Pengalaman Berjualan di Etsy

Pengalaman Berjualan di Etsy – Pernah mencoba mendaftar di Etsy tapi selalu kena review, gagal lolos listing pertama dan akun Etsymu selalu disuspend?

Aku akan bercerita Pengalaman Berjualan di Etsy.

Sebelumnya aku pernah mendaftar di Etsy sejak tahun 2009. Pada waktu itu aku mendaftar menggunakan VCC (virtual credit card) dan pertama kali berjualan gantungan kunci handmade. Aku merasakan kalau listing fee di Etsy itu sangat mahal, soalnya listingnya dihitung per barang. Jadi kalau ada 10 barang dengan judul yang sama, ya biaya listingnya dikali 10.

Selengkapnya kamu bisa baca pengalamanku dan alasan memilih jualan di Etsy.

Pengalaman Berjualan di Etsy

Pengalaman Berjualan di Etsy

Sutu hari, aku sedang mendesain dan butuh beberapa clip art yang hanya dijual di Etsy. Nggak ada planning, aku pun bikin akun Etsy dan kupakai untuk berbelanja.

Beberapa bulan kemudian aku memutuskan untuk menjual barang di Etsy. Untungnya kali ini aku sudah punya kartu kredit, jadinya proses verifikasinya gampang.

Ada teman yang tanya, kamu kok gampang sih bikin akun Etsy? Sedangkan aku selalu gagal lolos listing pertama.

Well.. pertanyaan yang gampang-gampang susah. Aku sendiri akun nggak berharap akun Etsyku tiba2 suspend atau apalah, karena sebisa mungkin aku bermain aman, safe, tidak melanggar TOS dan selalu memberikan 100% customer guarantee.

Aku baru 1 bulan berjualan di Etsy, Alhamdulillah sudah ada beberapa penjualan walaupun nggak banyak. Sebisa mungkin aku memberikan harga termurah agar bisa bersaing dengan orang thailand. Oh ya, di Etsy jarang menemukan seller dari China seperti di eBay yang menjamur.

Cara Mudah Membuka Akun / Toko Di Etsy

Jadi, ini kesimpulanku kalau mau daftar akun Etsy bisa lolos listing pertama:

  1. Gunakan ISP yang IPnya masih dalam daftar “White List”.
    Menurut pengalaman, orang-orang yang mendaftar ke Etsy memakai Speedy, XL, Telkomsel, apalagi SmartFren itu kebanyakan sih gagal, walaupun ada juga yang berhasil. Aku sendiri menggunakan First Media. Masih banyak ISP yang bagus dan nggak pasaran seperti D-Net, AccessNet (punya Transmedia), CentinNet, dll. Lebih lengkapnya bisa di daftar ISP Indonesia.
  2. Jangan gunakan VCC untuk verifikasi seller kalau tidak terpaksa, melainkan gunakan kartu kredit. Kamu bisa pakai kartu Jenius dan BTPN.
  3. Hubungkan (Link) akun Etsy kamu ke PayPal.
  4. Nggak jualan barang-barang yang ada trademarknya.
  5. Jika perlu, gunakan jasa orang luar negri untuk membuatkan akun Etsy untukmu menggukanan VCC (resiko ditanggung sendiri). Ada banyak jasa seperti itu di Fiverr.
Read:  Menghasilkan Uang Menggunakan Twitter dan Instagram

Memasukan Produk Ke Etsy

  • Riset produk yang mau kamu jual. Utamakan produk handmade, pre order, custom, digital product, tidak mengandung trade mark, jangan jualan kaos karena susah. Siapkan produknya minimal 24 pcs.
  • Tulis shipping policy, return, dll dengan sangat jelas sebelum kamu memasukannya di halaman toko etsymu. Jangan masukan ke sana sebelum fix, karena jika kamu sering berganti-ganti maka akan dicurigai etsy.
  • Riset judul produk dengan menggunakan keyword tools atau bisa juga melihat judul produk kompetitor. Pastikan keyword yang dibidik ada semua dalam tittle, description.
  • Gunakan foto yang bagus, high quality dan menarik untuk setiap produk.

