Plugin WordPress Penting Untuk Online Store

Morning all..

Sudah hari senin lagi nich, waktunya memulai aktifitas. Sedikit berbagi pengalaman minggu lalu. Ini tentang plugin-plugin penting yang saya temukan dan saya pakai di t-shirt online store saya. Cukup menarik karena sangat diperlukan saat ini. Plugin-plugin wordpress itu antara lain:

  1. GTranslate
  2. CubePoints
  3. Contact Form 7
  4. WPtouch
  5. Email Users
  6. Maintenance Mode

Dan service tambahan untuk twitter yaitu twitterfeed.

Sebenarnya banyak sekali platform untuk membuat online store, ada oscommerce, magento, prestashop, dll bahkan ada beberapa web programmer Indonesia yang membuat CMS online store sendiri seperti vkios.com tetapi yang paling saya sukai adalah memakai WordPress.

Semenjak beberapa tahun lalu, wordpress sudah berkembang pesat. Dari yang dulu hanya digunakan untuk blog, akhirnya dengan berkembangnya developer plugin-plugin wordpress maka jadilah wordpress sebagai autoblog, affiliate site, membership site, company portofolio, dan online store.

Saya suka dan selalu ngotot menggunakan WordPress karena saya sudah familiar menggunakannya, mudah dikuasai siapa saja daripada platform online store lainnya. Alasan kedua adalah SEO WordPress yang sangat.. sangat.. user friendly. Jika saya update produk hari ini, besok sudah terindex di search engine seperti Google, Yahoo, Bing, dll dan sudah bisa menghasilkan sales. URL menuju produk mudah sekali dihafal. Alasan ketiga adalah wordpress adalah blog, jadi saya bisa update news yang saya masukan dalam kategori tertentu. Terakhir karena plugin-pluginnya.. Ya, dengan adanya plugin wordpress, saya bisa menambahkan fitur apa saja yang dibutuhkan oleh online store saya. Asyik kan..

Walaupun sampai saat ini kelemahan menggunakan WordPress untuk online store tetap ada. Saya sudah mencari, mencoba agar wordpress online store saya tampak sempurna, mencoba coding sendiri, tetapi belum berhasil. Saya juga berani membayar orang jika mau menambahkan coding agar wordpress online store tampak sempurna, tapi belum ada yang bisa.

Kelemahan wordpress online store antara lain:

  1. Fasilitas menghitung shipping cost menggunakan kurir JNE/TIKI. Nah, itu adalah hal penting yang dibutuhkan oleh semua pemilik online store di Indonesia.
  2. Ada wordpress theme yang sudah mendukung online store, salah satunya milik Templatic.com (saya sangat suka!) tetapi kelemahannya ya itu.. tidak ada fasilitas menghitung shipping cost dan belum ada kolom untuk no telpon customer.
  3. Tidak ada fasilitas switch currency, misal dari rupiah ke dollar. Kalau online store saya sangat butuh itu karena customer saya kan tidak hanya dari Indonesia, tetapi mancanegara juga. Jadi fitur itu sangat penting.

Nah, bagi para web programmer khususnya wordpress programmer yang ingin membuat theme wordpress online store, ada baiknya memodifikasi online store punyanya Templatic dan hanya menambahkan fasilitas yang sudah saya sebutkan tadi, seperti shipping cost, customer phone number. Bagi yang berminat mencoba, atau sudah mencoba dan berhasil tolong hubungi saya di brillie@antie.info ya, nanti kita bisa nego harga untuk kreasi yang kamu buat, hehe..

Oke.. sampe lupa apa saja pluginnya.

  1. GTranslate. Get translations with a single click between 58 languages (more than 98% of internet users) on your website! Plugin ini penting jika pengunjung online storemu / customer tidak hanya dari Indonesia. Cocok bagi yang ingin ekspansi produk hingga mancanegara, online storemu bisa dikenal hingga seluruh dunia.
  2. CubePoints. CubePoints is a point management system designed for WordPress blogs. Users can earn points by posting comments on your site. Plugin ini rekomendasi dari temannya suamiku, gara-garanya suamiku ingin customer menjadi loyal customer yang berbelanja lagi dan lagi, oleh karena itu diberlakukannya sistem point rewards. Seperti model-model promosi kartu kredit gitu dech.. Jadi customer lama akan terpancing menggumpulkan pointnya yang bisa ditukar untuk mendapatkan diskon pada pembelian selanjutnya.
  3. Contact Form 7. Just another contact form plugin. Simple but flexible. Tidak hanya berfungsi sebagai contact form mengirim email, tetapi bisa berfungsi sebagai form order, form konfirmasi pembayaran, form untuk memesan produk custom, dll.
  4. WPtouch. A plugin which formats your site with a mobile theme for visitors on Apple iPhone / iPod touch, Google Android, Blackberry Storm and Torch, Palm Pre and other touch-based smartphones. Salah satu customer online storeku menginspirasi untuk menggunakan plugin ini, karena ternyata pengunjung tidak hanya melihat online store melalui browser PC/Laptop, tetapi sering menggunakan hpnya untuk browsing. Alangkah serunya jika online store kita bisa diakses cepat, mudah lewat handphone.
  5. Email Users. Allows the site editors to send an e-mail to the blog users. Kebetulan theme online store yang saya gunakan ada fasilitas untuk merekam siapa saja data customer yang telah berbelanja online. Plugin ini berfungsi untuk mengirimkan update-update penting seputar online store. Contohnya pemberitahuan produk baru, perubahan harga produk, promo diskon, dll. Jika user/customer online storemu sedikit, daripada membeli jasa email marketing, lebih baik menggunakan plugin ini. Jadi bisa broadcast email kepada customer langsung.
  6. Maintenance Mode. Adds a splash page to your blog that lets visitors know your blog is down for maintenance. Logged in administrators get full access to the blog including the front-end. Kalau mau melakukan perubahan pada online store seperti mengganti theme, menambahkan dan uji coba fitur baru, dll, cukup mengaktifkan plugin ini. Teapi maintenance-nya jangan lama-lama ya, karena kamu bisa kehilangan customer dan sales.

