Archive of ‘eBay Experience’ category

Buyer Israel dan China Penipu?

Beberapa hari ini saya sudah menolak order dari buyer Israel dan China, Taiwan sih tepatnya..

Soalnya mengingat banyaknya teman-teman seller yang kena tipu buyer Israel membuat saya sedikit waspada. Padahal jumlah order dari merek lumayan lho. Cuma saya nggak mau gelap mata.

Oh ya, modusnya begini.. mereka (buyer Israel dan China) membeli banyak barang, tetapi beberapa hari kemudian melakukan dispute PayPal. Padahal sudah dijelaskan kalau waktu pengiriman 2-4 minggu. Kasus kedua adalah setelah 2 minggu mereka menanyakan “Where is my item?” kemudian open dispute ke PayPal. Kalau sudah open case di PayPal biasanya saya sebagai seller pasti kalah dan akhirnya rugi. Karena kiriman internasional menggunakan RLN atau USPS itu nggak ada tracking number uptodate sampai rumah si pembeli. Kecuali kalau pakai FedEx, UPS, DHL atau EMS, itu baru bisa menang.

Kasus ketiga adalah, barang sudah sampai, TN sudah uptodate, tapi mereka tetap open dispute dengan alasan item not as describe. Lha piye toh.. dan bodohnya lagi PayPal membela si buyer. Alhasil udah seller rugi, buyer penipu itu dapat barang gratis plus uang refund. Sial!

Daripada saya rugi, mending saya ngembalikan urang si buyer (refund) dengan alasan ada technical isuue, nggak mau ngecewain customer karena handling time yang lama makanya order dicancel dan uang dikembalikan 100%.

Sekarang saya cuma melayani buyer dari USA aja dan beberapa negara di Eropa seperti Italia, Prancis, Jerman, Belanda, UK. Kalau untuk Asia, yang dihindari cuma China dan Israel, selebihnya sih… bungkus!

Sebenarnya nggak hanya buyer dari dua negara itu aja sih yang rawan penipuan, banyak juga buyer dari negara lain seperti UK dan USA yang emang nipu. Untungnya saya udah nggak jualan di ebay lagi, jadinya kalau ada indikasi buyer mau komplain ya nggak saya balas email mereka.

iOffer Copyright Item Listing Removed, Ah Abaikan Saja!

iOffer Copyright Item Listing Removed, Ah Abaikan Saja!

Semenjak melakukan listing bulan oktober lalu, saya sudah mendapatkan lebih dari 10 kali surat peringatan yang mengatakan bahwa item yang saya jual diremove karena melanggar hak cipta dari si empunya produk itu. Hihihi…

ioffer-copyright-Item-Listing-Removed

Di akhir email diperingatkan, apabila terjadi lagi maka akun saya bisa disuspend permanen. Halah.. buktinya saya sudah sering mendapatkan email itu, tetapi sampai sekarang akun ioffer saya aman-aman saja tuh. HAJARR!!!

Jadi saya simpulkan maksudnya repeat violations adalah, jangan mengulangi kesalahan yang sama, maksudnya listing produk yang tadi sudah diremove karena masalah copyright.

Untuk produk-produk lainnya, ya dibiarkan saja tunggu sampai dapat email beginian lagi :D

1 2 3