Promosi Toko Etsy Agar Ramai

Untuk pemula, sangat susah sekali untuk mendapatkan traffic ke toko. Tapi bukan berarti hal itu tida mungkin. Berikut cara yang pernah aku lakukan:

  • Untuk pemula, list 1 produk per hari hingga 24 hari. Lanjutkan hingga 100 produk atau lebih. Semaki banyak produk, maka semakin besar kemungkinan produkmu ditemukan oleh pengunjung etsy.
  • Gunakan iklan yang ditawaran etsy, budget $1 per hari juga sudah bagus.
  • Join grup etsy seller yang saling membantu melike (love) listingan produk orang lain.
  • Buat akun social media seperti instagram, facebook, twitter, pinterest untuk mempromosikan barang yang kita punya.
  • Buat blog dan sering-sering menulis artikel yang sesuai dengan produk yang kamu jual.

Biaya Penjualan di Etsy

Sama seperti eBay, jualan handmade di Etsy nggak gratis. Ada beberapa biaya yang harus ditanggung penjual. Kenali dulu biaya-biaya yang muncul di Etsy, setelah itu baru kamu bisa menghitung berapa ongkos kirim yang harus kamu masukan di Etsy. Untungnya untuk penjual internasional (bukan USA), kamu bisa menentukan sendiri ongkir berjualan di Etsy. Kalau orang USA sendiri nggak bisa markup ongkir karena sudah ditentukan oleh jasa pengiriman mereka seperti USPS, UPS, atau DHL.

Biaya Listing Produk Etsy

Biaya listing per produk Etsy / per judul adalah $0.20 dan akan diperbarui selama stok masih tersedia. Contohnya ketika kita upload produk, kita harus isi berapa stok barang yang hendak dijual. Misal kita isi 5, berarti biayanya $0,2 di awal (biaya listing) dan selanjutnya $0,2 tiap penjualan 1 item produk (biaya renew listing).

Read:  Pencairan Cek Amazon di BRI

Biaya Penjualan Etsy

Ketika ada barang terjual, Etsy membebankan biaya sebanyak 0,5% dari penjualan. Misal harga barang yang terjual $25 + shipping $17. Maka biaya penjualannya adalah ($0,5% x $25) + ($0,5% x $17). Lagi-lagi sama seperti eBay, biaya ongkos kirim dari Indonesia pun kena potongan.

Biaya Paypal

Jika kamu menerima pembayaran menggunakan paypal, maka kamu juga harus menghitung potongan biaya transaksi penjualan yang diambil PayPal sebesar 4,4% + USD 0,40. Kenapa 4,4% dan bukan 2,9% ? Karena PayPalmu bukan paypal USA alias paypal Indonesia. Jadi potongannya juga lebih besar.

Cara Menentukan Harga Produk Etsy

Untuk harga produk, aku rasa itu tergantung dari barang yang kamu jual ya.

Harga Produk Digital Etsy

Ada seller yang menjual produk digital mereka dengan harga yang sangat murah, dibawah $2 per item. Atau harganya $5 per item tapi diberi keterangan jika membeli 4pcs akan mendapat diskon sekian persen, seperti diskon 20%, 40% atau bahkan 50%.

Kamu juga bisa memberikan special price untuk bundle produk, biasanya harga lebih murah daripada beli satuan.

Barang digital yang paling laku dijual di Etsy adalah:

  • Digital Paper
  • Mockup T-Shirt
  • SVG Design

Harga Produk Handmade Etsy

Untuk barang handmade atau fisik, cara menentukan harga barang etsy paling gampang adalah melihat kompetitor atau harga yang diberikan oleh seller lain. Jika harga tersebut sudah membuatmu untung (setelah dikurangi ongkos produksi, biaya transaksi, dll), maka kamu bisa menggunakan harga tersebut. Contoh untuk harga kaos custom order di Etsy rata-rata $15-$20 per kaos.

Perhitungkan juga resiko barang hilang saat diperjalanan. Mau tidak mau seller harus bertanggung jawab mengganti barang tersebut, bisa refund uang atau kirim ulang.

Aku tidak mau mengambil untung terlalu banyak agar barang daganganku laris manis. Yang penting perkenalan pasar dulu, kalau toko etsyku sudah memiliki banyak feedback / review, dan ramai, baru deh aku menaikan harganya.

