Potongan Komisi Zazzle yang Besar

Hari ini aku mau nulis tentang komisi zazzle. Udah lama ya nggak update blog, hari ini pun sengaja dipaksa menulis karena kalau sampai kelupaan lagi bisa selamanya nggak update :p

Jadi gini, sudah sejak setahun lalu aku mengirimkan artwork ke Zazzle untuk dibuat produk-produk, seperti iphone case, kaos, sarung bantal, dll. Selama setahun itu, aku sudah 3x gajian. Besarnya nggak banyak, earningku rata-rata sekitar $50-$70 an. Tetapi yang bikin aku kesal adalah potongan tax yang dibebankan sangat memberatkan.

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di gambar ini deh. Gambar pertama adalah komisi zazzle yang aku peroleh, bisa dilihat di seller dashboard zazzle. Gambar kedua adalah jumlah uang yang sebenarnya yang dikirimkan oleh zazzle.

Komisi Zazzle

Earning Zazzle

Earning Zazzle

Zazzle Payment

Zazzle Payment

Komisi Zazzle Beserta Potongannya

Potongan komisi zazzle sebesar 30%. What!!! Padahal aku sudah pernah mengirimkan form fw8ben yang menyatakan bahwa aku bukan WARGA NEGARA AMERIKA, yang tidak berhak mendapatkan tagihan pajak sebesar itu. Padahal zakat aja cuma 2,5%, persepuluhan di gereja aja cuma 10%. Bener-bener kapitalis nih Amerika.

Aku sudah mencoba minta penjelasan zazzle melalui email support, posting di blog resminya zazzle, dll, tetapi tidak mendapatkan jawaban yang memuaskan. Malah aku disuruh mengirimkan formulir fw8ben lagi melalui email atau fax. Ternyata form fw8ben telah diperbarui atau diupdate, dan mereka baru memberitahukan kepadaku barusan saja setelah kejadian ini. Sial!

Ah menyebalkan memang! Rencana aku akan mengirimkan formulir fw8ben yang sudah diisi dan ditandatangani minggu depan menunggu formnya discan.

Buat teman-teman yang memperoleh earning menjadi seller di zazzle, sudah berapa kali gajian?

You May Also Like..

    1 Comment on Potongan Komisi Zazzle yang Besar

    1. ndop
      08/09/2015 at 6:18 pm (1 year ago)

      Belum pernah gajian. Soalnya dulu cuma ngirim design saitik. Hehehe…

      Tapi nek potongane 30 persen yo kebangeten yaaa

      Reply

    Leave a Reply


    *