Bumbu Masak Machmudah (BMM), Bumbu Jadi Andalan Mamah Muda

Sekitar beberapa bulan lalu aku pulang kampung ke Surabaya. Saat kembali ke Tangerang, Ibu mertuaku memberikan aku seplastik besar bumbu masakan siap pakai. Aku nggak tau ibu mertuaku ngasi apa, hingga suatu hari aku bongkar-bongkar kulkas dan menemukan Bumbu Masak Machmudah.

Dalam hatiku berkata, “Apaan nich? Bumbu kampung!”

Tapi berhubung bumbu itu sudah ada di tangan, akhirnya mau tidak mau aku menyuruh ARTku untuk masak dengan memakai bumbu itu. Kebetulan juga ibu mertuaku juga ngebawain daging, jadilah rencanya mau masak rawon dengan memakai bumbu rawon machmudah.

Nggak disangka, rasa rawonnya enak! Beda banget sama bumbu pabrikan macam indofood, kokita, bamboo, dll. Yang pasti juga jauh lebih enak daripada ngulek sendiri atau beli bumbu jadi di pasar.

Bumbu jadi ala pabrikan itu rasanya asin, pakai pengawet dan blass! sama sekali nggak mirip dengan rasa opor, kare, soto, apalagi rawon. Sedangkan kalau beli di pasar, wah rasanya beda banget, udah asin, nggak fresh, trus rasanya udah mirip masakan sumatra atau jawa barat. Kalau bumbu machmudahย ini masih ada cita rasa jawa timuran, jadi tinggal disesuaikan saja sama lidah kita.

Sejak saat itu jadi ketagihan kalau masak nggak usah ngulek atau ngeblender sendiri. Cocok banget deh sama merknya, “Machmudah”, bumbu untuk mamah muda jaman sekarang yang inginnya praktis dan nggak punya banyak waktu di dapur tapi pingin tetap menyajikan masakan lezat di rumah.

Bumbu Machmudah – Bumbu Jadi Andalan Mamah Muda

Ternyata bukan cuma aku dan temen-temenku sesama ibu muda di Surabaya dan Sidoarjo aja yang pakai bumbu ini, mama, ibu mertuaku dan ibu-ibunya temenku yang sudah senior dan expert dibidang masak-memasak pun juga memakai bumbu ini. Mungkin karena sudah cocok dengan rasanya, sudah nggak semuda jaman dulu yang kuat ngulek dan meracik bumbu sendiri. Hehehe..

Buat orang perantauan seperti aku (yang gak bisa masak), adanya bumbu khas jawa timuran ini sedikit banyak mengobati kerinduan akan masakan kampung halaman. Bulan ini aja aku habis impor bumbu machmudah dari Sidoarjo hingga 1 kaleng khong guan, lumayan lah untuk stok beberapa bulan.

Bumbu Machmudah

Berikut penampakan Bumbu Machmudah yang legendaris itu,,

Bumbu Machmudah

  • Machmudah Bumbu Bali
  • Machmudah Bumbu Gule
  • Machmudah Bumbu Kare
  • Machmudah Bumbu Soto
  • Machmudah Bumbu Opor
  • Machmudah Bumbu Sayur Lodeh
  • Machmudah Bumbu Krengsengan
  • Machmudah Bumbu Rendang
  • Machmudah Bumbu Rawon
  • Machmudah Bumbu Sambal Goreng
  • Machmudah Bumbu Rujak
  • Machmudah Bumbu Ayam Panggang

Sayangnya bumbu jadi ini tidak mencantumkan tanggal kadalwarsanya, jadi aku tidak tau bumbu ini kuat bertahan berapa lama di suhu ruang, di dalam kulkas atau di freezer. Kalau katanya mamaku sih bisa bertahan hingga 1 bulan di kulkas dan bisa sampai 1 tahun di freezer.

Kalau kamu mau mencoba bumbu machmudah ini, banyak kok yang jual di tokopedia ๐Ÿ™‚ murah, harganya bervariasi antara Rp 1600 – Rp 2500 per bungkus.

Selamat masak ๐Ÿ™‚

You May Also Like..

    2 Comments on Bumbu Masak Machmudah (BMM), Bumbu Jadi Andalan Mamah Muda

    1. Vicky Laurentina
      29/10/2015 at 9:12 pm (1 year ago)

      Bumbu Machmudah ini bumbu andalan tanteku yang tinggal di area Jawa Timur.

      Aku pernah beli sih di pasar. Tapi sekali aja, terus nggak pernah beli lagi. Soalnya produk ini nggak ada tulisan tanggal kadaluwarsanya, jadi aku rada kuatir.

      Sayang ya?

      Reply
    2. sumanto
      12/11/2015 at 9:42 pm (1 year ago)

      belum pernah coba

      di semarang ada info yang jualan bumnu itu

      Reply

    Leave a Reply


    *