Cara Menentukan Ongkir di Etsy

Jadi, berapa ongkos kirim yang harus kamu bebankan ke pembeli etsy? Saya sendiri sih memberi tarif seperti tarif Pos Indonesia seharga berat barang. Misal saya berjualan gantungan kuncu beratnya cuma 100 gram per item, ya ongkirnya Rp 120.000 atau kita buat saja USD $12. Kalau saya jualan kaos custom yang beratnya 250gram, saya kenakan ongkir USD $15 per kaos.

Penting: Jika pembeli menanyakan diskon ongkir karena membeli banyak, katakan bahwa biaya ongkir tidak bisa digabung karena dihitung per item.

Pengiriman Barang Etsy Ke Luar Negri

Kalau untuk shippingnya, biasanya aku selalu menggunakan jasa Pos Indonesia untuk kirim ke luar negri. Kalau yang murah aku pakai RLN, tapi kalau ada yang butuh cepat ya aku kirim pakai EMS.

Read:  Cara Stalking / Melihat Status Whatsapp Tanpa Ketahuan

Kamu bisa membaca pengalamanku di bawah ini tentang mengirim barang ke luar negri menggunakan Pos Indonesia, aku sertakan juga tarif RLN dan EMS terbaru di sana.

Dahulu pun aku mendaftar ke Etsy juga prosesnya gampang.

Komunitas Etsy Indonesia

Ada banyak sekali komunitas crafter Indonesia yang berjualan di etsy. Umumnya mereka yang sudah melek teknologi internet marketing dan berani mengambil resiko. Maklum, berjualan di etsy itu tidak mudah, tidak seperti kamu berjualan di marketplace tokopedia, bukalapak, shopee, dll

Salah satu forum etsy indonesia yang bisa kamu ikuti adalah Komunitas Seller Etsy Indonesia di Facebook. Membernya sih hanya 500an orang, tidak sebanyak grup etsy seller global.

Kamu juga bisa join grup etsy seller yang membernya dari seluruh dunia, ini sangat bagus lho untuk menambah informasi atau jika kamu mendapat kesulitan saat menghadapi buyer, kamu bisa bertanya di forum.

Berikut rekomendasi komunitas etsy seller di facebook yang bisa kamu ikuti.

Etsy Versi Indonesia

Sekarang banyak sekali marketplace yang sudah support produk handmade. Tokopedia, Bukalapak dan BliBli adalah contoh marketplace yang sangat welcome sekali untuk kamu coba. Mereka punya kategori khusus untuk para seller yang berjualan produk dalam negri, handmade, lokal, dll.

Tapi yang benar-benar menyediakan hal-hal berbau craft, handmade, adalah Qlapa. Sayangnya Qlapa tutup layanan setelah hampir 4 tahun beroperasi. Sedih ya… :'( penutupan layanan ini merupakan keputusan terbaik terkait alasan bisnis yang dinilai tidak menguntungkan dan berkelanjutan.

Memang bukan kali ini saja startup kerajinan lokal yang tutup karena kurangnya peminat. Tahukah kamu, kalau di Eropa sana juga ada startup / website yang mirip etsy yang memperbolehkan kamu berjualan barang handmade, pre order, custom order? Yap, namanya Dawanda.

Dawanda akhirnya tutup dan diakusisi oleh Etsy. Aku juga dulu pernah punya toko online di Dawanda, tetapi akhirnya tutup.

Semoga pengalaman berjualan di Etsy yang aku lakukan bisa bermanfaat untukmu. Good luck.

4 Comments on Pengalaman Berjualan di Etsy

  1. yogi
    27/08/2015 at 6:51 pm (4 years ago)

    Ada saran gak untuk jualan produk handmade terutama digital prints di website selain Etsy? makasih

    Reply
  2. tika
    03/10/2015 at 11:14 pm (4 years ago)

    kok jangan menggunakan vcc,alasannya apa y ? soalnya aq baru aja buat akun untuk jual di etsy pake vcc. terima kasih

    Reply
  3. Ratna
    13/06/2016 at 8:05 pm (3 years ago)

    hai…saya Ratna! bisa tanya yah…hehehe
    memangnya klo mau jualan di Etsy harus pake kartu kredit??

    Reply
  4. apurie
    28/02/2019 at 3:55 pm (3 months ago)

    nyasar ke sini di tahun 2019!!!!

    Reply

Leave a Reply