The Diary Of A Young Girl : Anne Frank

Saya terinspirasi membeli buku ini sejak nonton film Freedom Writers yang ditayangkan HBO beberapa tahun lalu. Film ini menceritakan tentang perjuangan seorang guru SMA di Amerika yang menaklukan satu kelas yang murid-muridnya nakal-nakal, berasal dari berbagai suku bangsa yang dulunya kacau balau. Tetapi semenjak satu kelas mendapatkan tugas membaca buku novel Anne Frank – The Diary Of A Young Girl, kelas tersebut menjadi kompak dan rukun.

Oh ya, siapa sih Anne Frank itu? Berikut referensinya..

Annelies Marie “Anne” Frank (12 Juni 1929 – Februari/Maret 1945) adalah seorang perempuan kaum Yahudi yang menulis sebuah buku harian ketika ia bersembunyi bersama keluarga dan empat temannya di Amsterdam semasa pendudukan Nazi di Belanda pada Perang Dunia II. Setelah bersembunyi selama dua tahun, grup mereka dikhianati dan mereka dibawa ke kamp konsentrasi yang mengakibatkan seluruhnya tewas kecuali Otto, ayah Anne. Otto kembali ke Amsterdam dan dia menemukan buku harian anaknya. Karena yakin akan uniknya catatan tersebut, Otto berusaha mempublikasikannya.

Buku harian tersebut diberikan kepada Anne pada ulang tahunnya yang ketiga belas dan mencatat rentetan peristiwa-peristiwa kehidupan Anne dari 12 Juni 1942 hingga catatan terakhir pada 1 Agustus 1944. Akhirnya buku harian itu diterjemahkan dari bahasa Belanda ke berbagai bahasa dan menjadi salah satu buku yang paling banyak dibaca di dunia. Beberapa produksi teater dan film juga mengangkat tema diari ini. Buku harian yang digambarkan sebagai karya yang dewasa dan berwawasan ini menyodorkan potret kehidupan sehari-hari yang mendalam di bawah pendudukan Nazi; melalui tulisannya, Anne Frank menjadi salah satu korban Holocaust yang paling banyak dibicarakan.

Sebelum ke persembunyian

Untuk ulang tahunnya yang ketiga belas pada 12 Juni 1942, Anne menerima sebuah buku catatan kecil yang dia tunjuk pada bapaknya dalam sebuah jendela toko beberapa hari sebelumnya. Meskipun buku itu sebuah buku tanda tangan, Anne memutuskan untuk menggunakannya sebagai sebuah buku harian. Dia mulai menulis segera, menggambarkan dirinya, keluarganya, dan teman-temannya, teman cowok yang dia sukai dan tempat-tempat yang dia suka kunjungi di sekitar tempat tinggalnya. Meskipun isi awal ini menggambarkan dia sebagai seorang gadis kecil yang biasa, dia juga menggambarkan perubahan yang terjadi setelah pendudukan Jerman.
sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Anne_Frank

Buku ini berisi kumpulan catatan harian (diary) dari Anne Frank, seorang Yahudi pada jaman Hitler dulu yang disembunyikan oleh Miep Gies. Di dalam diary tersebut, Anne menceritakan kehidupannya yang mengharukan. Setelah meninggal, Miep Gies membukukan lembaran-lembaran diary dari Anne Frank dan mempublikasikan atas ijin dari ayah Anne, yaitu Otto Frank.

Siapakah Miep Gies itu? Berikut fotonya..

Foto di tahun 1998 ini menampilkan foto Miep Gies dan salinan bukunya ‘Anne Frank Remembered’ di apartemennya di Amsterdam, Belanda. Anne Frank menyebut mereka Helpers. Mereka menyediakan makanan, buku-buku dan kegembiraan sementara keluarganya bersembunyi selama dua tahun dari Nazi di loteng kecil apartemen. Pada Minggu, Februari 15, 2009, yang terakhir penolong selamat, Miep Gies, merayakan ulang tahunnya yang 100-nya, mengatakan bahwa dia telah mendapatkan banyak penghargaan untuk membantu keluarga Frank melebihi yang sepantasnya. Menurut Museum Anne Frank, Gies, yang membantu keluarga Anne bersembunyi dari kejaran Nazi, meninggal Senin 11 Januari 2010 pada umur 100 tahun.

Sumber: http://news.yahoo.com/s/ap/eu_netherlands_obit_miep_gies;_ylt=Ak.Yuox3lr8dammAvcpVpKrlWMcF

Oke.. jadi kamu berfikir ini Novel dan tidak nyata? Tunggu dulu… lihat foto-foto di bawah ini. Walaupun ini novel, tetapi isi buku ini berisi kisah nyata, tulisan diary dari Anne.

Ini saya dapat dari Kaskus http://archive.kaskus.us/thread/3002495

Foto-foto Anne Frank

Buku Diary Asli Anne Frank

Anne Frank dan teman-temannya


Beberapa foto yang diceritakan dalam diary ternyata ada lho.. seperti kakak perempuannya Anne dan tempat persembunyian Anne.

Foto bukunya..

The diary of a young girl

1 Comment on The Diary Of A Young Girl : Anne Frank

  1. Nando
    28 March 2011 at 3:07 PM (3 years ago)

    aku jga terharu stelah baca bkux,,

    g nyangka bisa smbuxi di ruang kecil selama 2 tahun,,,