Perlengkapan Melahirkan Untuk Dibawa ke Rumah Sakit

Memasuki trimester ketiga, adalah waktu yang tepat untuk mempersiapkan perlengkapan melahirkan untuk dibawa ke rumah sakit. Selain itu juga, di bulan-bulan ini kita sudah bisa membeli barang yang lucu-lucu dan unyu-unyu untuk kehadiran dedek bayi.

Perbedaan Kehamilan Pertama dan Kedua

Kehamilan anak kedua ini sebenarnya aku kurang care terhadap diri sendiri dan janin. Padahal kehamilan pertama justru lebih cuek lagi karena waktu itu belum siap dan belum sadar jadi Ibu, maklum saat menikah usia masih belia.

Pada saat kehamilan pertama, suami masih perhatian dan ada orangtua yang mengurus segalanya, jadinya berasa nggak sedang hamil. Trus juga dulu kalau dinasehatin masih nurut, seperti makan makanan sehat, rutin minum susu, dengerin musik ke dedek bayi pakai headset, jalan kaki rutin setiap hari selama trimester ketiga, ngepel jongkok, dsb.

Beda banget sama kehamilan kedua. 3 bulan pertama ngerasain yang namanya mual, seperti layaknya emak-emak lagi hamil, berat badan bisa naik 2 kg per bulan itu Alhamdulillah banget. Aku sama sekali nggak mau minum susu hamil, cuma minum susu ultra 1 liter aja (itupun kalau inget), sering makan fast food gak sehat, males jalan kaki, usia janin 6 bulan masih nganter anak ke sekolan naik sepeda pancal (sepeda gowes), usia 8 bulan masih nganter anak sekolah naik sepeda motor, dsb. Pokoknya ekstrim deh.

Nah, semenjak kehamilan kedua ini jauh dari orangtua, oleh karena itu semua kebutuhan terpaksa aku siapkan sendiri. Mulai dari belanja kebutuhan bayi hingga perlengkapan melahirkan untuk dibawa ke rumah sakit. Kalau dulu yang nyiap2in semua kebutuhan bayi dan melahirkan adalah mamaku, aku tinggal melenggang santai ke rumah sakit bersalin. Ribet ya ternyata!

Oke, jadi ini adalah list perlengkapan melahirkan untuk dibawa ke rumah sakit yang aku buat.

Perlengkapan Melahirkan Untuk Dibawa ke Rumah Sakit

Satu koper kecil isinya perlengkapan bayi

Perlengkapan Melahirkan Untuk Dibawa ke Rumah Sakit untuk Bayi

No Perlengkapan Bayi
1 Baju Bayi
2 Bedong
3 Diaper
4 Gurita Bayi
5 Handuk
6 Kaos Kaki, Kaos Tangan Bayi
7 Lemek garis-garis
8 Popok Kain
9 Sabun, Bedak, Shampoo, Baby Oil
10 Selimut
11 Tissue Basah
12 Waslap Mandi

Perlengkapan Melahirkan Untuk Dibawa ke Rumah Sakit untuk Ibu

No Perlengkapan Ibu
1 Baju Menyusui
2 Bra, Celana Dalam
3 Handuk
4 Pembalut
5 Perlengkapan Mandi (Sabun, Shampoo, Sikat Gigi, Pasta Gigi, Sabun Cuci Muka, Pembersih  Kewanitaan)
6 Sandal
7 Sisir, Ikat Rambut, Kosmetik
8 Sarung Melahirkan
9 Gendongan Bayi
10 Breast Pad
11 Pompa ASIP
12 Dokumen yang diperlukan (KK, KTP, Buku Nikah)

Aku sendiri nggak tau akan berapa lama di rumah sakit. Kalau bisa melahirkan normal, mungkin cuma 2 hari di sana, tapi kalau Sectio Caesaria alias operasi sesar ya bisa minimal 4 hari di rumah sakit. Semoga persalinan kedua ini bisa normal lagi. Amin.

Kurang lebih seperti itulah daftar perlengkapan melahirkan untuk dibawa ke rumah sakit yang aku buat. Buat kamu yang mau ngasi aku kado melahirkan yang sederhana dan under budget, mungkin bisa dibaca di postinganku 4 tahun lalu –> Kado untuk Bayi dan Ibu yang baru melahirkan.

You May Also Like..

1 Comment on Perlengkapan Melahirkan Untuk Dibawa ke Rumah Sakit

  1. Mukhofas Al-Fikri
    04/12/2015 at 4:52 pm (1 year ago)

    terima kasih mbak, ternyata perlengkapannya banyak buat saya sebagai calon bapak yang sebentar lagi mau siap siap menikah dan punya momongan hehe.. maklum masih belum siap. karena juga masih lajang. mungkin sebelum nikah juga bnayuk persiapan juga ya? sip

    Reply

Leave a Reply


*