Penipuan Service Elektronik KH Hasyim Ashari Cipondoh

Pernah punya pengalaman tentang penipuan service elektronik? Teman-teman yang bertempat tinggal di sekitar Poris, Cipondoh, Taman Royal, Banjar Wijaya, dan sekitarnya mungkin udah nggak asing kalau menerima selebaran brosur service elektronik menggantung di pagar rumah mereka seperti ini.

Layanan service elektronik panggilan itu meliputi service AC, kulkas, mesin cuci, dispenser, pompa air, tv, dsb. Lucunya, alamat tempat service itu hampir sama, yaitu berlokasi di Jl. KH Hasyim Ashari Cipondoh. Tetapi pada saat aku mencoba mencari lokasi tempat service tersebut, hampir bisa dipastikan beberapa alamat tersebut tidak ada alias fiktif.

Penipuan Service Elektronik

Penipuan Service Elektronik

Mengapa aku bilang beberapa service elektronik KH Hasyim Ashari Cipondoh adalah penipuan:

  1. Alamat fiktif
  2. Beberapa no hp yang dihubungi dimiliki oleh orang yang sama, cuma beda nama tempat service saja
  3. Harga yang tertera di brosur memang murah, tetapi pada kenyataannya tidak demikian

Sebenarnya hal ini sudah bukan cerita lama. Banyak banget cerita dari tetangga yang pernah mencoba jasa service elektronik ini, mulai dari cuma jasa cuci AC hingga yang paling sering adalah service pompa air.

Pengalaman ditipu tukang service AC ini pun diungkapkan oleh seseorang di laman akun facebooknya dan kemudian ditulis di laman merdeka.com

http://www.merdeka.com/peristiwa/waspada-ulah-tukang-ac-curangi-pelanggan-demi-raup-untung-gede.html

Pengalaman tetanggaku, pompa air di rumahnya tidak mengeluarkan air. Dia lalu menghubungi salah satu nomer di brosur service elektronik tersebut. Sudah habis ratusan ribu, ternyata jet pumpnya nggak mengeluarkan air juga. Janji tinggal janji, katanya mau datang lagi keesokan harinya, ternyata si tukang service itu malah kabur.

Kalau aku sendiri sih hampir sama pengalaman dengan orang yang diulas di laman merdeka.com itu. Karena tempat service langganan AC sedang penuh, akhirnya mencoba menghubungi salah satu nomer hp service elektronik yang ada di brosur tersebut. Ternyata orang yang mengangkat telponnya adalah orang yang sama. Lucunya setelah AC dibersihkan malah jaid nggak dingin, cuma mengeluarkan hawa panas saja. Alasan tukang servicenya perlu tambah freon, padahal itu AC baru, nggak perlu tambah freon, cukup diservice berkala aja seperti cuci rutin.

Sebenernya aku lagi butuh service elektronik untuk memperbaiki mesin cuci dan kipas angin, tapi karena takut tertipu lagi dengan service elektronik abal-abal, niat itupun belum terlaksana.

Saranku sih kalau mau nyari service elektronik:

  1. Jika barang elektronik tersebut masih memiliki garansi service, ada baiknya menghubungi service center resmi dari brand tersebut. Apabila memang garansinya sudah habis, tetap lebih direkomendasikan menggunakan jasa service resmi dari brand tersebut.
  2. Pastikan tempat service tersebut mempunyai alamat yang jelas. Perlu survei ke lokasi supaya lebih yakin.
  3. Kalau bisa cari tempat service yang dekat rumah agar barang mudah diantar dan diambil. Kita pun bisa dengan mudah mengecek sampai mana pekerjaan perbaikan yang sudah dilakukan.
  4. Jangan lagi percaya pada brosur-brosur service elektronik yang nggak jelas.
  5. Tanya dulu sejelas-jelasnya berapa biaya perbaikan, jangan sampai ada biaya membengkak diakhir.

Aku bukannya mau mencemarkan nama baik service-service panggilan itu ya, tetapi dari banyaknya pengalaman ya mau nggak mau aku harus membahasnya agar tidak ada lagi orang yang merasa dirugikan.

Kalau mau membuka jasa service, hendaklah dengan jujur dan carilah uang dengan cara halal. Apa untungnya sih kalian mendapatkan uang banyak sesaat tetapi punya perasaan bersalah sudah membohongi orang lain. Anda beruntung masih banyak orang yang tidak melaporkan penipuan ini ke pihak berwajib (polisi). Kalau penipuan service elektronik masih marak terjadi, bukan berarti suatu saat hal ini akan terbongkar dan anda sindikat anda siap-siap diciduk polisi.

Waspadalah!

You May Also Like..

    2 Comments on Penipuan Service Elektronik KH Hasyim Ashari Cipondoh

    1. @goenrock
      13/11/2015 at 6:49 pm (1 year ago)

      Kalau servis barang elektronik yang buka resminya, emang agak serem sih. Apalagi kalau harus ninggalin barang di temoat service-nya lama. Takut malah dituker-tuker dalemannya.

      Reply
    2. kupret
      21/12/2015 at 5:33 pm (12 months ago)

      ane jg kena tipu sepertinya sama Ezra Tekhnik,,, tuker tambah ac second, baru seminggu udah gk dingin,,, ditelpon gk pernah diangkat2 lg.. teknisinya nama awi ntah bener atau kgk..
      No kantornya 021-95220783

      Reply

    Leave a Reply


    *