Pengalaman Membeli SBR004

Saat aku mencari info pengalaman orang-orang yang sudah pernah membeli SBR004 (savings bond ritel)versi sebelumnya di Google, sepertinya tidak banyak orang yang mau menceritakan ke dalam blog. Padahal bagi orang awam seperti aku, hal tersebut sangatlah penting.

Jadi semenjak SBR004 diumumkan, suamiku sudah excited banget. Akhirnya kami menemukan solusi mau dikemanain dana pendidikan untuk anakku 2 tahun lagi. Soalnya bunganya 8,5% lebih tinggi daripada bunga deposito biasa. Selain itu dijamin pemerintah pula.

Sebelumnya kami bingung, uang yang ada di tabungan mau dimasukan deposito, asuransi atau gimana. Soalnya kalau kelamaan di rekening, makin lama makin tergerus karena biaya admin, dll. Kalaupun tidak ada biaya admin, nilainya akan tergerus inflasi. Mau dimasukan ke asuransi, eh kami butuhnya 2-3 tahun lagi untuk anak masuk SD. Agen asuransi Prudential mengatakan, 3 tahun lagi uangnya boleh diambil tetapi cuma dapat 3 juta. Lha.. lha..? Sudah nabung 3 tahun, anggap saja 500.000 x 36 bulan = 18.000.000 kok cuma bisa diambil 3 juta. Ya sudahlah skip aja, gak jadi.

Singkat cerita, suamiku menyuruku ke bank mandiri cabang terdekat dengan rumah untuk mendaftar gar bisa beli SBR004. Kenapa nggak dia sendiri yang daftar? Intinya emak-emak ini diajarin supaya bisa mengelola keuangan, nggak cuma bisanya cari uang dan ngabisin aja. Kenapa pula di Bank mandiri? Soalnya aku cuma tabungan di bank itu saja. Okelah kalau begitu..

tabel perbandingan sbr

tabel perbandingan sbr

Hari senin 27 agustus 2018 aku ke bank mandiri. Dari rumah aku sudah menyiapkan KTP, buku tabungan, kartu ATM mandri, fotocopy kartu keluarga (KK) dan NPWP suami. Aku juga mengatakan kepada CSnya bisa gak aku daftar, soalnya statusnya kan aku sebagai ibu rumah tangga yang tidak mempunyai NPWP. Ternyata bisa!

Read:  Diskon Palsu di Harbolnas

Suamiku gak ngomong kalau daftar SBN ritel mandiri itu perlu ngisi kuesioner. Puyeng gak tuh! Emak-emak yang biasanya cuma tau bawang sama cabe disuguhi pertanyaan soal investasi, dll. Sumpah, udah kyk ikut ujuan SPMB aja.

Oleh CS bank mandiri dijanjikan kalau akunku akan jadi sekitar 2-3 hari kerja. Username dan password akan dikirimkan ke email. Tetapi sudah 7 hari berselang, nggak ada tanda-tanda email dari bank mandiri. Aku tanya ke mbak CSnya langsung, katanya memang saat ini antrian lagi banyak. Aku tanya ke mandiri care juga jawabannya sama, dan ternyata bukan cuma aku saja yang mengeluh belum mendapatkan email setelah mendaftar untuk membeli SBR004.

Sempat suuzon juga, apakah yang dipriroritaskan oleh bank mandiri itu nasabah-nasabah yang belinya diatas 100 juta? Apalah hamba yang cuma beli sedikit, bagai acar dipinggir nasi goreng (nggak penting!).

Sempat goyah karena batas waktu pemesanan SBR004 tinggal sebentar lagi dan aku belum mendapatkan username dan password untuk login ke SBN Mandiri.  Aku sudah daftar ke Bareksa dan Tanamduit, cepet sih prosesnya, tetapi belum transaksi.

Read:  Membayar Biaya Iklan Google Adwords Menggunakan Paypal

Akhirnya kamis tanggal 6 September, username dan passwordku dikirim ke email. Alhamdulillah. Besoknya aku langsung tuh beli SBR004nya.

Membeli SBR004

SBN Mandiri Ritel Online

Pertama aku login dulu, lalu ganti password. Setelah itu pesan SBR004, masukan jumlah yang ingin dibeli. Oh ya, transaksi ini maksimal harus dibayar 3 jam setelah kita klik tombol pesan, kalau tidak akan hangus dan proses diulang dari awal.

Bayarnya gimana? Masuk ke internet banking mandiri, klik menu bayar dan pilih sub menu penerimaan negara. Masukan nomer kode billing yang kamu dapatkan setelah proses order selesai.

Selesai bayar dan transaksi dinyatakan selesai sekitar 5-10 menit kemudian akan mendapatkan Kode NTPN. Histori transaksi juga bisa dilihat di dashboard SBN Onlinemu.

SBR004 di SBN Mandiri

beli sbr004

Masyarakat sangat antusias terhadap SBR004 ini karena mungkin bunganya juga tinggi. Dari awalnya target cuma 2T, nambah lagi jadi 3T, sekarang 5T, lama-lama bisa 7T nih.

sbr004 sudah tembus 6 triliun

sbr004 sudah tembus 6 triliun

Jadi buat temen-temen mahasiswa, freelancer, ibu rumah tangga, atau siapapun yang mau ikutan bantu negara, bolehlah beli SBR004 atau kalau tahun depan ada lagi, sudah jangan pakai mikir langsung beli SBR. Memang targetnya untuk kita-kita yang individual. Jadi jangan pernah malu kalau belinya cuma 1 unit atau 1 juta doang. Kalau malu ketemu CS bank dan ditanya mau beli berapa, ya daftarnya bisa online ke BRI, atau ke Tanamduit, Bareksa, dll. Dijamin gak ada yang senyumin kamu kalau cuma beli sedikit.

Read:  Gagal daftar SIM Card ke 4444

Enaknya daftar di Bareksa atau Tanamduit tuh kita nggak perlu ngisi kuesioner, nggak perlu masukin NPWP, dll Cukup masukin nomer KTP dan foto selfi dengan KTP kita. 2-3 hari akun sudah jadi dan kamu siap membeli SBR004.

Daripada bisanya cuma nyinyirin pemerintah, lebih baik kita bantu pemerintah yuk untuk melunasi hutangnya. Lebih baik pemerintah ngutang ke rakyatnya sendiri lho, daripada hutang ke bank dunia. Dengan membeli SBR004, aku bisa terhindar dari godaan flash sale, bisa menabung, dan dapat membantu pemerintah pula.

Itu tadi pengalamnku membeli SBR004. Semoga tahun depan kalau ada SBR005, teman-teman juga bisa ikutan membelinya dan semoga perekonomian Indonesia juga semakin membaik. Aaamiin…

Leave a Reply

*