Zazzle Vs RedBubble, mana yang paling menghasilkan?

Kalau kamu adalah artist, illustrator atau desainer, cara paling mudah untuk mendapatkan passive income dari menggambar adalah dengan menjual karya senimu melalui situs print on demand. Maksudnya passif income disini adalah kita hanya mengerjakan satu proses saja setelah itu selesai yaitu mendesain/menggambar dan upload artwork. Proses lain seperti penjualan, marketing, customer service sudah ada yang menangani. Kita tinggal terima bersih aja tiap bulan ada transferan masuk ke rekening kita.

Situs POD seperti itu banyak sekali, baik di Indonesia maupun di luar negri. Di Indonesia sendiri kita punya tees.co.id, kustomable, dll Di luar negri juga banyak seperti Zazzle, Redbubble, Society6, Spreadshirt, Cafepress, DesignbyHumans, dll. Nah, dari sekian banyak situs POD seperti itu, mana yang paling menguntungkan?

Kalau mau passif income yang banyak, bisa aja sih kita upload artwork karya kita ke semua situs POD (print-on-demand) itu. Bagaimana dengan RedBubble dan Society6? Well.. sepertinya itu cocok banget buat para independent artist, banyak karya keren di sana. RedBubble mempunyai range product yang banyak, promosi mereka juga bagus, setidaknya situs mereka selalu masuk page 1 atau top 10 Google. Tetapi untuk harga kaos, sepertinya mereka terlalu mahal dan mockupnya juga kurang bagus.

Lain lagi dengan Zazzle, mereka punya mockup kaos yang banyak dan realistis. Kebetulan karena artwork yang aku upload khusus untuk kaos, maka aku lebih fokus di Zazzle. Menurut pengalamanku, dari sekian banyak situs POD yang pernah aku coba, Zazzle mempunyai sales paling bagus. At least ada 1 produk terjual setiap hari. Sehingga target bisa mendapatkan passif income Rp 500ribu per bulan bisa tercapai. Lumayan lho bisa buat tambahan beli token listrik.

Di Zazzle kita juga bisa dapat earning dari affiliate link yang mengacu ke produk kita sendiri atau produk orang lain. Sehingga kalau kita promosi produk kita sendiri di blog pribadi misalnya, kita bisa dapat dobel bonus. Bonus dari produk yang terjual dan bonus tambahan dari refferal link.

Kalau kamu, ada pengalaman serupa?

You May Also Like..

Leave a Reply


*