Modus Penipuan Baru Nigeria

Sudah lama nggak update blog, kali ini saya ingin bercerita tentang modus baru penipuan oleh orang Nigeria. Entah mereka benar dari Nigeria atau bukan, I don’t know… Tapi yang pasti, sejak tahun 2000-an sudah banyak modus penipuan money laundry yang mengatasnamakan investasi, alasan suaminya kecelakaan dan uangnya perlu dititipkan ke orang lain, dll. Intinya, mereka ingin mendapatkan data keuangan dan data pribadi kita untuk tujuan buruk. Kalau mereka beneran punya banyak uang, kenapa repot harus memberikannya kepada orang yang tidak dikenal, lewat email pula.

Sekarang mungkin yahoo, gmail sudah pintar, email-email seperti itu otomatis masuk ke bulk mail, junk mail, spam dll (kalau dulu, mesti hapusin satu-satu tuh email). Saya sampai mengkoleksi email-email tersebut dan saya jadikan blog, hehe..

Penipuan Oleh Orang Nigeria melalui TokoBagus

Ceritanya bermula dari sebuah notification atau pemberitahuan dari tokobagus.com bahwa ada seseorang yang meninggalkan pesan di lapak daganganku. Begini contoh emailnya.. (klik gambar untuk memperbesar ya).

penipu-nigeria

Karena sebelumnya nggak pernah mendapatkan pengalaman seperti ini (yang ternyata penipuan model baru lewat internet) maka saya coba menghubungi orang yang bernama Anita Dimitri itu melalui email. Dari situ si Anita meminta yang macam-macam, mulai dari desain kaos, jumlah, ukuran, warna, dll. Kami juga sudah susah payah menghitungkan total cost + shipping ke Nigeria. Terakhir pembicaraan mengenai pembayaran. Biasanya saya lebih suka transaksi melalui PayPal, karena PayPal mempunyai perlindungan untuk dana yang tidak benar, dicurigai, dll, jadi merasa lebih aman. Jika buyer tidak memiliki PayPal, mereka masih bisa membayar lewat kartu kredit, nah PayPal bisa mengatasinya.

Giliran pembayaran, dia mengatakan tidak memiliki PayPal atau kartu kredit dan memilih pembayaran transfer lewat bank. Bodohnya waktu itu suamiku yang membalas emailnya dan memberikan no rekening bank kami. Doooh… saya dah curiga dari awal, nih buyer nggak beres dan nggak perlu dilayani lagi. Makin parah ketika suamiku memberikan no rekening bank tsb. Sudah bisa ditebak kelanjutannya.. order nggak jadi dan si Anita itu menghilang, nggak pernah membalas email lagi.

Saya nggak tau akibat pemberian no rekening bank itu, mudah-mudahan sih nggak apa-apa. Saya takutnya no rekening itu dipergunakan untuk hal-hal yang tidak baik. Tapi, kalau mereka ingin mendapatkan no rekening bank dan atas nama siapa, bukankah gampang mencarinya di Internet, terutama seller Indonesia yang punya lapak di kaskus, fb online shop, multiply, dll. Sudahlah.. lupakan saja, ini menjadi pengalaman berharga, semoga kedepannya nggak terjadi lagi.

Mencegah Penipuan Lewat Internet

Beberapa hari lalu saya mendapatkan email serupa, dari tokobagus.com dan langsung ke email penipuan. Ini contoh-contoh emailnya… (klik gambar agar lebih jelas).

email penipu

Versi lain email penipuan itu..

Langsung saja saya balas dengan warna font merah darah membara…

NO, THANK YOU. YOU ARE scammers. WE WILL NOT BELIEVE YOU!!!

Dan jawabannya pun begini..

Hahaha..

Jadi, bagi kamu yang juga mempunyai lapak di tokobagus.com hati-hati terhadap penipuan model baru ini. Bukan berarti menyalahkan tokobagus, tetapi karena pintarnya si penipu mencari segala cara dan celah untuk menipu korbannya. Waspadalah.. waspadalah..

You May Also Like..

