Tips Memperbanyak ASIP

Pengalaman ini saya dapatkan justru tepat pada saat Nevan genap berusia 6 bulan, sudah lulus S1 ASI. Saya baru tau, bahwa selama ini ada cara atau trik untuk tetap bisa menyusui langsung tetapi stok ASIP (ASI Perahan) juga banyak.

Selama ini saya menyusui dengan PD secara bergantian, sehingga pada saat akan diperah hanya menghasilkan ASIP yang sedikit, paling banyak 50ml saja, satu botol kecil 🙁

Tapi kalau dengan cara seperti ini, insya allah Nevan bisa tetap ASI hingga 2 tahun. Tetap sehat, gak pernah sakit, dan juga hemaaaat..

Pada saat melahirkan, produksi ASI (Air Susu Ibu) memang tidak langsung banyak, biasanya berlangsung beberapa hari, malah ada yang sampai 2 minggu. Nggak usah bingung, stress, pusing, dan langsung memutuskan untuk memberi bayi susu formula, oh no.. no..

Dirangsang terus si payudara biar mengeluarkan ASI, caranya dengan cara dipijat/massage dan dibelikan saja pompa ASI yang merk ternama, jangan yang abal-abal. Biasanya ada harga ada rupa, yang mahal enak dipakai, praktis. Memang harganya agak mahal diatas 300ribu, tetapi masih lebih murah jika dibandingkan beli susu formula selama 1 bulan.

Kalau katanya @ID_AyahASI, si ibu harus bahagia pada saat menyusui, dan mendapat dukungan dari orang-orang sekitarnya. Percuma kalau kita sudah sepenuh hari ingin menyusui bayi tapi suami, orangtua, mertua menyuruh pakai sufor alias susu formula. Capedeh… kalau sudah begitu, pasang earphone tiap hari, hiraukan mereka, yang penting ASI! ASI itu gratis lho ibu-ibu.. lumayan daripada uangnya dipakai beli sufor, mending ditabung untuk kebutuhan lainnya, atau untuk memanjakan ibunya di salon.

Suplemen makanan + tablet extrak daun katuk itu opsional. Selama beberapa bulan saya mengkonsumsi sayur daun katuk, dan tabletnya juga tidak membuat produksi ASI saya meningkat drastis, semua itu hanya sugesti.. bahkan mitos kali ya. Tapi yang pasti, sayur daun katuk itu banyak manfaatnya buat ibu, dan bisa membuat ASI lebih kental dan putih seperti susu UHT. Pengalaman pribadi saya ketika mengkonsumsi daun katuk dan tidak, terlihat jelas perbedaannya.

Makan durian itu tidak membuat ASI menjadi lancar, bukan duriannya tapi efek happy, bahagia karena memakan durian lah yang membuat produksi ASI menjadi lancar. Intinya, senang! Gitu kayanya @ID_AyahASI

Makan apa saja boleh, selama porsinya wajar, yang penting bukan kuantitas tapi kualitas.

Sip, kalau semua itu sudah dilakukan, sekarang Tips memperbanyak ASI secara teknisnya.

  • Siapkan pompa asi dan botol-botol yang sudah dicuci bersih, distrerilkan dalam wadah khusus di samping tempat tidur.
  • Dimulai dari jam 12 malam, pada saat bayi minta nenen, berikan satu sisi PD saja untuk dikenyot, misalnya yang sebelah kiri saja. PD yang sebelah kanan, biarkan selama 3 jam untuk memproduksi ASI.
  • Setelah 3 jam, kurang lebih jam 3 pagi, pompa hingga kosong PD yang sebelah kanan yang tadi tidak dipakai untuk nenenin bayi langsung. Alhasil perahannya bisa mencapai 100ml lebih.
  • Lakukan lagi selama 3 jam berikutnya, yaitu jam 6 pagi. Jadi selama semalam ibu bisa mendapatkan 200ml ASIP yang bisa ditaruh di kulkas.
  • Sedangkan kalau siang, nenenin langsung saja. Kecuali kalau ibu adalah wanita yang bekerja. Kalau nggak bekerja, alias di rumah saja, sebisa mungkin bayi menyusu pada ibu secara langsung.
  • Kalau bekerja, setiap 3 jam pompa PD. Biasanya sekali perah bisa mendapatkan 200ml, kalau setengah hari mulai jam 8 pagi hingga 5 sore bisa mendapatkan 6 botol ASIP @100ml. Lumayan kan..

ASIP itu berguna pada saat kita ingin pergi meninggalkan bayi di rumah, atau pergi membawa bayi dan ingin tetap bisa memberikan ASI tanpa perlu buka-buka baju di luar, hehe..

Buat ibu yang melahirkannya secara operasi juga bisa tetap memberikan ASI walau kebanyakan sih kalau melahirkan secara operasi caesar itu ASInya nggak keluar. Tetapi dengan niat yang kuat, dibantu pompa asi, Insya Allah semua ada jalannya.

Semoga teknik memperbanyak ASI bisa berguna. Kalau ada info tambahan, silahlan komen di bawah ini ya..

You May Also Like..

0 comment on Tips Memperbanyak ASIP

  1. dionella
    31/03/2012 at 2:08 pm (5 years ago)

    wah maksih ya mbak tipsnya, bisa dibookmark nih, kebetulan aku lagi mengandung baby pertama, nanti pas menyusui harus pake teknik ini supaya banyak asipnya krn kalo siang kerja sampe jam 3 :d

    Reply

Leave a Reply


*