Cara Import Produk WooCommerce Lewat File CSV

Salah satu kelemahan E-commerce WordPress adalah tidak menyediakan fasilitas Import product menggunakan file csv. Dulu ada sih wordpress theme yang support e-commerce dan support fasilitas import, yaitu Templatic. Tetapi sepertinya banyak developer premium wordpress theme khusus e-commerce yang beralih menggunakan Woocomerce seperti Tokokoo dan Templatic.

Woocomerce sebenarnya memberikan plugin atau extension woocomerce untuk import product, namanya WooCommerce Product CSV Import Suite. Namun sayangnya plugin itu berbayar, seharga USD $49.

Import Produk WooCommerce Menggunakan File CSV

Plugin Product CSV Import Suite

WooCommerce Product CSV Import Suite

Untuk membeli plugin ini, kamu bisa kunjungi website Woocommerce https://woocommerce.com/products/product-csv-import-suite/

Setelah aku ujicoba intsall plugin itu, ternyata membuat web wordpress e-commerce milikku menjadi sangat lambat dan sering error. Mungkin karena WooCommerce Product CSV Import Suite-nya bukan versi terbaru. Akhirnya aku putuskan untuk deactivate plugin itu dan mencari plugin sejenis.

Plugin Woocommerce CSV importer

Alhamdulillah ya.. ketemu. Nama pluginnya Woocommerce CSV importer, pembuatnya adalah Allaerd Mensonides, dan ini gratis-tis..tis.. selain itu, plugin ini sangat mudah digunakan, nggak bikin website jadi lemot, dsb.

Silahkan download Woocommerce CSV importer di sini
http://wordpress.org/extend/plugins/woocommerce-csvimport/

Pertama kali, kamu harus tekan tombol create directory. Setelah itu, upload semua image product melalui media library blogmu. Terakhir, import dech file csv-nya, dan selesai! Kamu bisa import kurang lebih 1000 produk dalam sekali klik.

Download Sample File CSV

Update: Sayangnya plugin ini sudah tidak bisa didownload. Tetapi kamu bisa menggunakan punyaku.

Oh ya, bagi yang bingung format file csv nya seperti apa, kamu bisa download punyaku. Sudah aku modifikasi sehingga menjadi lebih simple. Sebelum kamu import produknya, kamu harus upload file header terlebih dahulu.

Selamat mencoba.. :)

3 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like