Terakhir bukan plugin, tetapi sangat berguna. Saya bukanlah orang yang sempat untuk selalu update facebook page t-shirt online store saya, sehingga saya membutuhkan sesuatu yang otomatis ketika saya update produk di website dan update pula di facebook. Akhirnya saya menemukan twitterfeed. Lumayan bisa memberitahu fans bahwa ada update produk baru atau news di website.

Sekian dulu ceritanya. Kalau kamu punya tambahan informasi, silahkan saja ya berbagi di sini dengan cara meninggalkan komentar. Untuk download plugin wordpress penting online store di atas, cari sendiri saja yach di wordpress.org hehehe.. semuanya gratis kok, jadi sangat mudah menemukannya. Selamat mencoba..

You May Also Like..

14 Comments on Plugin WordPress Penting Untuk Online Store

  1. sibair
    30/05/2011 at 9:39 am (6 years ago)

    saya juga pengguna twitterfeed juga mbak.. selain memberi tau adanya barang atau post baru. Twitterfeed juga bisa di buat pengingat dan promosi blog teman yang kita share di twitter 😀

    Thx informasi untuk pluginnya 😀

    Reply
  2. Avy
    31/05/2011 at 12:27 pm (6 years ago)

    Terima Kasih mbak brilie…info pluginnya.

    Reply
  3. munir_jb
    31/05/2011 at 2:51 pm (6 years ago)

    btw, kira2 pluginnya tar perlu dikembangin seperti gimana y? mungkin bs jd ide riset buat lab di kampus kita 😀

    Reply
  4. Roy
    08/07/2011 at 9:53 am (5 years ago)

    Wah saya juga make templatic juga mbak. kalo tadi saya intip, mbak make yg emporium yah?
    Emang keren banget tuh buatan templatic, backbone administrationnya mantappp!!!Dah gitu siap buat affiliate lagi. Mau jadi shopping cart, digital mode atau catalog tinggal klik. Kalo tentang plugin JNE, coba hubungi mas Arie yang develop Plugin JNE untuk wp e-commerce.

    Reply
  5. alan
    18/11/2011 at 12:15 am (5 years ago)

    vallians.com pake plugins apa untuk membuat jual beli online store website anda,,,,

    Reply
    • Brillie
      06/12/2011 at 4:16 pm (5 years ago)

      bukan plugin, tapi theme premium berbayar dari templatic.

      Reply
  6. tokoherbalindonesia
    30/11/2011 at 10:00 am (5 years ago)

    Bu, bisa bisikin atau malah kasih tema online stor nya.. 🙂

    Reply
  7. distroherbal
    30/11/2011 at 10:01 am (5 years ago)

    Mba, bisa saranin apa yg kurang di webq..
    thanks 🙂

    Reply
    • Brillie
      06/12/2011 at 4:14 pm (5 years ago)

      terlalu rame pak webnya, coba isinya yang simple aja, satu kolom, full artikel memanjang, ga perlu sidebar dan gambar gak perlu banyak2. menu2 yang penting cuma home, about, contac, faq (cara pembelian, pembayaran, shipping dll), katalog produk. semakin simple tetapi elegan sebuah web, semakin senang orang berkunjung ke sana

      Reply
    • Brillie
      06/12/2011 at 4:13 pm (5 years ago)

      saya gak butuh script JNE – TIKI TRACKING mas.. yang saya butuh script untung menghitung atau kalkulasi shippingnya.

      Reply
  8. bob
    19/01/2013 at 10:02 pm (4 years ago)

    kalo backupp dan restore wp pakai apa ?
    buat jaga-jaga kalo di hack, kita bisa restore wp dengan mudah atau memindahkan ke domain lain

    Reply
  9. Brillie
    20/01/2013 at 10:24 am (4 years ago)

    kalau backup saya pakai cara manual. backup cuma database dlm bentuk .sql sama backup wp_content aja, sisanya gak usah.

    Reply
  10. Jun
    25/01/2016 at 5:49 pm (10 months ago)

    Lumayn!

    Reply

Leave a Reply


*