Archive of ‘IT News’ category

Hati-Hati Email Scam Mengatasnamakan Bank Indonesia

Sear kawan-kawan..

Pagi ini saya menerima email yang isinya kurang lebih memanfaatkan situasi Indonesia yang saat ini sedang dilanda berita ATM Bank Mandiri dibobol atau ratusan ATM nasabah Bank Mandiri diblokir.

scam BI

Berikut isi dari email tersebut

Pengirim: Internet Banking <diana@festivalcitylink.com>;
Subject: Peningkatan Bank Indonesia

Pelanggan yang terhormat Of Bank Indonesia,
Bank Sentral Republik Indonesia , telah hadir perlindungan keamanan online baru , untuk semua bank di Indonesia , untuk mengurangi penipuan dan pencurian di berbagai sistem perbankan yang banyak terjadi saat ini .
Hal ini untuk memungkinkan semua pelanggan perbankan online di seluruh Bank Indonesia terlindungi dan Aman .

Bank Sentral Republik Indonesia , memperkenalkan perlindungan online baru , yang disebut , “Netsecured Ini adalah merupakan kewajiban semua pelanggan perbankan online di semua berbagai bank di Indonesia , untuk memperbarui semua sistemnya agar rekening bank online anda terjamin dan terlindungi .
Untuk memulainya silahkan download formulir yang terlampir dan ikuti petunjuk yang terdapat pada layar Anda.

CATATAN : Anda akan menerima panggilan dari kami dalam waktu 24 jam untuk menyelesaikan proses ini .

Instruksi ini telah dikirim ke semua nasabah bank dan wajib untuk dilakukan .

Terima kasih atas kerjasama Anda .
Bank Sentral Republik Indonesia
http://www.bi.go.id

Dari situ saja sudah curiga..

  1. Email yang masuk berada di Spam folder email Yahoo
  2. Nama dan email penerima tidak valid (bukan nama dan email saya)
  3. Dia tidak menyebutkan secara spesifik bank apa (mandiri, bca, permata, dll), dia menyebutkan Pelanggan yang terhormat Of Bank Indonesia.
  4. Dia menyuruh download dan klik file

Hellow… Bank Indonesia adalah bank central, tidak ada orang yang mempunyai rekening di bank itu.

Sudah sangat jelas itu SCAM!

Jangan sekali-kali melakukan klik, download, mengisi atau membalas email tersebut. Sekali kamu melakukannya,, entah mungkin data komputer kamu akan terekam dan terkirim ke sana.

Teganya sih hacker-hacker ini mempergunakan ilmu dan kepintarannya untuk melakukan hal buruk. Sudah dikasi otak yang cerdas, eh malah menyusahkan sesama manusia. Semoga Tuhan memberi hukuman kena kanker otak yang tidak dapat disembuhkan kepada hacker-hacker jahat. Amin! *doa seorang ibu* *doa orang teraniaya* *doa anak yatim*

12 Tips Mencegah Facebook AME

Saya bukan ahli facebook ads,, tapi sering mempelajari teori tentang facebook marketing. Secara teori mungkin saya bisa, tetapi ketika praktek saya selalu rugi. Hahaha.. Nggak tau mungkin karena produk saya kurang menarik, deksripsi iklannya yang biasa saja, gambar iklan yang gitu-gitu aja, harga produk yang mahal bagi customer, dsb.

Tapi bagi-bagi tips gpp kan?

Bagi pemain facebook ads, pasti takut kalau sampai kena facebook AME.

Apa itu Facebook AME ? Facebook AME (Ads Manager Error) sama artinya dengan akun facebook ads kamu dibanned.

Lho, kenapa kok facebook ads bisa dibanned? Ada banyak faktor kenapa fb ads bisa dibanned.

12 Tips Mencegah Facebook AME

1. Kamu ngiklankan produk dengan link affiliatemu langsung. Seharusnya link yan keluar dari FB ads adalah link menuju web milikmu sendiri (sales page). Di sales page itu baru ada tombol beli menggunakan link affiliatemu.

2. Kamu menggunakan kupon facebook.

3. Kamu menggunakan CC atau kartu kredit sebagai primary payment, tetapi langsung beriklan facebook. Itu rawan sekali kena AME.

4. Kamu baru punya paypal umurnya kurang dari 1 bulan, langsung masukin ke fb ads maka hal itu akan rentan kena AME.

5. Kamu memasukan CC tetapi juga memasukan PayPal, tetapi nama antara CC dan PayPal tidak sama. Itu salah satu penyebab kena AME.

6. Nama di akun facebookmu tidak sama dengan nama di CC atau di PayPal.

7. Jangan terlalu bernafsu langsung beriklan setelah memasukan metode pembayaran di fb ads, biarkan dulu beberapa hari atau minimal 1 minggu.

8. Kamu sering ganti device / komputer saat login ke fb ads manager.

9. Adanya perbedaan IP address saat mengakses fb ads manager dan saat memasang iklan. Itu bisa dikategorikan unusual login / unusual activity.

10. FB akan curiga kalau facebookmu itu pasif, kamu jarang update status, share, like. Intinya kamu cuma gunakan FB itu untuk beriklan.

11. Kalau sudah pernah kena AME sebelumnya, jangan gunakan facebook, kartu kredit, atau PayPal yang sama. Idealnya 1 kartu kredit = 1 Akun.

12. Kalau kamu melakukan custom audience, jangan sekali-kali grab dan buat list daftar orang-orang yang mempunyai nama depan atau nama belakang yang sama.

Facebook AME

Kalau saya sih alhamdulillah belum pernah kena facebook AME, dan semoga sih enggak. Karena memang jarang beriklan lagi akhir-akhir ini.

Trus bagaimana saya bisa tau tentang AME kalau belum pernah mengalaminya? Yaa.. saya merangkum dari pengalaman teman-teman yang mainan fb ads dan pernah kena AME.

Untuk mengatasinya.. ya mau tidak mau bermain aman saja. Ikuti rambu-rambu di atas. Kalau faceboook adsmu sudah kena facebook AME, ya silahkan buat akun facebook baru, bikin paypal baru, paling extrim ya bikin kartu kredit baru :D

1 2 3 33