Archive of ‘Contest’ category

IdeKU Untuk PLN Adalah Swasembada Energi Rumah Tangga

logo plnKetika kita berbicara tentang PLN, hal yang langsung terlintas oleh saya dari kalangan ibu rumah tangga adalah tagihan listrik. Betapapun kami mencoba berhemat, tagihan listrik akan terus meningkat, terlebih lagi ketika PLN mengumumkan kenaikan tarif.

Sebenarnya sudah lama saya memikirkan ide ini, hanya saja diperlukan kerja sama dari semua orang dan tentunya bantuan operasional. Akhirnya bertepatan dengan lomba blog ideKU untuk PLN, saya memberanikan diri untuk menulis di dalam blog.

IdeKU Untuk PLN Adalah Swasembada Energi Untuk Rumah Tangga

Indonesia adalah negara berkembang, dimana kebutuhan akan energi terus meningkat setiap tahun. Pertumbuhan penduduk tidak sebanding dengan penambahan sumber daya pembangkit listrik. Jika digabungkan dengan keuntungan kita tinggal di daerah tropis yang selalu terkena panas matahari sepanjang tahun, seharusnya kita malah bisa menghasilkan banyak energi listrik yang bisa mecukupi kebutuhan rakyat dari Sabang sampai Merauke.

Solar System Energy adalah IdeKU Untuk PLN

Ideku Untuk PLN adalah dengan membuat proyek percontohan di suatu perumahan baru. PLN membuat solar system yang diletakan di atas rumah warga. Hasil dari energi itu dikelola sedemikian rupa sehingga jumlahnya cukup banyak untuk bisa memenuhi kebutuhan listrik untuk satu RT atau satu RW.

ideku untuk PLN

credit: ebuildingpermit.com

Ideku untuk PLN mempunyai modal pembuatan solar system yang berasal dari PLN. Pengelolaannya dilakukan oleh PLN dan dibantu oleh warga. Selama beberapa tahun, warga berkewajiban mambayar iuran kepada PLN tujuannya untuk mengembalikan modal pembuatan solar system dan biaya operasional. Jika modal PLN sudah kembali, warga hanya membayar iuran untuk biaya operasional saja.

Contoh nyata sudah saya rasakan ketika di cluster perumahan saya membangun solar system menghasilkan listrik untuk lampu jalan dan air mancur di fasilitas umum taman. Alangkah bermanfaatnya apabila ideku untuk PLN bisa diterapkan oleh satu cluster perumahan, sehingga warga bisa swasembada listrik sendiri untuk kebutuhan rumah tangga. Iya kan?

Saya rasa IdeKU Untuk PLN ini bisa langsung diterapkapkan. PLN bisa memilih pilot project perumahan rakyat yang akan dibangun dan bukan perumahan mewah.

Saya optimis, dengan adanya inovasi yang dilakukan oleh PLN akan memberikan solusi bagi semua orang. PLN tidak harus menaikan tarif listrik setiap beberapa bulan karena merugi, warga tidak harus kecewa karena listrik di lingkungan mereka sering padam, dan ibu rumah tangga seperti saya juga bisa berhemat karena tidak pusing lagi membayar tagihan listrik.

Semoga IdeKU Untuk PLN bisa diterima dan diaplikasikan suatu hari nanti :)