Langganan Air PAM atau tidak ya?

Apa itu air PAM? Air PAM adalah air yang berbayar. Perlukah kita memasang air PAM di rumah? Berikut beberapa pertimbangan yang perlu diambil kalau kamu mau memasang air PAM.

Beberapa kecamatan di Tangerang sedang banyak proyek pemasangan saluran air PAM. Di komplek perumahanku sendiri, warganya tidak harus diwajibkan untuk memasang air PAM. Oh ya, sebelumnya warga perumahanku menggunakan air sumur (jet pump) untuk kebutuhan rumah tangga mereka seperti mencuci, mandi dan menyiram tanaman. Sedangkan untuk masak, mereka menggunakan air isi ulang 6000an.

Aku sendiri memutuskan untuk ikut memasang air PAM dengan beberapa pertimbangan, walaupun sebenarnya air tersebut tidak kami gunakan sesekali saja dan bukan sebagai sumber air utama.

pemasangan air pam

Pro Memasang Air PAM

Cadangan air
Air PAM digunakan sebagai cadangan air saat pompa air tanahmu (jet pump) sedang rusak atau saat musim kemarau dimana persediaan air tanah menurun. Menggunakan air PAM menurunkan resiko malu dan sungkan minta air terus sama tetangga ketika kita punya masalah dengan sumber air di rumah. Jika kamu tinggal di desa, kemungkinan orang lain tidak keberatan. Tetapi kultur orang kota sangat berbeda, toleransi dan tepo seliro mereka sangat kurang. Daripada menjadi bahan gunjingan orang lain, lebih baik mempersiapkan diri jika suatu saat terjadi hal yang buruk. Ingat, air adalah kebutuhan primer.

Pengganti air tanah dengan kualitas buruk
Tidak semua air tanah mempunyai kualitas bagus dan layak konsumsi. Di tempatku, air tanahnya cenderung kuning. Baru semalam diendapkan dalam bak mandi, sudah kuning seperti lumpur keesokan harinya. Ada pula air tanah yang terasa asin dan tidak bagus untuk kulit. Jangan pernah berharap warna pakaianmu bisa kembali seperti semula saat dicuci menggunakan air sumur / air tanah, terlebih lagi jika pakaian berwarna putih. Selamat tinggal baju putih. Mandi dan keramas menggunakan air sumur yang jelek juga dapat mempengaruhi kesehatan kulit kita lho. Oh ya, kalau menginginkan air sumur menjadi jernih, mungkin kita bisa pasang filter air dan menambahkan bubuk kaporit pada filter tersebut.

Meningkatkan harga jual rumah
Percaya atau tidak, dengan adanya air PAM dipasang di rumah maka akan meningkatkan harga jual rumah saat kamu berencana menjual rumahmu. Orang lain akan memilih rumah harga 500 juta dengan fasilitas air PAM daripada 500 juta tanpa air PAM. Yakinlah.. harga jual rumahmu akan lebih tinggi daripada tetanggamu yang tidak memasang air PAM.

Kontra Memasang Air PAM

Biaya air PAM per bulan
Aku sudah menghitung berapa biaya yang akan kami keluarkan untuk rumah tangga seperti mandi, mencuci, menyiram tanaman, dll sebulan untuk ukuran rumah sederhana bisa habis 500ribu. Wah.. tentu mengeluarkan biaya tambahan segitu nya berat untuk kami. Kecuali jika aku sebagai istri juga bekerja, dan mendapatkan penghasilan tambahan tetap.

Kualitas air PAM
Kualitas air PAM di beberapa daerah tidak bisa disamaratakan. Tidak semua air PAM bagus dan tidak semuanya buruk.

Debit air PAM kecil
Nah kalau ini memang masalah dari dulu.

Kesimpulan

Dari pro dan kontra memasang air PAM yang aku jabarkan di atas, aku lebih menyarankan untuk tetap memasang air PAM di rumah. Tetapi… tidak perlu digunakan kalau air sumur kita masih layak pakai dan kondisi keuangan kita belum mapan. Gunakan air PAM sebagai cadangan air saat musim kemarau agak kita nggak kebingungan mendapatkan air bersih.

Ada tetanggaku, orang kaya tapi dia tidak memasang air PAM. Menurutku sih sayang banget. Soalnya kalau sampai dia minta ke tetangga air, wah memalukan sekali. Orang kaya kok nggak mampu pasang air PAM.

Note: Biaya pemasangan air PAM di komplek perumahanku sekitar 1,4 juta rupiah daerah Tangerang kota. Berapa di tempamu?

Oh ya, kalau mau bayar tagihan air PAM di tokopedia aja. Ada cahsbacknya lho. Hehehe.. bukan iklan lho ya.

You May Also Like..

Leave a Reply


*