Tarif Pos Indonesia 2019 Mahal

Tarif Kiriman RLN/EMS ke luar negri 2019 oleh Pos Indonesia mengalami kenaikan drastis 70-90%. Misalnya tarif RLN dari ke USA seberat 250 gram cuma Rp 110.000 kini naik menjadi hampir Rp 170.000 Untuk EMS lebih parah lagi, dari Rp 200ribu jadi Rp 400ribu. Ini namanya bukan tarif naik, tapi ganti harga. Gila kan tuh Pos Indonesia.

Alasannya karena kurir yang meneruskan paket pesanan di luar negrinya menaikan harga jadinya mau nggak mau pihak Pos juga ikut menyesuaikan tarif. Tapi sayangnya kenaikan ini tidak diimbangi dengan pelayanan mereka. Dengan tarif kiriman ke luar negri oleh Pos Indonesia yang mahal, barang masih tidak bisa dilacak.

Bahkan aku pernah ngirim 3x lewat pos di cabang Cipondoh Tangerang, semuanya balik lagi ke alamat pengirim. Padahal alamat yang tertera sudah jelas (dicetak pakai printer), ada nomer telpon, dilacak di Google Map juga ada.

Mematikan Bisnis UKM

Tarif Pos Indonesia 2019 Mahal

tarif baru kiriman ke USA untuk 250 gram

Aku baru diberitahu supplierku kalau tarif pos mengalami kenaikan per tanggal 1 Januari 2018 dan menyebabkan pesananku ditunda sementara menyesuaikan dengan tarif baru. Aku pikir kenaikannya nggak banyak, udahlah untung dikit gpp. Ternyata ongkos kirim RLNnya sendiri lebih mahal daripada harga produk yang akan aku kirim. Bener-bener nggak masuk akal!

Read:  Technopreneur in my spare time

Akirnya aku memutuskan untuk membatalkan pesananku dan mengembalikan uang si pembeli. Karena percuma juga kalau pesanannya pembeli diproses dan aku kirim, justru aku yang akan rugi. Hal itu karena aku masih menggunakan harga jual lama sedangkan aku sudah dikenakan tarif ongkir baru.

Ternyata keluhan ini bukan hanya aku yang merasaan, tetapi hampir semua pelaku bisnis UKM yang biasa menjual barangnya ke luar negri. Bahkan banyak sekali laporan keluhan di twitter dan facebook fanspagenya Pos Indonesia. Ada juga lho yang sampai melapor ke Lapor.go.id

https://www.lapor.go.id/pengaduan/2062911/tarif-pos-indonesia.html

Aku juga setuju, kenaikan tarif ke luar negri 2019 baik RLN maupun EMS sangat mencekik pada pelaku bisnis mikro. Usahaku sudah pasti 2019 ini akan mati secara perlahan karena harga yang tidak dapat bersaing dengan produk dari China bahkan di negara manapun (Harga+Ongkir).
Jika dulu produk jualanku masih bisa bersaing karena harga+ongkir masih lebih murah dari Indonesia, sekarang pembeli akan mikir dua kali untuk membeli karena harganya sama mahalnya seperti di negara mereka dan pengiriman yang lama.

Read:  Step By Step Set Up Business Online - Internet Marketing Strategy

Berkacalah pada Tiongkok, yang pemerintahnya bersungguh-sungguh ingin membantu rakyatnya untuk urusan expor barang. Negara China memberikan subsidi gratis ongkir keluar negeri untuk paket dibawah 250 gram. Makanya kita kadang menemukan harga barang yang FREE SHIPPING alias gratis ongkos kirim di situs jual beli dari China seperti Aliexpress.

Seharusnya pemerintah Indonesia memberikan subsidi ongkos kirim untuk kiriman ke luar negri. Ini kan sifatnya expor, mendatangan keuntungan untuk rakyatnya juga, kok malah dimahalin dan mencekik.
Mohon untuk di tinjau kembali harga baru kiriman ke luar negri RLN dan EMS oleh Pos Indonesia yang telah ditetapkan. Tarif Pos Indonesia 2019 mahal!

Leave a Reply

*