Chinese, Islam dan Kristen di Indonesia

Courtesy by Flicker @jasnimuda

Courtesy Flickr @janismuda

Artikel ini tidak bertujuan untuk memecah belah bangsa, ini bukan pula SARA. Ini hanya artikel yang saya buat dari pengalaman beberapa hari yang lalu. Selamat menyimak.

Salah satu akun FB yang saya punyai isinya kebanyakan dari golongan chinese, kristen, katolik, buddha dan Alay.

Nah,, lalu muncul pertanyaan di benak saya “koq begitu banyak chinese kristen di indonesia?”

Memangnya tidak ada apa chinese yang islam?

Saya pun mencari informasinya dari internet, lalu bertemu dengan artikel yang ditulis oleh di blog Putra Hermanto ini mengenai Sejarah Chinese Muslim di Indonesia.

Untuk lebih jelasnya saya kutip di bawah ini:

Sejarah Chinese Muslim di Indonesia – Bag I

berawal dari pertanyaan seorang member di versi milist “koq begitu banyak chinese kristen di indonesia?” (padahal mostly orang tionghoa menganut buddha/kong huchu, dan menurut sejarah dan sensus, islam agama terbesar kedua di china)

Kalau boleh saya ceritakan sedikit, sejarah kedatangan orang2 china ke indonesia. referensi saya buku tulisan “H.J. de Graff” yang berjudul “Catatan Melayu”, di sadur menjadi judul “Cina-Muslim”.

Selama ini di sekolah dasar kita diajari guru sejarah kita, bahwa islam masuk ke indonesia melalui pedagang2 arab-gujarat. tapi ternyata tidak seperti itu, walaupun ada pengaruh penyebarannya gak sesignificant yg dilakukan orang2 china pada masa lalu. dimana ulama2 tionghoa sengaja datang ke nusantara untuk memperkenalkan risalah ini. mungkin di daerah pesisir lebih banyak dilakukan pedagang2 arab-gujarat.

Dalam catatan sejarah, tercatat sejak zaman sam po bo pada 1368 sampai kedatangan arus orang2 tionghoa-hokkian (non-muslim) 1585. mula2 disebarkan adalah mahzab hanafi, karena saat itu dinasti Ming banyak mempekerjakan pejabat2 tionghoa yang bermahzab hanafi. sejak 1368, muslim tionghoa banyak mewarnai percaturan politik di nusantara, kita bisa mengenal2 nama seperti sunan ampel (bong swi hoo), Haji Ma Feng Tsih, Haji Ma Hong Fu, Haji Gan En Wang (tekenal sebagai mubaligh sohor di Tuban pada zamannya).

1546, adalah masa penyebaran islam oleh cina-muslim yang beraliran syi’ah, dimana kesultanan Pajang mulai berdiri menggantikan kesultanan Islam Demak yang telah runtuh.hal ini juga menyebabkan sisa2 penganut mahzab hanafi mengungsikan diri ke daerah kaki gunung ciremai (Cirebon). ~makanya di jawa barat banyak kota2 diawali dengan nama ci. Itu kata2 bawaan dari china…

Tahun 1985, imigran cina non-muslim (hokkian) mulai berdatangan. orang hokkian yang tercatat pertama kali ada Haji Tan Eng Hoat (Cirebon), sebelumnya kebanyakan orang cina yang datang berasal dari Yunnan dan Swatow.

Lalu kalau dilihat dari sejarah ini, kenapa banyak chinese yang kristen di indonesia??

Dari buku yang dulu pernah saya baca waktu kuliah yg kalo gak salah judulnya “Etnis Tionghoa dan pembauran”. berawal sejak masuknya imperialisme belanda di indonesia. orang cina muslim banyak yg membaur dg masyarakat pribumi karena kedekatan akidah dan merasa nusantara sudah bagian dari diri mereka. penjajah belanda saat itu melakukan politik memecah belah, diantaranya membagi kelas dalam masyarakat, kelas 1 orang2 bule (belanda), kelas 2 orang2 tionghoa, dan masyarakat pribumi menjadi kelas no.3. selain itu di masa ini terjadi pemulangan besar2an orang china-muslim ke china, pada masa itu orang china-muslim disebut “Huakiao” (cmiiw, karena saya hanya mengandalkan ingatan saya tentang buku ini, saya lupa dimana buku ini). “huakiao” kalo ngelihat dialect mirip “huijiao” yg artinya “islam”, mungkin maksudnya sama, wallahu’alam. Namun demikian, tetap saja masyarakat tionghoa non-muslim ini masih banyak yang menganut buddha, dan kong hu chu.