    20 Comments on Modus Penipuan Baru Nigeria

    1. dafhy
      29/08/2011 at 1:29 pm (5 years ago)

      jadi pelajaran berharga buat saya juga nich mbak. makasih atas sharingnya ya 🙂

      Reply
    2. Tika
      14/09/2011 at 4:41 pm (5 years ago)

      Alhamdulillah…makasih banyak mb, saya pertama kali ngiklan di tokobagus,n dpt email dari nigeria. awalnya pusing jg,gimana ngitung shipping costnya..browsing sana sini,tanya sana sini,kok hati kecil sy mengatakan sepertinya ada sesuatu yg gak beres.. Trs sy search di google, baru ketik “penipuan” saja sudah keluar ‘penipuan dari nigeria” di baris ketiga. Dan ketika membaca tulisan mbak, tersadarlah saya… sy bersyukur blm menanggapi email tadi.. makasih banyak mbak..^^

      Reply
    3. kucing bertopeng
      25/09/2011 at 12:03 am (5 years ago)

      Pengalaman yang berharga untuk semua seller online nih mbak. Tapi dibandingkan penipuan model begini dari luar negeri, lebih susah untuk mendeteksi penipuan yang dari dalam negeri sendiri 🙁 .

      Reply
    4. Aditama Firmansyah
      04/05/2012 at 6:52 pm (5 years ago)

      Seperti pengalaman dari Tika, saya pertama kali mengiklankan produk saya di tokobagus dan orang yang mengaku orang London mengiginkan produk saya, pada waktu itu saya menjual hp china. Dan orang tersebut menginginkan 10 unit hp, dan langsung ok ok saja waktu harganya. Dan hp tersebut mau di kirim ke anaknya yang di Nigeria. Sudah lama saya menghitung total shipmentnya. Terus saya coba-coba cari peraturan untuk hp bisa keluar dari indonesia, tiba-tiba saya lihat ada tread di kaskus yang berisi tentang orang kirim hp juga ke nigeria. terus saya browsing dan akhirnya menemukan web ini yang isi emailnya sama persis dengan yang saya terima. Terima kasih.

      Reply
    5. With
      03/03/2013 at 6:05 pm (4 years ago)

      Saya juga pernah. Menyangkut iklan yang dipasang di tokobagus juga. Tapi tidak pernah sampai dengan memproses pesanan seperti di atas. Soalnya yg saya jual kan garage sale barang pribadi. Sudah dijelasin bahwa saya tidak punya stok lebih dari satu. Eh dianya ngeyel minta 10 biji. Mau dikirim ke nigeria ke tempat sanak saudaranya, katanya. Karena merasa aneh, saya segera meng-cut pembicaraan, saya katakan bahwa saya tidak sanggup menyediakan pesanan dia.
      Lucunya, saya mendapat email dari nama orang yang sama beberapa kali untuk barang yang berbeda di mana postingannya cukup jauh harinya.

      Reply
    6. Larasagis
      11/03/2013 at 12:33 am (4 years ago)

      Sama. Waktu itu jg sy psg iklan dijejaring sos fb. Eh ad org dr belanda mau produk sy. Hranya dia mau dikrm kenigeria bwt sepupunya. Untung sy tny mbah google dl, dan sy baca kok ad yg ksnya sm. Lgs sy blok aj namanya dr fb. Thanks jg infonya. Jd pljaran brharga bwt sy.

      Reply
    7. larasagis
      12/03/2013 at 1:43 am (4 years ago)

      SAMA MBAK AK JG BARU AJ DAPAT PELANGGAN DR LN. NGAKUNYA DARI SCOTLANDIA, TP MINTA DIKRIM BRGNYA KE NIGERIA. MANA PESAN BRGNYA SIH GAK SEBANDING DGN ONGKIRNYA. UNTUNG AK BUKA2 GOOGLE. ADA ARTIKEL PENIPUAN PEMBELI NIGERIA. GAK JADI DEH KENA TIPU. THANKS ARTIKELNYA SGT NGEBANTU SY

      Reply
    8. Max Manroe
      09/05/2013 at 7:16 pm (4 years ago)

      Ya ampun, macam-macam aja model penipuan sekarang. Heran ya, kog banyak penipu dari Nigeria.

      Reply
    9. Kaka_music
      30/07/2013 at 9:14 am (3 years ago)

      Aku juga kena tipu bro lewat tokobagus. Ngakunya orang amerika tapi minta dikirim ke nigeria.

      Untung barang belum dikirim

      Reply
    10. Rida
      06/06/2014 at 9:57 am (3 years ago)

      wahhhh…. baru kali ini nih saya juga terkena saya kangsung cari tau banyak… pas saya baca post ini saya ga jadi deh. tapi saya udah terlanjur memberitau nomer rekening dan nama saya. juga akun saya. aduuuhhh smoga aja ga knap2. bissmillah……..

