini. Akhirnya pada tahun 2016, secara resmi Kylie Jenner meluncurkan produk liquid lipstick dan lip linernya.

Pada awalnya banyak haters yang pesimis bahwa bisnis ini hanya aji mumpung dan mendompleng ketenaran nama ortunya saja, tetapi Kylie bisa membuktikan bahwa bisnisnya ini tidak bisa dipandang rendah dan sebelah mata. Hampir semua produk Kylie Cosmetics seperti lipstick, palet eyeshadow, blush on, hingga highlighter yang diluncurkan membuat membuat Kylie Jenner sukses seperti sekarang. Kylie memang memiliki kemampuan dan pengaruh branding yang kuat sehingga produk yang dijualnya selalu laku.

Read:  17 Masker Wajah Alami Untuk Memutihkan Wajah

Bisakah kita sebagai perempuan Indonesia mencontoh kesuksesan Kylie menjadi pengusaha muda dibidang produk kecantikan? Jawabannya bisa! Bahkan sudah banyak produk kosmetik lokal Indonesia yang dimiliki oleh beauty youtuber atau beauty blogger Indonesia.

Berikut langkah-langkah sukses untuk memulai menjadi pengusaha muda di bidang kosmetik:

  1. Bangun image branding yang kuat
    Kamu bisa memulai karirmu dengan menjadi beauty youtuber yang mengulas kosmetik dan skincare di videomu. Buat konten semenarik mungkin yang menjadikanmu populer dan memiliki banyak fans dan followers.
  1. Endorsment oleh brand kosmetik
    Kamu bisa mengajukan kerja sama dengan brand kosmetik lokal untuk mencoba membuat video tentang produk mereka. Libatkan fans untuk proses kreatif video apa yang mereka inginkan.
  2. Kerja sama dengan brand kosmetik
    Ketika engagement yang tercipta antara kamu dan brand kosmetik yang sebelumnya kamu kerjakan mempunyai hasil yang baik dimata fans, pastikan untuk melakukan follow up kepada brand kosmetik mereka dengan menjadikan kamu official brand ambassador produk mereka. Hal ini mungkin lebih sulit dari yang dibayangkan. Tetapi saat ini banyak sekali brand kosmetik yang mengeluarkan produk baru hasil kerjasama dengan salah satu influencer tertentu, dan itu dampaknya sangat bagus untuk kedua belah pihak.
Read:  Model Baju Casual Untuk Orang Gemuk Agar Terlihat Langsing

Membuat Produk Kosmetik Sendiri

Jika kamu sudah pada tahap percaya diri untuk menjadi entepreneur dan membangun brand kosmetikmu sendiri. Katakanlah kamu sudah memiliki modal yang kuat dan banyak, tetapi kamu kan mungkin tidak tahu komposisi cara meracik kosmetik yang benar, belum lagi masalah tenaga kerja, mendirikan pabrik, bahan baku, perijinan lalu akses ke BPOM, MUI, dll. Ribet ya? Enggak! Kylie Jenner juga nggak mengerti semua itu kok.

Yang perlu kamu lakukan adalah bekerja sama dengan perusahaan yang sudah berkecimpung lama di dunia  jasa maklon & private label khusus produk beauty cosmetic. Mereka biasanya memberikan peluang untuk kerja sama membuat kosmetik dan skincare sendiri dalam jumlah kecil yaitu minimal 1200 pcs.

Proses Konsultasi Produk Kosmetik

Proses Konsultasi Produk Kosmetik

Salah satu perusahaan itu adalah Nosé Herbalindo. Nosé Herbalindo adalah Produsen Kosmetik, bukan Agen atau Makelar, sehingga mereka dapat mengikuti produksi disemua tahap. Spesialisi mereka dalam R & D, formulasi dan produksi. Mereka akan senang dengan ide-ide baru yang kamu punya untuk membuat produk kosmetik yang akan dijual sesuai dengan kebutuhan fans dan followermu. Beberapa merk kosmetik yang telah bekerja sama dengan Nosé Herbalindo antara lain Ever White, Ashanty Cosmetics, MS Glow dan Ever Shine.

Read:  Foto-Foto Krim Pemutih Wajah Berbahaya

Proses Maklon Kosmetik

Untuk melihat lebih jelas tentang langkah-langkah bagaimana proses produksi kosmetik hingga tahap akhir untuk pemasaran, bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Proses Maklon Kosmetik

Video Profil Nosé Herbalindo

Menjual ribuan produk dalam beberapa bulan itu gampang lho! Apalagi kalau jumlah fans dan followersmu sudah banyak. Belum lagi kalau produk yang kamu tawarkan itu sedang viral dan banyak dicari orang, bukan mustahil kamu bakal menyusul seperti Kylie Jenner untuk menjadi pengusaha muda dibidang kosmetik.

Jadi sudah tahu kan bagaimana Jessica Iskandar, Ashanty dan beauty youtuber lainnya bisa memiliki brand kosmetik sendiri padahal jadwal mereka padat dan tidak ada background pendidikan pada bidang racik meracik bahan kimia kosmetik . Betul kan?

Di luar negri salah satu contoh beauty youtuber yang pertama kali memiliki produk kosmetiknya sendiri adalah Michelle Phan. Dia bahkan sempat tidak percaya bahwa mimpinya memiliki kosmetik dengan namanya sendiri menjadi kenyataan.

Selama kamu memiliki ide-ide cemerlang sebagai entepreneur, kamu juga bisa kok menciptakan kosmetik yang nantinya akan membawa kesuksesan dalam hidupmu.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Belajar dari Kylie Jenner, pengusaha muda di bidang produk kecantikan
Author Rating
51star1star1star1star1star

1Pingbacks & Trackbacks on Belajar dari Kylie Jenner, pengusaha muda di bidang produk kecantikan

  1. Daftar Fintech Pinjaman Online Terdaftar di OJK - 100% Legal - Antie.info says:

    […] sebelumnya aku membahas bagaimana memulai bisnis kosmetik sendiri, maka kali ini aku akan membahas tentang fintech. Aku sudah merangkum dari banyak sumber […]

Leave a Reply