Titik tolak perpindahan orang tionghoa di indonesia non-muslim mulai terjadi setelah revolusi tahun 1965, dimana rezim baru saat itu, mulai memutuskan diplomasi dg china, dan secara tidak langsung menuduh warga tionghoa ikut terlibat dalam komunisme. hal ini memberikan option bagi warga tionghoa untuk menyembunyikan identitas etnis mereka dengan berbaur memeluk agama2 non-tionghoa yang ada di indonesia saat itu. pilihan yang mungkin adalah katolik dan protestan, kebanyakan memilih katolik karena menurut mereka relatif lebih gampang beribadahnya. sedikit yg memilih untuk masuk islam, karena image yg dibentuk penjajah mengenai pembagian kelas dalam masyarakat. islam dipandang agama orang2 terbelakang, dan masyarakat rendahan (kelas 3). image ini masih banyak melekat pada masyarakat tionghoa non-muslim sampai saat ini. ini juga dikonfirm pak syafei antonio, waktu saya dengar ceramahnya dulu, reaksi yg dia dapat saat dia memutuskan utk menjadi muslim.

Mungkin ini sejarahnya kenapa banyak chinese christian di indonesia, kebanyakan diluar indonesia masyarakat tionghoa lebih banyak yang memeluk agama leluhur mereka (kong huchu/buddha). ini menurut buku yg saya baca lho?! wallahu’alam.

Itulah mengapa ada chinese yang namanya Suparno, Tejokusumo, dsb. Coba seandainya pada era order baru tidak dibuat aturan seperti itu, mungkin tidak ada chinese yang namanya seperti orang jawa 😉 IMHO

Padahal.. Orang-orang China telah mengenal Islam di saat masyarakat Jawa hidup dalam dunia berhala dan klenik. Seperti yang ditulis pada situs Suara Merdeka – Dampak Pengakuan Keislaman Cheng Ho. Cheng Ho saja muslim kok…

Siapa sangka sebenarnya agama islam yang kamu anut itu sebenarnya berasal dari nenek moyangmu yang ternyata chinese, diturunkan turun temurun hingga padamu. Hanya karena warna kulit gelap sehingga kita menyebutnya pribumi, sedangkan orang chinese disebut pendatang. Wah.. itu rasis sekali saudara saudara 🙂

CMIIW.. jika ada pendapat lain dan sumber lain, silahkan berkomentar. Tujuannya hanya untuk sharing saja, tidak ada unsur menjelek-jelekan antar umar beragama, ras atau golongan. Ok…

Nah, jadi untuk pertanyaan saya yang terakhir bisakah kamu menjawabnya.. 😉

Apa nggak boleh ya chinese agamanya islam?

Selamat pagi, have a nice day ^_^

You May Also Like..

10 Comments on Chinese, Islam dan Kristen di Indonesia

  1. nuky freudian
    23/09/2010 at 1:48 pm (6 years ago)

    jd trbuka pkran gw pas bca artikel ni. Trnyata bnyk jg ya chinesse yg brubah nma untk mmeluk islam..n yg ga nyngka lg walisongo tu dr china.. tp knp hrs brbh nm yaa? Apalah arti sbuah nm?
    Thanks for ur info..

    Reply
  2. neoriz
    23/09/2010 at 2:15 pm (6 years ago)

    banyak sekali orang chinese yg beragama islam,
    coba liat di kudus,.. pembawa agama islam adalah pedagang china namanya kyai tailingsing,. makamnya di desa sunggingan, beliau guru sekalian mertua dari sunan kudus

    Reply
  3. jejak annas
    23/09/2010 at 8:23 pm (6 years ago)

    mantabs mbak’e. cara cerdas memanafatkan jejearing sosial. salam kenal mbak….

    Reply
  4. Cloud
    24/09/2010 at 2:33 pm (6 years ago)

    wah,, ternyata seperti itu ya.. hmmmm.. informatif abiss blognya..

    btw freelancer apa mbak?

    Reply
  5. andipeace
    24/09/2010 at 4:07 pm (6 years ago)

    baru tau kali ini dan disini, diartikel ini..terimakaih sharenya.

    salam

    Reply
  6. fahmi
    24/09/2010 at 8:10 pm (6 years ago)

    iya, di kampung saya banyak kok chinese yg muslim…

    Reply
  7. adi
    16/11/2010 at 11:30 pm (6 years ago)

    ia didekat rumah nenek saya juga ada tuh cina yang muslim. Semangat banget deh…oh ya kapan2 main ke blog kami ya….

    Reply
  8. adi
    16/11/2010 at 11:32 pm (6 years ago)

    mbak kapan2 main ke blog kami ya …

    Reply
  9. Fenty
    18/12/2012 at 12:14 pm (4 years ago)

    Suamiku cina turunan tapi muslim 😉 jadi itu emang bukan masalah 😀

    Reply
  10. Faros Rohman Glory Ramadan
    10/01/2016 at 12:16 am (11 months ago)

    Bagus nih Artikel ama Blognya salut, Memang Bener Kata Soekarno #JASMERAHJANGANLUPAKANSEJARAH selama kita mau membaca sejarah pasti kita tau latar belakang yg sebenernya. Jadi intinya Orang Cina banyak yg Nasrani karena pengaruh Belanda

    Reply

Leave a Reply


*