      Reply
    11. fahmi
      23/08/2014 at 8:55 pm (2 years ago)

      saya juga dapat email dr tokobagus, sekarang olx….orang inggris tapi minta kirim ke nigeria untuk anaknya….tetapi dia katanya sudah trf ke bank dia (AIB = allied irish bank) . lalu si bank tersebut mengirim bahwa dananya siap di cairkan tetapi syaratnya si bank tersebut minta scan bukti pengiriman dari kurir (fedex,dhl, dll).

      apakah ini termasuk penipuan????? mumpung belum saya kirim paketnya ini.
      kalo penipuan, penipuan dari mananya??? toh saya rugi barang 1 doang, bekas pula. dan uang pengiriman gak masuk rekening dia juga.

      tolong sarannya

      Reply
      • rifan
        01/09/2015 at 4:17 pm (1 year ago)

        Jgn prcya dg pembeli asing,,aplgi blm knal n pakai modus email dr bank untuk ferivikasi,,sy juga hmpir ketipu 150 jt dg acount debbie beckham(london),,bank barclays,dan suruh kirim paket ke maryland us.untung jasa kurir tdk menerima pngiriman perhiasan..
        Abs dr dhl sy iseng browsing dn bru tau itu penipu untunglh brsyukur bgt msh rejeki.
        Hati” jgn mudah tergiur uang bnyk.
        Kalo perlu gnti tipu aj dg dimain”in,,buktikan klo org indo pintr” n ga mudah dtipu…:)
        Smoga jd pljrn brsma

        Reply
    12. echy
      05/09/2014 at 11:22 am (2 years ago)

      Terus mbak, rekening mbak gak kenapa2 kan tapi?

      Reply
    13. Emma
      06/11/2014 at 5:23 pm (2 years ago)

      Oyaa kasus aq tuh sama persis kaya mas fahmi lhoo, itu termasuk penipuan gak yah??

      Reply
    14. Emma
      06/11/2014 at 5:35 pm (2 years ago)

      Mas fahmi trus gmna km sempat kirim gak barangnya, soalnya aq baru td pagi ngalaminnya, dia jg bilang aq udh bisa cairin uang yg dia transfer ke rek aq tp pihak bank AIB Allied Irish Bank perlu scan bukti pengiriman, baru deh aq bisa cairin uangnya

      Reply
    15. dita
      12/11/2014 at 5:13 pm (2 years ago)

      Waaah apakah benar ini semua penipuan ? CEritanya sama persis dg mas fahmi. Org inggris mau beli kamera saya bekas sih dan camera digital buluk doang. Dan barang itu sudah saya kirim huhu 🙁
      Udah saya kirim scan bukti kirim ke email Allied Irish Bank itu, dan udah dpt email konfirmasi dr bank itu juga, skrg staatusnya nunggu uangku cair. Waaaah sedih bgt klo ini beneran penipuan 🙁

      Reply
    16. evelyn
      27/11/2014 at 1:32 pm (2 years ago)

      aduh, saya baru kena ni, sudah kasih data account aku lagi, tapi dia maksa untuk ngirim barang yang aku jual di toko bagus, tpi aku ngerasa ada yang ga beres, eh trnyta wkt saya browsing di internet ada kejadian gni, banyak malah, jadi mba terakhrnya gmna ya? udah cair uangnya?
      kalau kita sudah terlanjur kasih account bank kita bagaimana itu mba?
      tetapi account bank itu saya jarang gunakan, dan hampr tdk prnh ada transaksi lagi.
      mohon bantuannya.
      thanks

      Reply
    17. Usaha Rumahan
      12/03/2015 at 6:31 am (2 years ago)

      Itu nipunya cerdik juga, tapi ya tetap aja.. Mantep mbaksharenya, jadi ada bahan pelajaran ke depannya..

      Reply
    18. joy wilson
      29/06/2016 at 9:06 am (5 months ago)

      Halo, aku Joy Wilson, pemberi pinjaman kredit swasta, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? Saya sah terdaftar dan disetujui untuk mengontrol lembaga keuangan. Aku memberikan pinjaman untuk lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, pada tingkat 2%. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman reputasi kami.
      Anda dapat menghubungi kami melalui Email: joywilsonloanfirm@gmail.com

      Reply

    Leave a Reply


    *